≡ Menu

Tujuh Ragam Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Kemangi yang berarti tumbuhan beraroma ini memiliki nama latin Ocimum Basilicum. Hal ini merujuk pada aroma khas yang dikeluarkan dari daun kemangi tersebut.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan – Di Indonesia sendiri daun kemangi lebih sering digunakan sebagai pelengkap berbagai jenis masakan untuk menambah aroma agar menggugah selera. Salah satunya adalah pepes atau lalapan.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata daun kemangi juga bermanfaat bagi kesehatan, bahkan sangat baik sekali bagi pasangan suami istri. Penasaran dengan manfaat yang terkandung dalam daun kemangi? Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Inilah 5 Makanan Penambah Kesehatan Reproduksi Pria Perkasa

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

manfaat daun kemangi

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria dan Wanita.

Meredakan Demam dan Masuk Angin

manfaat daun kemangi

Berkhasiat Meredakan Demam dan Masuk Angin

Daun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin yang diderita oleh balita. Caranya adalah dengan mengambil beberapa daun kemangi segar, lalu diremas bersama dengan minyak kelapa serta bawang merah, kemudian dioleskan ke bagian perut, dada, serta punggung.

Menyehatkan Mata dan Mulut

Vitamin A yang dimiliki daun kemangi segar ini juga memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi pada mata, meredakan mata yang stress, dan mencegah gangguan pada mata yang lainnya.

Bukan hanya itu saja, selain daun mint, daun kemangi ini pun juga memiliki efek yang sangat menyegarkan bagi mulut bila dikonsumsi.

Melancarkan ASI

Daun kemangi segar juga dipercaya bisa mencegah bau badan dan juga bau mulut, serta melancarkan ASI. Anda dapat memanfaatkan daun kemangi tersebut sebagai lalap teman makan nasi putih hangat dan sambal.

Anti Inflamasi

Daun kemangi adalah agen anti inflamasi yang bertugas untuk menyembuhkan bengkak dan redakan radang sendi. Daun kemangi ini juga termasuk sumber kalsium yang sangat baik yang memang sangat dibutuhkan tulang untuk cegah osteoporosis.

Menopouse

Daun kemangi bisa menunda menopouse sebab kandungan zat triptofan yang ada pada daun kemangi tersebut dapat menunda monopause. Oleh sebab itulah, silakan Anda perbanyak konsumsi daun kemangi bila Anda ingin menunda masa menopouse.

Mencegah Batuk

Di Thailand sendiri, daun kemangi ini digunakan sebagai bumbu masak, sedangkan di India dan Afrika, daun kemangi ini diseduh jadi teh. Teh daun kemangi disajikan pada saat pergantian musim, ketika masyarakat setempat mudah sekali terserang penyakit batuk, pilek, atau pun demam.

Merangsang Sel Telur

Bagi Anda pasangan suami istri yang sudah lama berencana untuk mendapatkan momongan tetapi hingga kini masih belum diberi momongan, caranya mudah sekali yaitu cukup dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin setiap hari.

manfaat daun kemangi

Membantu dan mempercepat proses pematangan sel telur.

Hal ini dikarenakan, daun kemangi dapat membantu proses pematangan sel telur atau ovulasi, sebab kandungan zat stigmaasterol yang ada di dalam kemangi mampu merangsang pematangan sel telur tersebut.

***

Demikianlah beragam manfaat daun kemangi untuk kesehatan pria dan wanita yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment