Lima Cara Efektif Mengobati Flu Berat pada Orang Dewasa dan Anak

Flu merupakan penyakit umum yang diderita siapa saja. Penyakit ini juga sering datang dan pergi sehingga orang yang terkena flu sering kali kerepotan mengobatinya.

Agar flu tidak mengganggu aktifitas yang Anda kerjakan, tentunya Anda harus tau cara mengatasi flu yang Anda derita. Sebab, mengonsumsi obat-obatan juga tidak bisa secara langsung mampu meringankan flu berat.

Flu disebabkan oleh virus yang menyerang akibat daya tahan tubuh kita menurun. Biasanya pada musim banyak orang yang terkena flu karena suasana dingin membuat kekebalan tubuh menjadi tidak stabil.

Baca juga: Cara Mengobati Batuk-Batuk dengan Bahan Alami Herbal

Flu Berat

Cara Efektif Mengatasi Flu Berat

Berikut adakah lima cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi atau mengobati flu berat, cara ini dipakai oleh orang tua dulu untuk mengobati anak-anaknya yang menderita flu berat.

Perbanyak makan buah dan sayur

Sayur dan Buah

Buah dan sayuran yang kita konsumsi efektif meningkatkan kembali daya tahan tubuh yang sedang drop. Sebab, asupan vitamin dan mineral yang ada pada buah dan sayur sangat diperlukan tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh tetap stabil.

Minum minuman hangat

air hangat

Flu yang Anda derita akan menghabisakan cairan tubuh melalui keringat, ingus dan ludah. Untuk mengatasi tubuh yang kekurangan cairan, sebaiknya perbanyak minum air.

Sebaiknya minumlah air hangat ketika Anda flu karena dapat meringankan hidung yang tersumbat. Selain itu, manfaat minum air hangat juga dapat melegakan tenggorokan yang terkena radang.

Terapi uap tradisional

terapi uap

Terapi uap dapat meringankan sakit flu karena dapat membuat hidung yang mampet menjadi plong. Caranya yaitu dengan menyiapkan air pada wadah kecil atau baskom yang diberi campuran bahan rempah seperti minyak kayu putih, jahe, atau kunyit sehingga dapat membantu meringankan flu.

Uapkan wajah Anda pada baskom atau wadah yang berisi air panas tadi. Tutup kepala menggunakan handuk agar uap tidak keluar dan hasil lebih maksimal. Cara tradisional ini dapat meringankan flu berat yang Anda derita.

Hirup aroma menthol

menthol

Jika hidung Anda tersumbat akibat flu, hiruplah aroma menthol untuk meringankannya. Anda dapat menggunakan minyak kayu putih untuk mengolesi area hidung sehingga mampu mengatasi hidung yang tersumbat dan mencegah terjadinya iritasi pada sekitar lubang hidung.

Istirahat total

istirahat total

Istirahat total wajib Anda lakukan jika mengalami flu berat. Dengan bmengistirahatkan tubuh secara total dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh anda yang melemah. Usahakan agar tubuh Anda tetap hangat, gunakan selimut dan bila perlu oleskan minyak kayu putih ke tubuh Anda.

**

Baca juga: Cara Tepat Alami Mengobati Penyakit Maag (Asam Lambung)

Agar flu yang Anda derita cepat sembuh, sebaiknya konsumsi makanan yang bergizi dan jangan sampai telat makan. Meskipun mulut terasa pahit karena sakit yang Anda derita, namun Anda harus makan tepat waktu agar sakitnya tidak semakin parah.

Taged as:
51 comments… add one

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • khrisnanda putra Jan 11, 2018 @ 5:35

    mantap, tapi masih pilek jadi belum mantap?

  • septi siswandini Nov 24, 2017 @ 15:42

    Bagus ajar dach

  • septi siswandini Nov 24, 2017 @ 15:40

    Aq sllu sakit pilek, skrg mlh brsaudara sama batuk,pdhl duluna sndri,g Pke batuk,tiap saat sllu sakit pilek,trus kegitan kdng jdi trganggu smua-smua

  • mama Reza Jul 26, 2017 @ 12:11

    sngt brmanfaat semua infox trima ksih smoga yg lg pd flu cepet sembuh trutama aq.

  • Soekmono Adi May 23, 2017 @ 11:25

    Baru tau ada teknik terapi uap tradisional, mau saya praktekin dok, kebetulan lagi pilek :D

  • ziezah nor Dec 9, 2016 @ 7:45

    Makasih dok, infonya sangat membantu.

  • linda Oct 12, 2016 @ 18:21

    Saya mau nnya. Adik saya kn udah kelas 5 tpi pilek trus” an.. Knapa ya . bntu solusi nya dong.

    • said Jan 17, 2017 @ 12:12

      Coba pakai vitamin C

  • Herp Oct 5, 2016 @ 9:32

    Kok kalo saya bersin suka keluar ingus ya?

  • fajar agung Jul 27, 2016 @ 11:06

    kenapa kalau cuaca dingin aku sering kena flu ya ???? trus klok sembuhnya lama lagi ????
    perlu waktu berhari-hari.

    • andika kurniawan Sep 20, 2016 @ 6:13

      Knp ya sya kna flu nggk sembuh”,trs obtny yg cocok itu apa.

  • fajar agung Jun 21, 2016 @ 8:25

    artikel yang membantu

  • cekay May 22, 2016 @ 20:34

    Betul betul betul lu pada

  • shendy fredrik Apr 27, 2016 @ 19:45

    mendekatan diri dengan bawang bombai juga bisa mengurangi gejala flu.

  • dkn Apr 21, 2016 @ 11:26

    lbh baek pke tradisional, hususnya madu.. Lbh berkah, insy.Allah. . .

  • reza` Apr 14, 2016 @ 14:32

    cimikkkkkkkkkkkkkkkk cimak uyeee

  • alby Apr 6, 2016 @ 11:26

    gan aku orang yg jarang terkena flu tapi kalo terkena flu ko lama ya sembuhnya.
    tu kenapa ya gan ? padahal smua obat udh aku coba.

  • Nn Mar 7, 2016 @ 20:10

    Flu perbanyak tidur…

  • Natasha wilona Mar 5, 2016 @ 21:17

    Thank you informasinya

  • mangara Feb 4, 2016 @ 13:37

    Ayah saya usia 81 tahun .mengalami Flu dan batuk saat ini, suhu badan tidak terlalu hangat.
    Yang berat dia rasakan badannya sangat kedinginan.
    Apa yg obatnya menghindari perasaan dingin tsb. Beliau saat ini mengkonsumsi obat sesak nafas . Pulmicort,spriva ,Theophilin dll
    Trima kasin

  • yuli yanti Jan 26, 2016 @ 21:04

    di coba sarannya semoga aja pilek ku cepat sembuh thaks ya info nya

    • raselino Aug 3, 2016 @ 20:38

      betul 5x

  • Wira Jan 14, 2016 @ 7:50

    terima kasih
    infonya semoga saya bisa sembuh , saya akan mencobanya

    • raselino Aug 3, 2016 @ 20:39

      iya wira semoga saja cepet sembuh…

  • dg Dec 22, 2015 @ 13:45

    wong gembluuung lakk Ajistwn

  • Patricilia Kaunang Dec 21, 2015 @ 19:38

    Iya aku juga tidur seharian aja kalo lg flu, sama minta dimasakin sup ayam soalnya yg aku baca di Fb Stimuno dgn konsumsi sup ayam bikin pnyembuhan flu makin cepet

  • m.irfan Dec 1, 2015 @ 13:32

    makasih om atqu kakak

  • Ruslan A. Nov 19, 2015 @ 8:07

    Makasih min info nya, saya akan coba tips semoga aja flu saya cepet sembuh

  • siria emelti Nov 10, 2015 @ 8:13

    terima kasih infonya…. semoga saya bisa sembuh dgn cara2 tersebut… karena tubuh saya sensitif terhadap penyakit terutama flu/pilek

  • Dewajemy Gunawan Oct 15, 2015 @ 15:04

    Trims ya infonya…..mudah2an bermanfaat bagi semuanya

  • ? Oct 1, 2015 @ 17:05

    A???◑ˍ◐●︿●⊙﹏⊙((´д`))

  • hartini Sep 13, 2015 @ 15:03

    makasih infonya,akan saya coba saya sering pilek

  • dessy richa kumada anggriani Sep 7, 2015 @ 9:59

    ‘makasih banget ya sdra/sdri ku smga bermanfaat banget….saat ini aku lagi sakit flu berat…..insyaallah dgn tyips sdr/sdri aq cpt sembuh dan stamina q pulih kembali amiiinn….

  • indra Sep 1, 2015 @ 2:24

    nuhun kang info na

  • dilla choi Aug 13, 2015 @ 21:43

    thank you fr ur inform . . .
    GWS for me hehe

  • rika rahayu Aug 1, 2015 @ 2:37

    Ia aku terserang flu dah hmpir 3bln tp tak kunjung sembuh nie, pa krn ku tinggal ditmpt yg dingin ya

  • endang sty Jul 31, 2015 @ 10:38

    makasih infonya kakak :-)

  • yusuf Jul 29, 2015 @ 2:37

    Trim infonya .sangat bermanfaat banget

  • untu Jul 14, 2015 @ 11:16

    ada doanya ndk

  • mozam basyaiban Jul 4, 2015 @ 7:27

    Izin share.

    Thank you

  • edy Jul 3, 2015 @ 4:50

    terimakaih infonya,aku emang sering kena flu terutama kalau cuaca dingin

  • syukur matano Jul 2, 2015 @ 19:18

    Sipp infonya,,,

  • Widya Jun 27, 2015 @ 12:05

    Semoga ampuh coz sy lg flu ini. Makasi. . .

  • ari Jun 5, 2015 @ 6:07

    terimakasih… tips ini meringankan fluku….

  • Sahrul huda Jun 4, 2015 @ 18:55

    flu berat ane sangat mengganggu aktifitas,
    sudah habis 1 tablet ultra flu blum smbuh”

  • hardie May 27, 2015 @ 6:23

    Thnkz infox..
    Stiap bangun pagi pasti flu smpe mnghbjskan Tissu.
    Akan sy coba….

  • putri May 22, 2015 @ 16:56

    Bisa dilakukan,karena aku sering terkena flu apalagi pada musim dingin,,,,”thank you”

  • si imut May 2, 2015 @ 8:27

    Bisa d coba tu..soalnya aku sering banget kena flu..aplagi kalau mau mandi pagi..

  • Prayoga Mar 11, 2015 @ 4:37

    Ok mksih y infony

  • Ajistwn Mar 5, 2015 @ 16:43

    Iya ya nyong pilek karo batuk tambane apa ia

  • Ephol Feb 9, 2015 @ 0:45

    Gx tau bnr apa gx’y ??