≡ Menu

Ingin Tahu Bagaimana Cara Terbaik Merawat Rambut Keriting? Ini Dia…

Rambut yang keriting merupakan salah satu jenis rambut yang cukup unik. Namun banyak yang menganggap bahwa memiliki rambut keriting ataupun rambut yang berbentuk ikal hanya akan mengganggu penampilan. Padahal rambut yang keriting justru dapat membuat pemiliknya tampil lebih cantik dan seksi.

Pada dasarnya, rambut berjenis apa saja tidak akan menggangu penampilan, semua tergantung bagaimana sang pemilik memperlakukan model rambut yang sesuai dengan karakternya. Akan tetapi memang harus diakui jika merawat rambut keriting memang lebih sulit jika dibandingkan dengan rambut yang lurus.

Rambut keriting memiliki sifat yang mudah rusak dan rapuh, oleh karena itu diperlukan perawatan yang khusus. Melakukan perawatan yang salah justru hanya akan membuat rambut keriting menjadi berantakan serta terlihat acak-acakan.

Gaya Rambut Keriting

Lima Cara Merawat Rambut Keriting

Bagi anda yang memiliki rambut keriting, anda tetap bisa terlihat cantik dengan menerapkan cara merawat rambut keriting berikut:

Menggunakan Kondisioner Yang Tepat

Masalah utama pada rambut keriting adalah kondisinya yang lebih kering dibanding rambut yang lurus, oleh karena itu anda wajib untuk selalu menjaga kelembapannya. Jadi, gunakanlah kondisioner yang memang sesuai dengan kondisi rambut keriting dan terapkan secara teratur agar kesehatan rambut anda yang keriting bisa terjaga.

Menghindari Keramas Berlebihan

Keramas secara berlebihan justru membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya, hal ini akan semakin parah jika terjadi pada rambut keriting yang memang sudah memiliki kondisi cepat kering.

Meski demikian, hal ini bukan berarti anda tidak boleh melakukan keramas, tapi lakukanlah secara teratur dengan mengatur jadwal keramas tidak lebih dari 2 kali seminggu. Gunakanlah shampo yang memiliki kandungan ringan untuk rambut keriting.

Selektif Menggunakan Produk Untuk Rambut

peralatan rambut

Memilih produk perawatan rambut tidak bisa dilakukan sembarangan pada rambut keriting. Produk-produk seperti krim atau gel rambut yang beredar di pasaran tidak semuanya cocok pada jenis rambut yang ikal.

Sebaiknya lakukan konsultasi dengan para ahli rambut sebelum menentukan pilihan pada krim atau gel rambut yang akan digunakan. Produk yang memiliki kandungan SLS (laurel natrium sulfat) tidak dianjurkan karena bisa merusak rambut keriting secara permanen.

Cermat Dalam Mengeringkan Rambut

Cara merawat rambut keriting selanjutnya adalah dengan memperhatikan teknik mengeringkan rambut.

Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer tidak dianjurkan bagi yang memiliki rambut keriting karena hanya akan membuat rambut menjadi lebih mudah bercabang.

Menggosok rambut menggunakan handuk juga sebaiknya dihindari, lebih baik membungkus rambut dengan handuk agar uap air dapat terserap dengan baik.

Memotong Rambut Secara Teratur

Rambut keriting lebih cepat kering karena memiliki kemampuan dalam menyerap air yang sangat rendah. Jadi sebaiknya lakukanlah pemotongan rambut yang rutin agar rambut yang bercabang bisa dikurangi. Melakukan pemotongan rambut setiap dua bulan sekali sudah cukup membantu dalam menjaga kesehatan rambut keriting.

**

Memiliki rambut yang keriting bukanlah masalah yang besar bagi anda yang selalu ingin menjaga penampilan. Cukup dengan menjaga kesehatan rambut dan menerapkan beberapa cara merawat rambut keriting di atas, justru bisa menjadikan rambut keriting yang anda miliki sebagai sebuah nilai tambah.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment