≡ Menu

5 Resiko (Penyakit Serius) yang Wajib Anda Ketahui Dibalik Kulit Gatal

Biasanya, beberapa orang menganggap gatal merupakan salah satu masalah kecil yang bisa disembuhkan, bahkan tanpa diobati sekalipun. Gatal pada kulit bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti digigit serangga, alergi terhadap makanan, suhu dingin.

Selain itu, bisa juga dikarenakan alergi terhadap hewan tertentu, seperti bulu kucing, bulu anjing, dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda, bahwa gatal ini sendiri juga bisa menjadi salah satu tanda serius yang mengindikasikan adanya gangguan kesehatan dalam tubuh anda.

Kulit Gatal – Gatal pada kulit ini sendiri, bisa merupakan salah satu alarm dalam tubuh yang mengindikasikan terjadi masalah serius yang perlu untuk Anda ketahui.

Maka sebaiknya, jika Anda mengalami gatal–gatal pada kulit tubuh, dan hal ini berlangsung secara rutin dan terus menerus, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke pihak medis, untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang lebih serius.

Berikut ini adalah beberapa resiko penyakit serius dibalik kulit yang gatal.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Radang Panggul yang Wajib Diketahui Wanita!

Resiko Penyakit Serius Dibalik Kulit Gatal yang Wajib Anda Ketahui!

Kulit Kering (Xerosis)

kulit gatal

Penyakit Kulit Kering (Xerosis)

Penyakit ini merupakan salah satu dari sekian banyak rasa gatal yang ada. Biasanya penderitanya akan mengalami gatal dengan bintik merah, dan beberapa perubahan lainnya pada permukaan kulit.

Kulit kering ini, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelembapan udara, kondisi lingkungan, bahkan terlalu lama mandi, atau berada dalam ruangan ber-AC secara terus menerus.

Gangguan Saraf

kulit gatal

Penyakit Herpes Zoster

Penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan saraf, juga bisa menjadi penyebab dari kulit gatal ini sendiri, seperti saraf terjepit, herpes zoster, sklerosis, diabetes, dan lain sebagainya. Penyakit gangguan saraf ini sendiri, sangat erat kaitannya dengan rasa gatal yang muncul ke permukaan kulit Anda.

Penyakit Dalam

Selain itu, faktor penyakit dalam bisa menjadi salah satu penyebab dan merupakan resiko penyakit serius dibalik kulit Anda yang gatal. Penyakit dalam yang bisa menyebabkan kulit terasa gatal terdapat beberapa jenis, seperti, leukimia, anemia, gagal ginjal, gangguan tiroid, limfoma, anemia defisiensi besi, sirosi, dan lain-lain.

Gangguan Psikologis

Ternyata gangguan psikologis ini sendiri, juga erat kaitannya dengan kulit gatal. Gangguan psikologis yang bisa menyebabkan kulit gatal ini bisa berupa depresi, kecemasan yang berlebihan, dan lain-lain. Sehingga akan berpengaruh pada hormon dalam tubuh, salah satunya dapat menyebabkan kulit gatal.

Gangguan Pada Hati

Hati merupakan salah satu organ tubuh penyaring racun dan salah satu penyebab dari masalah kulit yang gatal. Karena gangguan pada hati ini sendiri, bisa menjadi faktor racun tidak bisa terbuang dengan baik dari tubuh, sehingga akan menyebabkan gangguan yang serius salah satunya pada permukaan kulit.

***

Demikian beberapa resiko serius yang bisa anda ketahui dibalik dari kulit anda yang gatal. Semoga bisa menjadi informasi untuk anda, dan anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter jika terjadi masalah gatal yang mencurigakan pada kulit anda.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment