≡ Menu

Lima Cara Efektif Mengobati Flu Berat pada Orang Dewasa dan Anak

Flu merupakan penyakit umum yang diderita siapa saja. Penyakit ini juga sering datang dan pergi sehingga orang yang terkena flu sering kali kerepotan mengobatinya.

Agar flu tidak mengganggu aktifitas yang Anda kerjakan, tentunya Anda harus tau cara mengatasi flu yang Anda derita. Sebab, mengonsumsi obat-obatan juga tidak bisa secara langsung mampu meringankan flu berat.

Flu disebabkan oleh virus yang menyerang akibat daya tahan tubuh kita menurun. Biasanya pada musim banyak orang yang terkena flu karena suasana dingin membuat kekebalan tubuh menjadi tidak stabil.

Baca juga: Cara Mengobati Batuk-Batuk dengan Bahan Alami Herbal

Flu Berat

Cara Efektif Mengatasi Flu Berat

Berikut adakah lima cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi atau mengobati flu berat, cara ini dipakai oleh orang tua dulu untuk mengobati anak-anaknya yang menderita flu berat.

Perbanyak makan buah dan sayur

Sayur dan Buah

Buah dan sayuran yang kita konsumsi efektif meningkatkan kembali daya tahan tubuh yang sedang drop. Sebab, asupan vitamin dan mineral yang ada pada buah dan sayur sangat diperlukan tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh tetap stabil.

Minum minuman hangat

air hangat

Flu yang Anda derita akan menghabisakan cairan tubuh melalui keringat, ingus dan ludah. Untuk mengatasi tubuh yang kekurangan cairan, sebaiknya perbanyak minum air.

Sebaiknya minumlah air hangat ketika Anda flu karena dapat meringankan hidung yang tersumbat. Selain itu, manfaat minum air hangat juga dapat melegakan tenggorokan yang terkena radang.

Terapi uap tradisional

terapi uap

Terapi uap dapat meringankan sakit flu karena dapat membuat hidung yang mampet menjadi plong. Caranya yaitu dengan menyiapkan air pada wadah kecil atau baskom yang diberi campuran bahan rempah seperti minyak kayu putih, jahe, atau kunyit sehingga dapat membantu meringankan flu.

Uapkan wajah Anda pada baskom atau wadah yang berisi air panas tadi. Tutup kepala menggunakan handuk agar uap tidak keluar dan hasil lebih maksimal. Cara tradisional ini dapat meringankan flu berat yang Anda derita.

Hirup aroma menthol

menthol

Jika hidung Anda tersumbat akibat flu, hiruplah aroma menthol untuk meringankannya. Anda dapat menggunakan minyak kayu putih untuk mengolesi area hidung sehingga mampu mengatasi hidung yang tersumbat dan mencegah terjadinya iritasi pada sekitar lubang hidung.

Istirahat total

istirahat total

Istirahat total wajib Anda lakukan jika mengalami flu berat. Dengan bmengistirahatkan tubuh secara total dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh anda yang melemah. Usahakan agar tubuh Anda tetap hangat, gunakan selimut dan bila perlu oleskan minyak kayu putih ke tubuh Anda.

**

Baca juga: Cara Tepat Alami Mengobati Penyakit Maag (Asam Lambung)

Agar flu yang Anda derita cepat sembuh, sebaiknya konsumsi makanan yang bergizi dan jangan sampai telat makan. Meskipun mulut terasa pahit karena sakit yang Anda derita, namun Anda harus makan tepat waktu agar sakitnya tidak semakin parah.

{ 51 comments… add one }
  • khrisnanda putra 05:35, Thursday, 11 January 2018, 05:35

    mantap, tapi masih pilek jadi belum mantap?

  • septi siswandini 15:42, Friday, 24 November 2017, 15:42

    Bagus ajar dach

  • septi siswandini 15:40, Friday, 24 November 2017, 15:40

    Aq sllu sakit pilek, skrg mlh brsaudara sama batuk,pdhl duluna sndri,g Pke batuk,tiap saat sllu sakit pilek,trus kegitan kdng jdi trganggu smua-smua

  • mama Reza 12:11, Wednesday, 26 July 2017, 12:11

    sngt brmanfaat semua infox trima ksih smoga yg lg pd flu cepet sembuh trutama aq.

  • Soekmono Adi 11:25, Tuesday, 23 May 2017, 11:25

    Baru tau ada teknik terapi uap tradisional, mau saya praktekin dok, kebetulan lagi pilek :D

  • ziezah nor 07:45, Friday, 9 December 2016, 07:45

    Makasih dok, infonya sangat membantu.

  • linda 18:21, Wednesday, 12 October 2016, 18:21

    Saya mau nnya. Adik saya kn udah kelas 5 tpi pilek trus” an.. Knapa ya . bntu solusi nya dong.

    • said 12:12, Tuesday, 17 January 2017, 12:12

      Coba pakai vitamin C

  • Herp 09:32, Wednesday, 5 October 2016, 09:32

    Kok kalo saya bersin suka keluar ingus ya?

  • fajar agung 11:06, Wednesday, 27 July 2016, 11:06

    kenapa kalau cuaca dingin aku sering kena flu ya ???? trus klok sembuhnya lama lagi ????
    perlu waktu berhari-hari.

    • andika kurniawan 06:13, Tuesday, 20 September 2016, 06:13

      Knp ya sya kna flu nggk sembuh”,trs obtny yg cocok itu apa.

  • fajar agung 08:25, Tuesday, 21 June 2016, 08:25

    artikel yang membantu

  • cekay 20:34, Sunday, 22 May 2016, 20:34

    Betul betul betul lu pada

  • shendy fredrik 19:45, Wednesday, 27 April 2016, 19:45

    mendekatan diri dengan bawang bombai juga bisa mengurangi gejala flu.

  • dkn 11:26, Thursday, 21 April 2016, 11:26

    lbh baek pke tradisional, hususnya madu.. Lbh berkah, insy.Allah. . .

  • reza` 14:32, Thursday, 14 April 2016, 14:32

    cimikkkkkkkkkkkkkkkk cimak uyeee

  • alby 11:26, Wednesday, 6 April 2016, 11:26

    gan aku orang yg jarang terkena flu tapi kalo terkena flu ko lama ya sembuhnya.
    tu kenapa ya gan ? padahal smua obat udh aku coba.

  • Nn 20:10, Monday, 7 March 2016, 20:10

    Flu perbanyak tidur…

  • Natasha wilona 21:17, Saturday, 5 March 2016, 21:17

    Thank you informasinya

  • mangara 13:37, Thursday, 4 February 2016, 13:37

    Ayah saya usia 81 tahun .mengalami Flu dan batuk saat ini, suhu badan tidak terlalu hangat.
    Yang berat dia rasakan badannya sangat kedinginan.
    Apa yg obatnya menghindari perasaan dingin tsb. Beliau saat ini mengkonsumsi obat sesak nafas . Pulmicort,spriva ,Theophilin dll
    Trima kasin

  • yuli yanti 21:04, Tuesday, 26 January 2016, 21:04

    di coba sarannya semoga aja pilek ku cepat sembuh thaks ya info nya

    • raselino 20:38, Wednesday, 3 August 2016, 20:38

      betul 5x

  • Wira 07:50, Thursday, 14 January 2016, 07:50

    terima kasih
    infonya semoga saya bisa sembuh , saya akan mencobanya

    • raselino 20:39, Wednesday, 3 August 2016, 20:39

      iya wira semoga saja cepet sembuh…

  • dg 13:45, Tuesday, 22 December 2015, 13:45

    wong gembluuung lakk Ajistwn

  • Patricilia Kaunang 19:38, Monday, 21 December 2015, 19:38

    Iya aku juga tidur seharian aja kalo lg flu, sama minta dimasakin sup ayam soalnya yg aku baca di Fb Stimuno dgn konsumsi sup ayam bikin pnyembuhan flu makin cepet

  • m.irfan 13:32, Tuesday, 1 December 2015, 13:32

    makasih om atqu kakak

  • Ruslan A. 08:07, Thursday, 19 November 2015, 08:07

    Makasih min info nya, saya akan coba tips semoga aja flu saya cepet sembuh

  • siria emelti 08:13, Tuesday, 10 November 2015, 08:13

    terima kasih infonya…. semoga saya bisa sembuh dgn cara2 tersebut… karena tubuh saya sensitif terhadap penyakit terutama flu/pilek

  • Dewajemy Gunawan 15:04, Thursday, 15 October 2015, 15:04

    Trims ya infonya…..mudah2an bermanfaat bagi semuanya

  • ? 17:05, Thursday, 1 October 2015, 17:05

    A???◑ˍ◐●︿●⊙﹏⊙((´д`))

  • hartini 15:03, Sunday, 13 September 2015, 15:03

    makasih infonya,akan saya coba saya sering pilek

  • dessy richa kumada anggriani 09:59, Monday, 7 September 2015, 09:59

    ‘makasih banget ya sdra/sdri ku smga bermanfaat banget….saat ini aku lagi sakit flu berat…..insyaallah dgn tyips sdr/sdri aq cpt sembuh dan stamina q pulih kembali amiiinn….

  • indra 02:24, Tuesday, 1 September 2015, 02:24

    nuhun kang info na

  • dilla choi 21:43, Thursday, 13 August 2015, 21:43

    thank you fr ur inform . . .
    GWS for me hehe

  • rika rahayu 02:37, Saturday, 1 August 2015, 02:37

    Ia aku terserang flu dah hmpir 3bln tp tak kunjung sembuh nie, pa krn ku tinggal ditmpt yg dingin ya

  • endang sty 10:38, Friday, 31 July 2015, 10:38

    makasih infonya kakak :-)

  • yusuf 02:37, Wednesday, 29 July 2015, 02:37

    Trim infonya .sangat bermanfaat banget

  • untu 11:16, Tuesday, 14 July 2015, 11:16

    ada doanya ndk

  • mozam basyaiban 07:27, Saturday, 4 July 2015, 07:27

    Izin share.

    Thank you

  • edy 04:50, Friday, 3 July 2015, 04:50

    terimakaih infonya,aku emang sering kena flu terutama kalau cuaca dingin

  • syukur matano 19:18, Thursday, 2 July 2015, 19:18

    Sipp infonya,,,

  • Widya 12:05, Saturday, 27 June 2015, 12:05

    Semoga ampuh coz sy lg flu ini. Makasi. . .

  • ari 06:07, Friday, 5 June 2015, 06:07

    terimakasih… tips ini meringankan fluku….

  • Sahrul huda 18:55, Thursday, 4 June 2015, 18:55

    flu berat ane sangat mengganggu aktifitas,
    sudah habis 1 tablet ultra flu blum smbuh”

  • hardie 06:23, Wednesday, 27 May 2015, 06:23

    Thnkz infox..
    Stiap bangun pagi pasti flu smpe mnghbjskan Tissu.
    Akan sy coba….

  • putri 16:56, Friday, 22 May 2015, 16:56

    Bisa dilakukan,karena aku sering terkena flu apalagi pada musim dingin,,,,”thank you”

  • si imut 08:27, Saturday, 2 May 2015, 08:27

    Bisa d coba tu..soalnya aku sering banget kena flu..aplagi kalau mau mandi pagi..

  • Prayoga 04:37, Wednesday, 11 March 2015, 04:37

    Ok mksih y infony

  • Ajistwn 16:43, Thursday, 5 March 2015, 16:43

    Iya ya nyong pilek karo batuk tambane apa ia

  • Ephol 00:45, Monday, 9 February 2015, 00:45

    Gx tau bnr apa gx’y ??

Leave a Comment