≡ Menu

Macam-Macam Buah Untuk Mendukung Diet Sehat Alami

Buah sangat direkomendasikan untuk dimasukkan dalam program diet, karena memiliki kandungan vitamin yang banyak sehingga tubuh akan terhindar dari lemak, natrium, dan kolesterol selama menjalankan diet.

Mengkonsumsi buah untuk diet juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit jantung, kanker, dan berbagai macam infeksi. Para ahli gizi sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi 3 – 4 porsi buah perhari bagi orang dewasa, dan 2 – 3 porsi untuk anak-anak.

Namun tidak semua buah bagus untuk diet, misalnya durian yang memiliki banyak lemak. Lantas, buah apa saja yang bagus untuk diet? Simak ulasannya.

Buah Untuk Diet Sehat alami

Pada dasarnya, buah merupakan makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin C sehingga bagus untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi serta membantu dalam proses penyembuhan luka. Menggunakan buah untuk diet bisa lebih maksimal dengan mengkonsumsi lemon, kiwi, nanas, melon, dan stroberi karena bisa menangkal terjadinya infeksi serta menjaga fungsi kulit dan mata menjadi lebih baik.

Buah Apel

diet sehat alami

Apel sangat bagus dikonsumsi saat menjalani diet. Hal ini dikarenakan apel memiliki banyak kandungan serat larut dan antioksidan seperti vitamin C.

Serat yang terkandung dalam apel berfungsi untuk mengelola kadar kolesterol dalam tubuh dan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa membantu tubuh dalam memerangi munculnya penyakit dan infeksi. Sedangkan vitamin C dalam buah apel bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi serta menjaga kesehatan pembuluh darah.

Buah Pisang

Buah Pisang

Pisang adalah buah yang sangat mudah didapatkan sehingga cocok untuk menjadikannya menu diet. Dalam satu buah pisang terdapat 450 miligram kalium yang sudah menyentuh angka seperlima dari kebutuhan harian orang dewasa.

Pisang yang kaya akan kandungan magnesium bermanfaat untuk menguatkan lapisan perut, mencegah penumpukan asam dan tentu saja melancarkan pencernaan yang bermanfaat dalam proses penurunan berat badan.

Bakteri penyebab bisul di dalam perut juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi pisang karena adanya senyawa yang bernama protease inhibitor.

Buah Berry

Buah untuk diet

Buah untuk diet selanjutnya adalah buah berry. Buah berjenis berry seperti stroberi, blueberry, blackberry, raspberry, dan boysenberries merupakan buah yang menyediakan begitu banyak nutrisi, termasuk antioksidan. Program diet dengan 2 cangkir buah perhari merupakan cara terbaik untuk memiliki tubuh yang kebal terhadap penyakit serta bisa melawan infeksi.

Blueberry sebagai sumber fitonutrien merupakan buah yang sangat direkomendasikan untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Selain itu, blueberry juga bermanfaat untuk membuat tubuh lebih awet muda dan meningkatkan memori jangka pendek.

Manfaat Utama Buah Untuk Diet

Antioksidan yang terdapat dalam buah bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan munculnya penyakit jantung dan kanker, dan juga dalam memerangi kerusakan sel yang diakibatkan radikal bebas.

Semua buah-buahan memiliki kandungan antioksidan, namun blueberry merupakan pilihan terbaik untuk diet karena kalorinya yang rendah serta dapat melindungi tubuh dari munculnya penyakit Alzheimer dan demensia.

Selain manfaat di atas, serat pangan dari buah juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah, mengatur fungsi usus dan yang paling penting adalah berkontribusi dalam proses penurunan berat badan.

Untuk satu buah apel terdapat 5 gram serat, sedangkan pada setengah cangkir pisang terdapat 9 gram serat, sementara pada raspberry dan blackberry dengan jumlah yang sama terdapat 4 gram serat.

***

Ada begitu banyak manfaat buah untuk diet sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memasukkan buah ke dalam daftar menu diet Anda.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment