≡ Menu

Lima Alternatif Cara Ampuh Mengobati Sakit Diare

Sakit diare bisa disebabkan karena gangguan perut seperti akibat mengonsumsi makanan pedas, makanan asam dan santan yang berlebihan. Gejala diare umumnya yaitu perut mulas, mual, dehidrasi, punggung pegal, badan lemas, mata berkunang-kunang dan sering buang air besar.

Jika Anda terkena diare dan ingin segera sembuh berikut cara yang bisa dilakukan.

5 Ramuan Alami untuk Mengobati Diare

Sebelum adanya obat-obat praktis seperti obat kimia, orang-orang terdahulu ternyata mengobati sakit diare dengan berbagai ramuan tradisional seperti kunyit, beras, teh pahit, atau garam.

Kunyit dan beras ketan

Kunyit

Kunyit

Kunyit dan beras merupakan ramuan alami yang bisa mengobati diare. Cara pembuatannya yaitu, sangrai (goreng tanpa minyak) beras ketan sebanyak 100gram. Lalu, bakar 1 jari kunyit sampai hangus. Kemudian tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus dan seduh dengan air panas.

Aturan pakainya yaitu satu sendok makan untuk sekali seduh. Minum ramuan ini 3 kali dalam sehari untuk mengobati diare. Sebaiknya lakukan secara rutin sampai diare yang Anda derita benar-benar sembuh.

Cuka apel

cuka apel

cuka apel

Cuka apel berbeda dengan cuka lainnya. Cuka apel bermanfaat untuk mengobati diare. Caranya yaitu dengan mengonsumsi dua sendok teh cuka apel untuk mengobati diare secara cepat.

Anda tidak perlu repot membuat cuka apel, sudah banyak tersedia berbagai jenis cuka apel yang bisa Anda beli di pasaran.

Teh pahit

teh pahit

teh pahit

Teh tanpa gula atau teh pahit bisa membantu meringankan diare Anda. Teh pahit manjur mengobati diare karena zat yang terdapat pada teh mampu mencegah tinja menjadi cair. Meskipun tidak boleh menambahkan gula, Anda dapat menambahkan madu jika Anda tidak menyukai rasa pahitnya.

Ramuan kunyit

ramuan kunyit

ramuan kunyit

Kunyit merupakan obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai keluhan penyakit. Salah satunya yaitu diare. Cara penggunaannya yaitu, parut dan rebus kunyit bersama dua gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya menyusut hanya tinggal satu gelas. Selagi masih hangat, minumlah air rebusan kunyit tersebut untuk mengobati diare.

Larutan garam atau oralit

oralit

oralit

Oralit atau larutan garam merupakan obat diare yang sudah banyak dikenal dan terbukti ampuh. Oralit atau larutan garam elektrolit ini efektif untuk mencegah frekuensi buang air besar yang terlalu sering dan tidak wajar.

**

Selain cara mengobati diare yang telah disebutkan di atas, Anda dianjurkan untuk minum air putih yang banyak. Sebab ketika diare begitu banyak cairan tubuh yang dikeluarkan sehingga tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih.

Hindari minuman beralkohol, makanan asam, dan pedas ketika menderita diare, agar diare tidak bertambah parah. Semoga lima alternatif cara ampuh mengobati sakit diare di atas bisa mambantu Anda.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment