≡ Menu

Berikut Adalah Berbagai Makanan Sehat dan Baik Untuk Ibu Hamil

Periode awal kehamilan merupakan masa yang sangat genting bagi kondisi sang ibu maupun janin yang dikandung. Terlebih lagi, banyak calon ibu yang tidak menyadari bahwa ia sedang mengandung hingga usia kehamilan memasuki 12 minggu.

Padahal setelah memasuki usia kehamilan tersebut, janin sudah melewati masa penting untuk pertumbuhan otak dan sarafnya. Maka dari itu, seorang calon ibu haruslah mempersiapkan dirinya sedini mungkin dengan melakukan persiapan nutrisi yang cukup.

Baca juga: Beberapa Tips dan Cara Manjur Supaya Cepat Hamil

7 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Asupan makanan untuk ibu hamil juga tidak boleh sembarangan, namun harus makanan yang memiliki kadar gizi yang tinggi. Nah, di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para ibu hamil:

Susu dan produk olahannya

Susu kedelai

Susu dan produk olahannya

Produk-produk olahan susu sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk menjamin kebutuhannya akan protein dan mineral.

Baca juga: Berbagai Manfaat Super Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Protein memiliki fungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan jaringan baru bayi dan juga untuk pembentukan otot, memperbaiki jaringan rusak, dan mengoptimalkan transportasi oksigen ke janin. Produk olahan susu juga memiliki kandungan kalsium yang bisa membantu perkembangan tulang pada bayi.

Ada banyak jenis susu yang baik dikonsumsi seperti susu kedelai yang memiliki kandungan vitamin D yang banyak. Anda juga bisa mengkonsumsi susu skim yang mengandung lebih banyak kalsium, protein, dan vitamin B12 yang sangat diperlukan bagi ibu hamil.

Produk olahan susu yang juga bisa Anda coba adalah yoghurt, karena kaya akan kalsium namun rendah lemak.

Buah-buahan

Makanan untuk ibu hamil selanjutnya adalah aneka buah-buahan segar. Buah seperti apel dan pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai cemilan karena bisa menjaga kebutuhan energi tetap stabil.

Sayur dan Buah

Sayur dan Buah-buahan

Anda bisa mencoba berbagai varian seperti salad buah atau jus jeruk. Jus jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh agar bisa mencegah terjadinya infeksi serta meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa buah lainnya yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah pepaya, anggur, dan stroberi.

Sayuran hijau

Selain buah, sayuran hijau juga memiliki kandungan zat-zat yang sangat dibutuhkan bagi ibu dan janin. Sayuran seperti bayam sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk membentuk hemoglobin di dalam tubuh manusia.

Sayur-sayuran hijau

Sayur-sayuran hijau

Hemoglobin memiliki fungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh sel-sel tubuh sekaligus memberikan energi.

Ikan salmon

Kandungan protein, asam lemak, omega 3, dan juga kalsium pada ikan salmon membuatnya menjadi makanan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

Daging ikan salmon

Daging ikan salmon

Pada dasarnya, semua ikan dianggap bagus karena kaya akan protein omega-3 yang memiliki peranan penting dalam pembentukan otak janin. Hanya saja, kandungan merkuri di dalam ikan membuatnya berbahaya bagi kesehatan janin. Namun ikan salmon memiliki kandungan merkuri yang sangat sedikit, namun tetap harus dikonsumsi dalam batas wajar.

Beras merah

Dibanding dengan beras putih, beras merah lebih dianjurkan sebagai makanan untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan beras merah mengandung karbohidrat yang sangat kompleks.

Kandungan serat di dalam beras merah bermanfaat untuk mengurangi sembelit yang memang sering dialami pada awal kehamilan.

Brokoli dan kacang merah

Secara umum, wanita yang sedang hamil akan sangat rentan untuk kekurangan darah sehingga bisa membuatnya susah untuk melakukan aktivitas. Nah, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti brokoli dan kacang merah, maka masalah ini bisa diatasi.

Sereal oat

Sereal oat sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena sangat rendah lemak. Makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks ini juga berkhasiat untuk mengeluarkan racun yang tertinggal di dalam tubuh.

Sereal oat

Sereal oat

Sereal memiliki aneka mineral, karbohidrat, vitamin B dan kalsium yang cukup untuk memnuhi nutrisi bagi janin. Selain sereal, Anda juga bisa mengkonsumsi roti gandum utuh sebagai alternatif lain.

***

Sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan bagi ibu hamil, karena manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh sang ibu, namun juga bagi calon bayi. Pasalnya, apapun jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh sang ibu, maka makanan tersebut juga akan dicicipi oleh sang janin.

Semoga ulasan mengenai makanan untuk ibu hamil ini bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan menu sehari-hari selama menjalani masa kehamilan.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment