≡ Menu

Tiga Latihan Sederhana Untuk Membentuk Otot Perut (ABS)

Di dalam rangkaian latihan di pusat kebugaran, otot perut merupakan bagian yang paling sulit untuk dilatih. Hal ini dikarenakan proses membentuk otot perut itu yang memang sangat lama dibandingkan dengan otot pada dada, punggung, lengan, ataupun bagian sayap.

Otot perut menjadi bagian yang sulit untuk dilatih dikarenakan perut adalah tempat di mana lemak bertumpuk. Nah, tumpukan lemak inilah yang kemudian sangat sulit untuk menjadi otot, sekalipun sudah dilatih dalam waktu yang lama.

Baca juga: 8 Rahasia dan Tips Kuruskan Badan, Paha, Lengan, dan Pipi Secara Alami

latihan untuk membentuk otot perut

Gadis dengan perut langsing berotot
© improvisor/fotolia.com

Latihan Untuk Membentuk Otot Perut

Kondisi dimana banyaknya tumpukan lemak di perut akan semakin sulit dihilangkan jika orang tersebut tetap melakukan rutinitas yang sama. Namun tidak perlu khawatir, karena kamu masih bisa membentuk otot perut ini dalam waktu kurang dari 3 bulan asalkan melakukan metode yang tepat.

Berikut caranya:

Tahap 1: Jogging

Pada tahap awal, kamu tidak wajib ke tempat gym untuk melakukan serangkain latihan yang berat. Cukup gunakan waktu kamu selama sebulan untuk melakukan jogging tanpa henti selama 15 menit setiap harinya. Ada baiknya jika kamu melakukan hal ini pada sore hari sekitar pukul 15.00.

Joging di waktu sore atau pagi akan sangat membantu mengecilkan perut© ivanko80/fotolia.com

Joging di waktu sore atau pagi akan sangat membantu mengecilkan perut
© ivanko80/fotolia.com

Kamu bisa jogging mengelilingi lapangan atau berlari di tempat terbuka lainnya, dan pastikan untuk tidak berhenti jika belum sampai 15 menit. Lakukan hal ini selama 1 bulan penuh dengan membuat jadwal latihan pertama yang diakhiri di tanggal yang sama pada bulan depan.

Setelah memasuki bulan kedua, maka perhatikan bentuk tubuh kamu, apakah memiliki perubahan atau tidak. Jika tidak ada perubahan, maka ulangi latihan ini selama sebulan penuh dan tingkatkan intensitas latihannya. Apabila latihan yang kamu lakukan sudah menunjukkan perubahan yang signifikan, maka lanjutkan ke tahap berikutnya.

Tahap 2: Sit Up

Pada tahap kedua, latihan untuk membentuk otot perut bisa kamu lakukan dengan memperbanyak sit up. Latihan ini memang sudah sangat terkenal untuk membentuk dan melatih kekuatan pada otot perut. Dengan latihan yang rutin, maka otot pada bagian atas perut kamu akan terbentuk.

Latihan situp untuk mengecilkan perut

Situp outdor dengan udara bersih sangat bagus untuk kesehatan
© Daxiao Productions/fotolia.com

Otot pada bagian atas perut ini sendiri tergolong lebih mudah untuk dibentuk dibandingkan dengan otot pada bagian bawahnya. Adapun untuk membentuk otot perut bagian bawah, akan kita lakukan pada tahap ketiga.

Baca juga: Dua Rahasia Cara Cepat Melangsingkan Tubuh

Lakukan sit up secara rutin sekitar 15 menit setiap hari selama sebulan penuh. Jika latihan yang kamu lakukan memang benar, maka kamu akan melihat hasil yang berbeda pada bagian perutmu, sekalipun memang belum menunjukkan garis-garis otot yang nyata. Jika sudah demikian, maka kamu sudah siap untuk melanjutkan ke latihan tahap ketiga.

Hanging Leg Raise

Ini merupakan jenis latihan dengan bergelantung sambil mengangkat kaki ke atas. Latihan seperti ini akan semakin menyempurnakan otot-otot pada perut bagian bawah kamu.

Hanging Leg Raise

Angkat kaki ke atas sambil bergelantung
© Maridav/fotolia.com

Hanging leg raise bertujuan untuk memberikan penetrasi yang lebih kuat dibanding dengan sit up sehingga dampaknya pada perut bagian bawah lebih terasa.

Hanging Leg Raise 2

Lakukan latihan Hanging Leg Raise selama 15 menit per hari
© Maridav/fotolia.com

Kamu harus melakukan latihan ini minimal 15 menit setiap harinya dan lakukan selama mungkin sampai bagian perut kamu sudah terlihat berbentuk. Semakin sering kamu melatihnya, maka akan semakin cepat pula hasilnya.

***

Otot perut memang bagian yang sangat sulit untuk dibentuk. Namun dengan serangkaian latihan yang tepat dan disertai dengan komitmen yang tinggi, maka kamu bisa memiliki perut yang indah hanya dalam waktu 3 bulan saja.

Pastikan bahwa kamu juga menjaga pola makan dan nutrisi, kamu bisa membaca tulisan pola makan untuk diet untuk membantu latihan ini.

Sekian informasi kami mengenai latihan untuk membentuk otot perut. Semoga informasi ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan perut yang berotot tanpa harus menghabiskan banyak waktu di pusat kebugaran. Selamat mencoba!

{ 1 comment… add one }
  • manro berutu Friday, 29 April 2016, 09:51

    saya sering melakukan hal itu tapi tidak ada juga ototnya…

Leave a Comment