≡ Menu

Makanan Sehat dan Baik yang Perlu Dikonsumsi Saat Menyusui

Perubahan bentuk tubuh yang terjadi selama periode kehamilan tidak akan hilang begitu saja setelah melahirkan, bahkan bisa semakin bertambah. Hal inilah yang membuat banyak ibu merasa kehilangan percaya diri akan bentuk tubuhnya setelah melahirkan.

Pada dasarnya, diet adalah pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Namun di sisi lain, kondisi sang ibu yang sedang menyusui akan memberatkan untuk menerapkan program diet.

Apalagi menyusui membutuhkan asupan makanan yang lebih agar produksi ASI bisa tetap lancar dan berkualitas.

Makanan Terbaik Saat Menyusui

Sebenarnya, Anda masih bisa menerapkan diet selama menyusui namun sebaiknya dilakukan jika sang bayi sudah berusia 2 bulan. Hal ini bertujuan agar asupan kalori sang bayi tidak terhambat di periode pertamanya.

Dalam program diet menyusui, kalori bukanlah yang harus dihilangkan namun dikurangi secara bertahap agar penurunan berat badan itu tidak berdampak terhadap kesehatan Anda dan juga si buah hati. Jika kondisi kesehatan Anda terganggu, maka bisa berdampak pada kualitas produksi ASI.

Maka dari itu, konsumsilah beberapa jenis makanan berikut yang akan memberikan nutrisi pada bayi sekaligus membantu untuk mengembalikan berat badan Anda seperti sebelumnya.

Baca juga: Makanan Sehat dan Baik Untuk Ibu Hamil

Beras Merah

Beras merah bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang sedang diet menyusui namun ingin tetap merasa kenyang. Kandungan karbohidrat kompleks yang ada di dalam beras merah sudah sangat cukup dalam memenuhi kebutuhan serat Anda.

makanan terbaik saat menyusui

Beras Merah, Makanan Alternatif Terbaik Untuk Ibu Menyusui
© Andrii Gorulko/depositphotos.com

Selain itu, beras merah juga rendah gula sehingga tidak akan menimbulkan kenaikan berat badan. Sumber karbohidrat kompleks itu sendiri bisa juga Anda dapatkan dari makanan lainnya seperti roti gandum.

Untuk pola makan, ada baiknya jika Anda tidak terpaku dengan konsumsi porsi besar sebanyak 3 kali sehari. Anda bisa makan dengan porsi kecil 3 kali sehari yang disertai dengan 2-3 kali makanan kecil atau cemilan.

Pola makan seperti ini akan membantu sistem metabolisme Anda tetap terjaga sepanjang hari sehingga Anda bisa membakar lebih banyak kalori dan lemak saat beristirahat.

Daging Sapi

Makanan terbaik saat menyusui yang juga wajib Anda coba adalah daging sapi. Mungkin banyak orang yang menjalani program diet akan menghindari konsumsi daging, namun untuk ibu yang sedang menyusui, konsumsi daging sangat membantu dalam proses tumbuh kembang bayi.

makanan terbaik saat menyusui

Pilihlah Daging Sapi yang Rendah Lemak
© Liliia Rudchenko/depositphotos.com

Konsumsilah daging yang rendah lemak sehingga penumpukan lemak di tubuh bisa diminimalkan. Agar proses pembakaran kalori bisa lebih banyak, maka pilihlah bagian has dalam dan luar sebagai alternatif konsumsi daging tanpa lemak.

Bayam

Pola makan selama menyusui bisa diseimbangkan dengan mengonsumsi lemak sehat, karbohidrat, dan protein. Untuk itu, masukkanlah bayam ke dalam menu harian Anda.

makanan terbaik saat menyusui

Mengkonsumsi Sayur Bayam
© Hywit Dimyadi/depositphotos.com

Bayam adalah jenis sayur yang memiliki kandungan serat, glutathione, dan alpha lipoic yang bisa memasok kebutuhan kalori harian. Selain mendapatkan asupan nutrisi yang baik, konsumsi bayam juga bisa membantu Anda untuk merasakan kenyang lebih lama.

Air Mineral

Jangan lupakan kecukupan air mineral Anda. Konsumsi air mineral yang cukup akan membantu Anda untuk menjalani program diet selama menyusui.

menu diet air putih

Mengkonsumsi Air Mineral yang Cukup Setiap Hari
(Foto: www.dietkualami.com)

Jika konsumsi air mineral bisa lebih teratur, maka nafsu makan Anda akan lebih terkontrol. Selain itu, air mineral juga membantu untuk meningkatkan energi saat Anda sedang menyusui.

Ikan Lele

Ikan lele adalah makanan terbaik saat menyusui yang juga wajib Anda masukkan ke dalam menu harian. Ikan lele memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga kebutuhan protein ibu menyusui akan tercukupi.

makanan terbaik saat menyusui

Ikan Lele, Salah Satu Makanan Terbaik Ibu Menyusui
(Foto: www.selerasa.com)

Selain itu, ikan lele juga mengandung lisin yang mana termasuk bagian dari 9 asam amino yang tentunya akan membantu pertumbuhan tulang bayi Anda. Hal yang lebih menguntungkan dari konsumsi ikan lele adalah dikarenakan ikan yang satu ini memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah sehingga tidak akan mempengaruhi kualitas ASI.

Anda bisa juga mengonsumsi jenis makanan laut lainnya seperti nila, salmon, kepiting dan udang karena mengandung sejumlah besar asam omega 3. Fungsi dari omega 3 itu sendiri adalah untuk menunjang perkembangan otak dan mata dari bayi Anda.

Coklat

Untuk urusan cemilan, sebaiknya jadikan coklat sebagai pilihan Anda saat sedang menyusui. Anda tidak perlu khawatir dengan cemilan seperti ini karena kandungan lemaknya tergolong baik sehingga tidak akan merusak program diet yang sedang dijalani.

makanan terbaik saat menyusui

Pilih Jenis Dark Coklat untuk Dikonsumsi
© Danny Kosmayer/depositphotos.com

Sebaiknya konsumsilah coklat jenis dark chocolate karena selain memiliki lemak sehat, coklat jenis ini tinggi akan antioksidan. Hindari pula cemilan yang mengandung banyak lemak jenuh. Selain akan merusak program diet Anda, cemilan seperti ini tidak baik bagi kesehatan, apalagi Anda sedang menyusui.

Konsumsi lemak yang tidak sehat itu akan mengubah kualitas dari ASI. Untuk itu, biasakan membaca label informasi dari makanan kemasan sebelum dikonsumsi.

***

Nah, itulah beberapa jenis makanan terbaik saat menyusui yang sebaiknya mulai Anda masukkan ke dalam menu harian. Dengan pola makan yang teratur, maka berat badan Anda akan kembali normal tanpa harus mengorbankan kebutuhan nutrisi sang buah hati.

{ 1 comment… add one }
  • rosidoang014 Friday, 27 May 2016, 21:32

    rosi

Leave a Comment