≡ Menu

Manfaat Luar Biasa Lagu Klasik Untuk Ibu Hamil

Saat memasuki trimester kedua, janin yang ada di dalam kandungan akan mengalami perkembangan yang sangat pesat, muai dari ukuran, hingga kemampuannya.

Salah satu kemampuan janin yang mulai berkembang saat itu adalah kemampuan dalam mendengar. Di saat itu, kemampuan mendengar sang janin merupakan satu-satunya cara untuk bisa berkomunikasi dengan dunia luar. Reaksi yang dilakukan oleh janin juga berdasarkan apa yang ia dengar.

Reaksi dari janin itu sendiri bisa dirasakan oleh sang ibu dengan adanya gerakan yang dirasakan dari dalam kandungan. Berkembangnya indera pendengaran pada janin tersebut membuat banyak pihak mulai menghubungkannya dengan lagu klasik, dengan alasan bisa mencerdaskan otak janin.

Baca juga: Download Musik Klasik Untuk Ibu Hamil, Beethoven, Mozart, dsb

Tapi benarkah lagu klasik untuk ibu hamil bisa berpengaruh terhadap kecerdasan janin?

Hingga saat ini, belum ada studi yang bisa memastikan bahwa lagu klasik yang didengarkan oleh janin akan mempengaruhi kecerdasan otaknya.

Bayi yang ceria dan sehat

Bayi yang ceria dan sehat

Manffat Musik Klasik untuk Ibu Hamil

Inteligensia itu sendiri merupakan masalah yang sangat kompleks, sehingga saat ini belum ada yang bisa membuktikan bahwa lagu klasik dapat memberikan dampak secara langsung pada otak bayi yang nantinya bisa membuat sang anak memiiki tingkat IQ tertentu. Terlebih lagi kecerdasan seseorang akan diturunkan secara genetik sebesar 60 hingga 80%.

Namun ada sebuah fakta yang mengungkapkan bahwa janin yang sering mendengarkan musik klasik akan cenderung menjadi anak yang lebih tenang. Selain itu, sang anak juga akan lebih mudah tidur nyenyak.

Tidur lelap itu sendiri memiliki hubungan dengan perkembangan otak. Pada dasarnya, sel saraf otak janin akan tumbuh secara pesat saat ia tertidur, dan saat ia tidur dengan tenang, maka perkembangan otak bisa jadi lebih maksimal.

Dampak Jangka Pendek

Tidak ada yang salah dengan memperdengarkan lagu klasik bagi janin yang ada di dalam kandungan. Bahkan ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa ibu hamil yang sedang mendengarkan jenis musik tertentu, akan mendapatkan reaksi dari janin yang dikandungnnya.

Reaksi itu sendiri berupa gerakan yang dilakukan selama musik tersebut diputar. Hanya saja, musik yang Anda dengarkan tidak boleh sembarangan. Sebab sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidak semua jenis musik memiliki dampak positif untuk janin.

Respon bayi dalam kandungan

Ada beberapa jenis musik tertentu yang dipercaya bisa memberi dampak yang lebih baik untuk perkembangan otak janin, yaitu musik klasik.

Lagu-lagu klasik yang dianggap baik untuk ibu hamil itu sendiri masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Ada yang menganggap bahwa jenis musik ini bagus untuk perkembagan janin karena memiliki tempo dan struktur nada yang teratur, sehingga bisa memberikan sebuah penggambaran tersendiri bagi otak.

Musik klasik mampu memberikan sebuah gambaran yang memperlihatkan bahwa dunia memiliki garis-garis yang saling terhubung, hanya saja tidak terlihat. Kemampuan untuk menarik garis yang tak terlihat ini yang bisa menciptakan perbedan kecerdasan.

Terlepas dari apapun alasan logis mengenai lagu klasik untuk ibu hamil, ada hal sederhana yang harus dilakukan oleh sang ibu. Meskipun Anda mungkin tidak menyukai musik klasik, namun hal ini akan sangat berarti jika diperdengarkan bagi janin Anda, agar dia bisa mendapatkan sesatu yang positif untuk tumbuh kembang ke depannya.

Lagu klasik juga bisa meningkatkan kemungkinan dari sang bayi untuk bisa lebih menghargai, dan juga bisa ditenangkan oleh suara dari lagu klasik. Meskipun sebenarnya paparan dari musik dan sastra akan menjadi lebih efektif saat bayi sudah benar-benar lahir.

Sebuah penelitian di Inggris mencoba untuk memperdengarkan sebuah lagu kepada janin yang berada dalam usia 20 minggu. Setelah 2-3 minggu bayi tersebut lahir, para ilmuan berusaha untuk menguji respon dari bayi tersebut melalui musik.

Hasilnya, bayi bisa mengingat lagu yang ia dengarkan saat didalam kandungan dan membuatnya menjadi lebih tenang saat musik tersebut diperdengarkan kembali. Hal ini semakin menegaskan bahwa pada janin yang dikandung sudah berkembang ingatan jangka panjang.

Lagu klasik untuk ibu hamil bisa didengarkan dengan cara menempelkan earphone pada sisi kiri dan kanan perut, kemudian atur tingkat volume yang cukup didengarkan oleh janin saja.

Musik klasik untuk ibu hamil

Musik klasik untuk ibu hamil

Cara ini sangat bagus dilakukan saat malam hari sekitar pukul 8, karena bayi masih melakukan aktifitas dan diharapkan bisa tertidur dengan tenang saat mendengarkan lagu klasik.

Musik klasik itu sendiri sangat baik jika diperdengarkan ketika janin memasuki usia 3 minggu, karena telinga sudah mulai terbentuk dan akan semakin sempurna pembentukannya ketika memasuki usia 24 minggu.

**

Semoga informasi mengenai manfaat lagu klasik untuk ibu hamil ini bisa menjadi tambahan refererensi bagi Anda para orang tua yang menginginkan bayi yang sempurna.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment