Laksani.com

Jangan Panik, Begini 10 Cara Mengatasi Anak Terlanjur Candu Gadget

Jangan Panik, Begini 10 Cara Mengatasi Anak Terlanjur Candu Gadget
Seperti diketahui bahwa saat ini gadget menjadi salah satu benda yang tak dapat dipisahkan keberadaannya dari kegiatan sehari-hari. Bagaimana tidak, kemana saja dan mau apa saja bisa dilakukan hanya dengan menggunakan benda satu ini.
Dengan adanya hal tersebut, tak heran bahwa anak-anak di jaman sekarang pun sudah mulai mengenal bahkan bisa mengakses yang namanya gadget. Tak hanya sekedar digunakan saja, bahkan ada pula anak yang mulai kecanduan gadget baik untuk bermain atau menggunakannya untuk keperluan berbagai hal.
Meskipun memberikan dampak yang nantinya menjurus ke hal negatif, namun pada dasarnya gadget ini boleh diperkenalkan pada anak-anak dengan catatan tidak boleh berlebihan dalam memperkenalkannya. Karena nantinya hal ini akan berpengaruh pada perkembangan pola pikir sang anak untuk kedepannya.
Apabila Anda mempunyai anak yang sudah masuk dalam tahapan ‘kecanduan”, maka jangan hanya tinggal diam. Anda bisa mencari dan melakukan cara mengatasi anak terlanjur candu gadget agar kebiasan tersebut dapat hilang.
Dan berikut beberapa cara mengatasi anak terlanjur candu gadget yang bisa Anda terapkan pada buah hati Anda :
1. Batasi Kebiasan Anak Dalam Memegang Gadget
Untuk anak-anak yang sudah terlanjur kecanduan gadget, maka mereka seolah seperti tidak bisa menjalankan kehidupannya tanpa adanya benda satu ini. Dan cara mengatasi anak terlanjur candu gadget yang bisa dilakukan yakni dengan membatasi penggunaannya terlebih dulu.
Reaksi yang yang ditimbulkan pada sang anak ketika pertama kali Anda memperlakukan hal ini mungkin akan menunjukan reaksi menangis. Bukan berarti Anda harus merampas gadgetnya selama-lamanya, akan tetapi hanya memberikan batasan kepada mereka.
Misalnya, Anda bisa memberlakukan mereka untuk menggunakan gadget saat di akhir pekan atau sewaktu libur. Sedangkan pada senin sampai sabtu sang anak hanya boleh menggunakannya setelah selesai belajar.
Menerapkan cara ini awalnya mungkin akan terasa berat terlebih bagi Anda yang tidak akan tega melihat anak menangis karena menginginkan gadgetnya. Akan tetapi secara perlahan sang anak akan merasa terbiasa sehingga rasa kecanduan terhadap gadget menjadi berkurang.
2. Berikan Mainan Alternatif
Cara mengatasi anak terlanjur candu gadget yang selanjutnya Anda bisa memberikan mainan alternatif seperti mobil-mobilan atau boneka sebagai gantinya. Pada dasarnya, cara ini memang dinilai kurang efektif karena permainan tersebut mungkin sudah terbiasa dimainkan.
Akan tetapi setidaknya anak Anda masih mempunyai beberapa alternatif pilihan lain yang bisa dimainkan. Selain itu, apabila ANda mempunyai banyak teman di luar rumah Anda juga bisa membiarkan sang anak bermain dengan mereka asal tidak berbahaya.
3. Luangkan Waktu Untuk Anak
Jika Anda menginginkan sang anak tidak lagi kecanduan gadget mak hal yang sebaiknya dilakukan yakni dengan meluangkan waktu bermain anak Anda. Perlu diketahui bersama bahwa salah satu alasan mengapa mereka memilih bermain gadget karena merasa kesepian atau merasa kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Untuk itu, janganlah sibuk bekerja saja namun tetap luangkan waktu untuk si kecil.
4. Biarkan Anak Bermain di Luar
Sebagian besar orang tua pasti tidak menginginkan anaknya bermain diluar rumah dengan banyak tujuan untuk melindunginya dari berbagai hal buruk. Misalnya saja, dapat menghindarkan dari ajakan teman-temannya yang kurang baik, bermain yang berbahaya atau berkata yang kurang baik.
Meskipun rasa was-was pada diri orang tua tetap ada, namun sebaiknya Anda tetap memberikan kesempatan untuk bermain diluar rumah walau hanya sedikit. Hal ini berguna untuk menghilangkan rasa penasaran sang anak terhadap pada dunia luar dan pastinya agar tidak melulu bermain gadget.
5. Batasi Penggunaan Jaringan Internet
Bukan hal yang baru apabila orang tua memasang koneksi internet di rumah, terlebih bagi Anda yang merupakan pelaku bisnis yang mengandalkan jaringan internet. Tetapi perlu diingat bahwa hal ini juga yang membuat anak menjadi kecanduan gadget.
Dengan sambungan internet yang mudah justru akan mendukung aksi mereka dalam berlancar di dunia maya. Bahkan tak sedikit anak yang akan mengurung diri di kamar agar bisa bermain internet sepuasnya. Untuk itu, cara mengatasi anak terlanjur candu gadget maka Anda patut membatasi penggunaan internet sang anak diluar kebutuhan Anda.
6. Sibukan Waktu Kegiatan Anak
Semakin banyak waktu yang dipunyai anak, maka akan semakin banyak pula kesempatan mereka merasa bosan. Dan apabila sudah merasa bosan tak menutup kemungkinan bahwa anak akan memilih untuk bermain gadget.
Dari hal inilah maka sang anak akan merasa kecanduan dan sulit untuk melepaskan gadgetnya, sehingga cara mengatasi anak terlanjur candu gadget yang bisa Anda lakukan dengan memberikan kesibukan yang bermanfaat seperti les musik atau les bernyanyi.
7. Diskusikan Dengan Anak
Cara mengatasi anak terlanjur candu gadget yang paling efektif yakni dengan mengajaknya untuk berdiskusi. Anda bisa menjelaskan kepada anak Anda mengapa perlu membatasi penggunaan gadget. Anda juga bisa mengatakan bahwa hal tersebut untuk kebaikan dirinya semata.
Selain itu, berikan pula pemahaman yang logis pada mereka yang sudah kecanduan gadget dengan memberi tahu dampak yang akan didapatkan seperti akan mengalami insomnia, dan insomnia ini nantinya akan menyulitkan kehidupannya dalam jangka panjang.
Tak hanya itu saja, bahkan kecanduan gadget juga akan berdampak pada seseorang yang akan menjadi introvert atau pribadi yang tertutup. Dengan cara ini, diharapkan mampu untuk menangkap tujuan orang tua agar bisa mengatasi permasalahan gadget tersebut.
8. Ajak Anak Bermain Dengan Alam
Saat Anda mempunyai waktu luang, cara mengatasi anak terlanjur candu gadget tidak ada salahnya untuk mengajak buah hati Anda untuk jalan-jalan. Dengan bisa menikmati pemandangan alam bersama maka mereka dapat sejenak lupa dengan gadgetnya karena sudah terlanjur asyik menikmati pemandangan yang begitu indah.
9. Berikan Reward Pada Anak
Anda bisa memberikan motivasi pada sang anak saat mereka berhasil untuk mengurangi intensitas bermain gadgetnya. Tak perlu memberikannya hadiah dalam jumlah mahal, karena Anda bisa memberikan hadiah tersebut secara bertahap. Dengan begitu sang anak akan memiliki keinginan yang kuat agar tidak terlalu sering bermain gadget.
10. Ajaklah Anak Anda Untuk Bersosialisasi Dengan Teman Sebaya
Bisa saja, saat anak memilih menggunakan gadgetnya karena tidak adanya aktivitas bermain di luar rumah yang menyenangkan dengan teman-temannya. Oleh karena itu, cara mengatasi anak terlanjur candu gadget yang bisa dilakukan dengan mengajak sang anak untuk berkunjung ke rumah.
Atau, Anda juga bisa mengajak sang anak untuk berkunjung kerumah teman yang berada di sekolah. Dengan adanya banyak teman, pastinya dia akan mempunyai kesibukan baru sehingga bisa lupa dengan gadgetnya.
Untuk anak yang sudah mengalami kecanduan lebih pada gadget sejak usianya masih dini, tentu saja hal tersebut menjadi hal yang memprihatinkan. Ya, pada usia dini tidak seharusnya masa kecilnya dihabiskan dengan berdiam diri di kamar tanpa bisa mengeksplor lingkungan sekitar. Dan dengan cara mengatasi anak terlanjur candu gadget di atas diharapkan bisa mengatasi permasalahan pada buah hatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.