≡ Menu

Beberapa Jenis Makanan Penambah Berat Badan

Banyak alasan dibalik keinginan seseorang untuk menambah berat badannya, entah itu untuk memperbaiki penampilan, memperbesar massa otot, meningkatkan kepercayaan diri, atau untuk alasan kesehatan.

Apapun yang melatar belakangi mereka sehingga ingin menambah berat badan, memiliki tubuh yang terlalu kurus memang tidak enak dilihat.

Makanan Penambah Berat Badan

Tanpa alasan medis, orang dengan tubuh yang kurus cenderung memiliki sistem metabolisme yang sangat cepat, sehingga sulit bagi mereka untuk menyerap sari-sari makanan. Hal inilah yang menyebabkan mereka sehingga kesulitan dalam meningkatkan berat badannya.

Nah, berikut 10 jenis makanan yang bisa membantu untuk meningkatkan berat badan kamu.

Daging Merah

Jika kamu memang ingin menambah berat badan, sebaiknya perbanyak konsumsi daging merah. Kamu bisa mencoba steak yang kaya protein dan zat besi.

Makanan Penambah Berat Badan

Daging Merah Bakar
© Jolita Marcinkene/depositphotos.com

Kamu sangat membutuhkan kandungan lemak dari setiap potongan daging tersebut. Selain itu, kamu bisa juga mengonsumsi daging sapi, iga, soto daging, dan lain sebagainya.

Susu Sapi Murni

Untuk kamu yang biasa minum susu, sebaiknya gantilah dengan susu sapi murni. Selain bisa membantu untuk menambah berat badan, susu sapi murni juga bernutrisi tinggi.

Agar bisa lebih menggugah selera, maka campurkanlah susu tersebut ke dalam sereal atau oatmeal. Untuk kamu yang senang minum kopi, maka jadikanlah susu sapi murni ini sebagai krimer.

Selai Kacang

Selai kacang memiliki lemak dan protein yang sangat cocok bagi kamu yang ingin lebih gemuk. Untuk 1 sdm selai kacang terdapat 4 gr protein dan 100 kalori.

Selai kacang

Selai kacang, makanan sehat penambah berat badan
© jedi-master/fotolia.com

Selai kacang juga kaya magnesium, folat, vitamin B3, dan E. Sebaiknya pilihlah produk selai kacang yang alami tanpa kandungan gula tinggi.

Buah-buahan Tropis

Buah-buahan tropis juga termasuk makanan penambah berat badan sehingga wajib untuk kamu konsumsi. Misalnya pisang, mangga, pepaya, dan nanas.

Selain meningkatkan berat badan, buah-buahan tersebut juga bisa memberikan kamu energi yang lebih.

Alpukat

Buah dengan warna hijau ini sangat efektif dalam memenuhi asupan lemak sehat. Buah alpukat juga memiliki kalori yang tinggi, termasuk asam folat, potasium, Vitamin B dan E.

Roti Gandum

Mengonsumsi roti secara rutin merupakan langkah yang sangat bagus untuk menambah berat badan, utamanya roti gandum murni.

Roti Gandum

Roti Gandum
© Maris Zemgalietis/depositphotos.com

Roti gandum tergolong lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan roti putih. Kelebihan serat dan berbagai mineral di dalam roti gandum akan membuat kamu merasa lebih kenyang dan juga menyehatkan pencernaan.

Mentega

Mentega bisa membuat makanan menjadi lebih nikmat dan berkalori. Kandungan lemak sehat yang tinggi di dalam mentega membuatnya baik untuk dikonsumsi. Jadikanlah mentega sebagai pengganti minyak goreng atau untuk menjadi lapisan pada roti kamu.

Kacang-kacangan

Makanan penambah berat badan yang juga wajib kamu konsumsi adalah kacang-kacangan. Ini merupakan camilan yang sehat dan bisa membantu untuk meningkatkan berat badan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
© jedi-master/fotolia.com

Meskipun kandungan nutrisi dari setiap kacang-kacangan itu berbeda, namun hampir semuanya bisa membantu untuk menambah berat badan.

Keju

Keju merupakan produk olahan yang sudah memiliki semua nutrisi dari susu murni. Maka dari itu, jadikanlah keju sebagai isi dari roti kamu atau menambahkannya ke dalam telur goreng. Selain itu, kamu bisa juga menjadikan keju sebagai camilan karena tinggi protein.

Kentang

Untuk mereka yang ingin menurunkan berat, maka karbohidrat merupakan hal yang harus dihindari.

Nah, sementara untuk kamu yang ingin menambah berat, maka karbohidrat adalah hal yang harus ditingkatkan. Intinya adalah dengan memilih karbohidrat yang mengandung banyak nutrisi.

Untuk itu, pilihlah kentang karena mengandung serat, vitamin C, dan protein yang tinggi. Akan semakin optimal jika kamu mengonsumsi kentang dengan kulitnya.

Pasalnya, saat kulit kentang dikupas, maka proteinnya akan ikut berkurang hingga setengah. Jadi, bersihkan kentang terlebih dahulu lalu rebus dan konsumsilah.

***

Selain dengan mengonsumsi makanan penambah berat badan di atas, kamu juga wajib melakukan olahraga yang rutin. Hal ini akan membantu agar sistem metabolisme tubuh kamu menjadi lancar yang kemudian akan diikuti oleh nafsu makan yang meningkat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment