Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Datangnya Komedo 1

Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Datangnya Komedo

Cara mencegah datangnya komedodengan mudah. Komedo adalah suatu kondisi di mana terjadinya penyumbatan di area pori-pori kulit wajah dan mengakibatkan munculnya benjolan berukuran kecil baik berwarna putih maupun hitam. Komedo yang berwarna hitam biasa disebut dengan nama blackhead, sedangkan komedo yang berwarna putih biasa disebut dengan nama whitehead.

Umumnya komedo menyerang sekitar wajah, di area hidung, mata ataupun di area wajah lainnya.Komedo sendiri bisa menjadi jerawat, di kenal dengan nama pustule atau papul. Secara umum, komedo muncul lalu berkembang di saat-saat masa pubertas berlangsung atau setelah memasuki masa pubertas, atau saat hormon memproduksi sebum berlebih.

 

Sebum yang bermanfaat melembabkan kulit ini mengalir dari bagian pori-pori kulit terbuka. Tak jarang keluarnya sebum ini pun tersumbat lalu menumpuklah bakteri di dalamnya. Anda

yang ingin mengetahui cara mencegah datangnya komedo, gejala daan penyebab munculnya kommedo sendiri, maka Anda bisa membaca ulasan di bawah ini!

Gejala Datangnya Komedo
Kemunculan komedo di wajah memang mudah sekali terlihat, biasanya adanya benjolan berukuran lebih kecil dibandingkan ukuran jerawat, khususnya terdapat di area kulit wajah.

Komedo sendiri tak akan menimbulkan inflamasi atau peradangan, dengan begitu kemunculan komedo ini tak akan terasa menyakitkan berbeda halnya dengan kemunculan jerawat. Komedo sendiri dapat mengalami peradangan apabila diperlakukan dengan cara yang salah, seperti di garuk atau dicungkil.

Penyebab Datangnya Komedo
Saat memasuki usia-usia remaja biasanya produksi hormon pun semakin meningkat, terutama hormon testosteron yang terjadi di usia remaja pria. Terjadinya peningkatan hormon testosteron inilah dapat merangsang aktivitas kelenjar minyak untuk menghasilkan minyak berlebih. Hal ini kemudian mengakibatkan penyumbatan di bagian akar rambut serta pori-pori di bagian kulit wajah. Saat terinfeksi, maka bakteri menyebabkan pembentukan komedo maupun jerawat lainnya.

Ada bbeberapafaktor penyebab timbulnya komedo secara medis, seperti iritasi pada folikel rambut sehingga mengakibatkan sel-sel kulit mati menjadi tidak rontok dengan teratur, meningkatnya bakteri di permukaan kulit yang bernama proponibacteriumacnes, mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu, dan perubahan hormon mengakibatkan produksi minyak berlebihan.

Cara Mencegah Datangnya Komedo Dengan Mudah
Untuk mencegah datangnya komedo, Anda bisa melakukan pencegahan seperti di bawah ini :
1.     Membersihkan Rambut Tiap hari
Untuk Anda yang memiliki tipe rambut berminyak, sebaiknya bersihkan dan cuci rambut setiap hari. Minyak rambut ini bisa mengakibatkan sumbatan pori-pori wajah sebagai pemicu timbulnya komedo.
2.     Membersihkan Wajah Dengan Teratur
Cucilah wajah sebelum tidur dan juga setelah tidur untuk bisa membuang akumulasi minyak berlebih sebagai penyebab komedo. Tak hanya itu saja, jika Anda sudah mengonsumsi makanan yang berminyak sebaiknya usahakan mencuci wajah Anda. Makanan berminyak akan menyumbat bagian pori-pori di kulit wajah Anda.
3.     Pakai Produk KosmetikTanpa Mengandung Minyak
Anda sebaiknya memilih kosmetik, tabir surya dan lotion tanpa mengandung minyak. Karena beberapa produk kosmetik dengan kandungan minyak di dalamnya dapat memperparah timbulnya komedo.
4.     Memakai Produk Untuk Pengupas Kulit Mati
Anda bisa memanfaatkan produk untuk pengupas kulit seperti masker wajah dan scrubyang berperan mengangkat sel-sel pada kulit yang telah mati di wajah Anda. Untuk cara mencegah datangnya komedopaling tepat sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter kulit tentang produk kosmetik yang aman untuk Anda.

Taged as:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.