≡ Menu

Inilah Beberapa Manfaat Hebat Air Kelapa Untuk Ibu hamil

Air kelapa merupakan minuman yang bisa membantu tubuh untuk terhindar dari dehidrasi serta membuat tubuh menjadi lebih segar.

Air kelapa memiliki nutrisi serta keseimbangan elektrolit yang sama dengan darah, sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Begitu juga untuk wanita yang hamil, konsumsi air kelapa dapat menjaga kesehatan dari sang ibu dan bayi yang sedang dikandung.

Bahkan di beberapa daerah ada tradisi tertentu yang mengharuskan seorang ibu hamil untuk mengkonsumsi minuman ini, khususnya air kelapa hijau. Banyak yang percaya bahwa kebiasaan untuk mengkonsumsi air kelapa pada trimester ketiga kehamilan akan membuat cairan ketuban lebih bersih serta bayi yang dilahirkan akan memiliki kulit bersih, mata indah, dan rambut yang tebal.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu hamil

Secara medis, air kelapa memang memiliki kandungan zat yang berbeda jika dibandingkan dengan air yang ada pada jenis buah lainnya. Air kelapa sudah sangat terbukti dapat meningkatkan kesehatan bagi sang ibu yang sedang mengandung, dan secara tidak langsung juga akan menciptakan kesehatan bagi sang bayi.

Meskipun hingga kini masih belum ada penelitian yang berhasil mengungkapkan hubungan dari air kelapa muda dengan ibu hamil, tetapi sangat jelas bahwa zat-zat pada air kelapa muda dapat menjaga kesehatan sang ibu.

Kandungan Elektrolit Alami

Air kelapa muda merupakan cairan yang sangat kaya akan kandungan kalsium, elektrolit, kalium, magnesium, riboflavin, klorida, dan juga sodium. Dengan demikian, air kelapa bisa menjadi isotonik alami yang kaya akan mineral serta elektrolit cair yang tidak berbeda dengan kandungan cairan pada tubuh.

air kelapa hijau muda

air kelapa hijau muda

Hal ini kemudian membuat air kelapa bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan mampu memulihkan stamina bagi ibu hamil. Terlebih lagi seorang Ibu yang hamil membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan orang lain dalam keadaan normal.

Dehidrasi yang dialami saat masa kehamilan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, kram, edema, bahkan bisa mengurangi terjadinya kontraksi yang bisanya menjadi pemicu kelahiran prematur. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga tubuh dari kekurangan cairan dengan mengkonsumsi air kelapa.

Diuretik Alami

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil selanjutnya adalah sebagai diuretik alami (tekanan darah) yang steril. Air kelapa muda sudah terbukti dapat memperlancar proses dari pembuangan urin serta membantu untuk membersihkan saluran kemih.

Diuretik Alami

Diuretik Alami

Selain itu, air kelapa juga diyakini dapat membantu untuk membuang zat atau racun yang dihasilkan tubuh, sehingga dapat membantu untuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih yang sudah sangat umum dialami oleh ibu hamil.

Anti Penyakit

Dengan kandungan senyawa asam laurat pada air kelapa, membuat cairan ini berfungsi untuk melawan berbagai penyakit. Bahkan kandungan asam laurat yang ditemukan dalam air kelapa memiliki kesamaan karakteristik dengan ASI, yaitu sebagai anti bakteri, anti virus, dan anti jamur.

Hal ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan sang ibu dan bayi dari serangan berbagai virus berbahaya seperti herpes, protozoa giardia lamblia, HIV, dan klamidia heliokobater.

Membantu Pencernaan

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang lainnya adalah untuk meningkatkan fungsi dari pencernaan. Hal ini sangat dibutuhkan mengingat saat periode kehamilan, plasenta akan memproduksi hormon progesteron yang bisa memperlambat kinerja dari lambung sehingga membuat gangguan pencernaan serta kontraksi dari otot menjadi lambat. Konsumsi air kelapa sendiri sudah terbukti dapat membantu untuk meningkatkan proses pencernaan.

Meningkatkan HDL

Manfaat terakhir dari air kelapa adalah untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Hal ini sangat dimungkinkan karena air kelapa hanya mengandung sedikit lemak dan kolesterol.

**

Nah, itulah beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang menjadikan minuman tropis alami ini sangat dianjurkan bagi Anda para wanita hamil.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment