≡ Menu

Kenapa Kamu Masih Jomblo? Kasih Tau Mereka Jawaban Ini

Hayo… siapa di antara kalian yang berstatus sebagai jomblo?

Tidak perlu malu, apalagi sampai minder hanya dikarenakan kamu belum memiliki pasangan saat ini. Seperti kata orang bijak, cinta jikalau sudah sampai pada masanya, pasti akan datang menghampirimu.

Tidak perlu memaksakan, apalagi sampai menangisi hatimu yang masih kosong itu.

Pada dasarnya, status hubungan seseorang, baik itu jomblo, pacaran, ataupun sudah menikah sekalipun bukanlah sebuah hal yang layak untuk diperdebatkan.

Bagaimanapun juga, hubungan asmara tidak akan menunjukkan bahwa seseorang lebih unggul dari yang lainnya. Bagian yang paling penting adalah bagaimana kamu bisa menjalani kehidupan dengan bahagia.

Kamu harus bisa tetap menjadi dirimu sendiri, tanpa terbebani oleh opini orang lain.

Namun kamu penasaran gak sih, mengapa sampai saat ini kamu masih jomblo?

6 Alasan Kenapa Kamu Masih Jomblo

Tentu pertanyaan seperti ini sering muncul di pikiranmu, dan bisa jadi kamu masih belum tahu penyebabnya. Untuk itu, lewat artikel ini kita akan mencari tahu apa yang menjadi penyebab sehingga kamu belum memiliki pasangan, atau paling tidak kamu bisa memantapkan langkah untuk memulai cinta yang baru. Yuk kita mulai!

1. Terlalu Sibuk dengan Rutinitas

Ini salah satu alasan mengapa banyak orang menjomblo, karena ia terlalu sibuk. Coba deh tengok keseharianmu, apakah kamu memiliki banyak aktifitas yang harus dijalankan setiap harinya?

Kenapa Kamu Masih Jomblo

Kamu terlalu sibuk dengan kegiatan dan pekerjaan

Entah itu dari urusan akademis hingga hal-hal yang bersifat non-akademis. Atau bisa jadi kamu juga sudah terlalu disibukkan oleh pekerjaan yang disertai dengan setumpuk tanggung jawab lainnya.

Akhirnya, kamu tidak memiliki cukup waktu untuk urusan mencari pasangan. Sekalipun ada waktu luang, kamu justru lebih memilih untuk mengisinya lewat hal-hal yang lebih konkret.

Meski demikian, kamu tidak usah mempermasalahkan hal seperti ini. Lagipula, tidak ada yang salah dengan menjomblo dikarenakan kamu memang tidak memiliki cukup waktu.

Setiap orang itu memiliki prioritas hidupnya masing-masing. Mungkin apa yang kamu lakukan saat ini untuk mempersiapkan kehidupan yang lebih mapan, sehingga tidak ada masalah untuk bekerja keras saat ini demi kesuksesan di masa yang akan datang.

2. Terlalu Pemilih

Terlalu pemilih dan terkesan menutup diri bisa juga menjadi alasan kenapa kamu masih jomblo. Namun alasan seperti ini sepertinya lebih masuk ke karakter pribadi seseorang.

Mungkin kamu termasuk sosok yang banyak didekati oleh lawan jenis, dan kamu bisa saja menunjuk siapa saja yang kamu sukai. Hanya saja, kamu terlalu pemilih. Bisa juga kamu memiliki kriteria calon pasangan yang terlalu tinggi.

Sampai kecoa jadi sewangi parfum pun, jika terlalu pemlih tidak pernah akan ada

Sampai kecoa jadi sewangi parfum pun, jika terlalu pemlih tidak pernah akan ada

Saat ada seseorang yang berusaha mendekatimu, namun dikarenakan ia tidak mampu memenuhi semua kriteria tersebut, maka kamu akan mengeliminasinya.

Intinya, kamu hanya menginginkan orang yang sesuai dengan standarmu. Betul bukan?

Selain itu, sikap kamu yang terkesan menutup diri juga bisa membuat banyak lawan jenismu merasa sungkan untuk melakukan pendekatan.

Bayangkan saja, sinyal-sinyal cinta yang coba ia tunjukkan ternyata tidak bisa terbaca dikarenakan sikapmu yang tertutup itu. Merasa tak memiliki jalan, maka bisa jadi orang yang sebenarnya cocok untukmu lebih memilih untuk mundur secara perlahan.

3. Trauma dengan Cinta

Ada banyak sekali orang yang memiliki trauma akan hubungan asmaranya di masa lalu, dan inilah yang disebut dengan istilah “gagal move on”. Jiwa yang terjebak di masa lalu tentu akan sulit untuk bisa melangkah ke depan, apalagi jika jiwanya sudah terikat dengan hal-hal yang sebenarnya sudah lama berlalu.

Trauma hubungan asmara memang sangat menyakitkan

Trauma hubungan asmara memang sangat menyakitkan

Apakah kamu termasuk sosok yang seperti ini? Jika ya, maka kamu sudah menemukan alasan utama kenapa kamu masih jomblo hingga saat ini.

Sebaiknya, cobalah untuk berhenti dan merenung sejenak. Tenangkan pikiranmu dan kumpulkan semangat baru untuk maju ke depan. Mantapkan dirimu bahwa inilah saatnya untuk menemukan cinta yang baru. Namun “move on” itu bukanlah hal yang gampang! Memang demikian.

Namun paling tidak kamu sudah mau berusaha. Paling tidak kamu sudah memiliki niat untuk menjadi seseorang yang lebih baik. Memang hal ini membutuhkan usaha serta waktu yang yang lebih, namun saat kamu sudah memiliki tekad dan komitmen yang kuat, maka perkara “move on” itu adalah hal mudah. Yakinkan dirimu!

4. Terpengaruh Omongan Orang Lain

Mungkin orang tua kamu berharap agar kamu memiliki pasangan yang sopan, serta mapan. Namun di sisi lain, sahabat-sahabatmu selalu merayumu agar bisa berhubungan dengan sosok yang populer dan memiliki pekerjaan bergengsi.

Ada pula saudaramu ingin kamu memiliki pasangan yang berhidung mancung dan berkulit putih.

Ya, mendengarkan omongan orang lain memang membuat kita bingung sendiri. Pada akhirnya, kamu tidak bisa menentukan sendiri bagaimana caranya mencari jodoh.

Kamu terlalu menuruti kemauan teman-teman atau orang tua kamu

Kamu terlalu menuruti kemauan teman-teman atau orang tua kamu

Ingin memilih si X, namun kamu takut orang tua tidak setuju. Jika memilih si Y, maka sahabat-sahabatmu akan terus mengomel.

Namun kebenarannya adalah, kita tidak bisa selalu mendengarkan komentar orang lain. Kita tidak bisa membahagiakan semua orang.

Jikalaupun bisa, tentu akan ada pihak yang nantinya menjadi korban. Intinya adalah, kamu harus memilih seseorang dengan tujuan untuk kebahagiaan hidupmu sendiri.

Namun kamu juga harus berusaha agar tidak merugikan orang lain. Jika kamu masih selalu berpegang pada omongan orang lain, maka inilah jawaban dibalik pertanyaan kenapa kamu masih jomblo.

5. Memang Belum Menemukan yang Cocok

Terkadang, kita tidak bisa mengerti mengapa orang-orang di sekitar selalu mengurusi kehidupan kita, terutama soal status jomblo itu. Seakan-akan, orang yang jomblo itu karena tidak laku dan memiliki kualitas yang rendah. Padahal, bisa jadi kita menjadi jomblo seperti saat ini dikarenakan memang belum menemukan sosok yang cocok.

Kamu ingin hubungan yang tidak main-main lagi

Kamu ingin hubungan yang tidak main-main lagi


Namun entah kenapa, setiap kali kita menjadi jomblo, ada saja orang yang mencibir kita. Nah, dibanding kamu harus memaksakan mencari pacar hanya untuk menghentikan gosip murahan seperti itu, sebaiknya kamu memilih untuk menjadi jomblo saja.

Lebih baik menjadi jomblo yang bahagia dibanding memaksakan hubungan dengan menjalih hubungan bersama orang yang salah. Betul bukan?

Saat ada orang yang bertanya kenapa kamu masih jomblo, kamu tinggal jawab saja bahwa kamu memang belum menemukan sosok yang tepat. Jelaskan seperti apa sosok yang kamu cari itu.

Misalnya saja orang yang bisa mencintaimu dengan sepenuh hati dan juga bisa kamu cintai sepenuh hati. Jadi, kamu memang mencari hubungan timbal-balik, sebuah hubungan yang tidak membuat salah satu pihak merasa terbebani. Lagipula, tujuan untuk membangun sebuah hubungan agar semuanya bisa merasa bahagia bukan?

6. Memang Ingin Jadi Jomblo

Terakhir, ada sebuah alasan unik namun rasional dari orang yang berstatus jomblo, yaitu karena dia memang ingin menjadi jomblo.

Single emang karena belum ingin enjalin hubungan

Single emang karena belum ingin enjalin hubungan

Ada banyak alasan dibaliknya, misalnya ia adalah seorang anak sulung di mana masih memiliki banyak saudara yang masih sekolah.

Nah, dikarenakan penghasilan orang tuanya yang pas-pasan, maka ia akhirnya memilih untuk fokus merawat adaik-adiknya tersebut dibanding dengan mengurusi masalah jodoh.

Ia yakin bahwa jika saatnya sudah tiba, maka ia akan menemukan sosok yang bisa menyempurnakan hidupnya. Hm, apakah kamu termasuk yang demikian?

***

Pada dasarnya, jomblo ataupun sudah memiliki pasangan bukanlah sebuah status yang harus diperdebatkan.

Semuanya kembali pada orang yang menjalani kehidupan tersebut, di mana ia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam hidupnya.

Jadi mulai dari sekarang, jangan lagi melemparkan pertanyaan kenapa kamu masih jomblo pada teman-temanmu yah?

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment