Lima Cara Efektif Mengobati Flu Berat pada Orang Dewasa dan Anak

Flu merupakan penyakit umum yang diderita siapa saja. Penyakit ini juga sering datang dan pergi sehingga orang yang terkena flu sering kali kerepotan mengobatinya.

Agar flu tidak mengganggu aktifitas yang Anda kerjakan, tentunya Anda harus tau cara mengatasi flu yang Anda derita. Sebab, mengonsumsi obat-obatan juga tidak bisa secara langsung mampu meringankan flu berat.

Flu disebabkan oleh virus yang menyerang akibat daya tahan tubuh kita menurun. Biasanya pada musim banyak orang yang terkena flu karena suasana dingin membuat kekebalan tubuh menjadi tidak stabil.

Baca juga: Cara Mengobati Batuk-Batuk dengan Bahan Alami Herbal

Flu Berat

Cara Efektif Mengatasi Flu Berat

Berikut adakah lima cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi atau mengobati flu berat, cara ini dipakai oleh orang tua dulu untuk mengobati anak-anaknya yang menderita flu berat.

Perbanyak makan buah dan sayur

Sayur dan Buah

Buah dan sayuran yang kita konsumsi efektif meningkatkan kembali daya tahan tubuh yang sedang drop. Sebab, asupan vitamin dan mineral yang ada pada buah dan sayur sangat diperlukan tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh tetap stabil.

Minum minuman hangat

air hangat

Flu yang Anda derita akan menghabisakan cairan tubuh melalui keringat, ingus dan ludah. Untuk mengatasi tubuh yang kekurangan cairan, sebaiknya perbanyak minum air.

Sebaiknya minumlah air hangat ketika Anda flu karena dapat meringankan hidung yang tersumbat. Selain itu, manfaat minum air hangat juga dapat melegakan tenggorokan yang terkena radang.

Terapi uap tradisional

terapi uap

Terapi uap dapat meringankan sakit flu karena dapat membuat hidung yang mampet menjadi plong. Caranya yaitu dengan menyiapkan air pada wadah kecil atau baskom yang diberi campuran bahan rempah seperti minyak kayu putih, jahe, atau kunyit sehingga dapat membantu meringankan flu.

Uapkan wajah Anda pada baskom atau wadah yang berisi air panas tadi. Tutup kepala menggunakan handuk agar uap tidak keluar dan hasil lebih maksimal. Cara tradisional ini dapat meringankan flu berat yang Anda derita.

Hirup aroma menthol

menthol

Jika hidung Anda tersumbat akibat flu, hiruplah aroma menthol untuk meringankannya. Anda dapat menggunakan minyak kayu putih untuk mengolesi area hidung sehingga mampu mengatasi hidung yang tersumbat dan mencegah terjadinya iritasi pada sekitar lubang hidung.

Istirahat total

istirahat total

Istirahat total wajib Anda lakukan jika mengalami flu berat. Dengan bmengistirahatkan tubuh secara total dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh anda yang melemah. Usahakan agar tubuh Anda tetap hangat, gunakan selimut dan bila perlu oleskan minyak kayu putih ke tubuh Anda.

**

Baca juga: Cara Tepat Alami Mengobati Penyakit Maag (Asam Lambung)

Agar flu yang Anda derita cepat sembuh, sebaiknya konsumsi makanan yang bergizi dan jangan sampai telat makan. Meskipun mulut terasa pahit karena sakit yang Anda derita, namun Anda harus makan tepat waktu agar sakitnya tidak semakin parah.

Taged as:
51 comments… add one

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • khrisnanda putra Jan 11, 2018 @ 5:35

    mantap, tapi masih pilek jadi belum mantap?

  • septi siswandini Nov 24, 2017 @ 15:42

    Bagus ajar dach

  • septi siswandini Nov 24, 2017 @ 15:40

    Aq sllu sakit pilek, skrg mlh brsaudara sama batuk,pdhl duluna sndri,g Pke batuk,tiap saat sllu sakit pilek,trus kegitan kdng jdi trganggu smua-smua

  • mama Reza Jul 26, 2017 @ 12:11

    sngt brmanfaat semua infox trima ksih smoga yg lg pd flu cepet sembuh trutama aq.

  • Soekmono Adi May 23, 2017 @ 11:25

    Baru tau ada teknik terapi uap tradisional, mau saya praktekin dok, kebetulan lagi pilek :D

  • ziezah nor Dec 9, 2016 @ 7:45

    Makasih dok, infonya sangat membantu.

  • linda Oct 12, 2016 @ 18:21

    Saya mau nnya. Adik saya kn udah kelas 5 tpi pilek trus” an.. Knapa ya . bntu solusi nya dong.

    • said Jan 17, 2017 @ 12:12

      Coba pakai vitamin C