≡ Menu

Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut Beruban, Lakukan Langkah-Langkah Berikut

Uban pada rambut merupakan hal yang lumrah terjadi pada manusia, hal ini sangat sering terjadi pada usia tua yang dikenal dengan istilah uban alamiah. Akan tetapi, rambut beruban juga bisa muncul pada usia mudia yang disebut dengan uban prematur.

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya rambut beruban. Namun secara umum hanya dibedakan menjadi dua saja, faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor-faktor intrinsik penyebab terjadinya uban antara lain seperti gangguan hormon, genetik, enzim, atau bisa juga disebabkan karena usia.

Sementara faktor ekstrinsik lebih disebabkan karena racun (toksin) yang berasal dari penggunaan produk perawatan rambut seperti shampo atau pewarna rambut. Pengaruh lingkungan seperti perubahan iklim dan tingkat polusi udara yang tinggi juga dapat membuat rambut terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia yang dapat merusak folikel rambut.

Cara Mencegah Rambut Beruban

Mencegah rambut beruban bisa dimulai dengan menjaga kesehatan rambut. Merawat kesehatan rambut bisa dilakukan dengan diet yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi pada rambut.

Baca: Rahasia dan Tips Kuruskan Badan, Paha, Lengan, dan Pipi Secara Alami

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B6 dan asam folat akan membuat kadar enzim katalase dalam tubuh menjadi lebih meningkat sehingga kebutuhan nutrisi pada rambut terpenuhi.

Merubah gaya hidup dengan menghindari kebiasaan merokok dan meminum alkohol juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut sehingga bisa mencegah terjadinya uban. Pola hidup yang sehat seperti berolahraga juga sebaiknya diterapkan walaupun hanya sebentar namun rutin dilakukan.

Jika anda adalah orang yang tidak bisa meninggalkan penggunaan produk pewarna rambut, usahakan untuk memilih pewarna rambut yang memiliki banyak kandungan bahan alami.

perawatan rambut beruban

Sementara bagi anda yang memiliki resiko beruban karena faktor genetik, dibutuhkan perhatian secara intensif bagi rambut anda. Mengkonsumsi vitamin rambut atau mencoba menyuburkan rambut dengan bahan alami bisa dijadikan sebagai alternatif.

Cara Mengatasi Rambut Beruban

Bagi anda yang sudah terlanjur memiliki uban, sebaiknya evaluasi gaya hidup anda selama ini. Apakah anda orang yang sering menggunakan pewarna rambut? Atau anda adalah seorang perokok? Jika ya, rubahlah pola hidup anda mulai sekarang.

Berikan perhatian lebih pada rambut anda dengan mengkonsumsi vitamin yang mengandung katalase. Namun hal ini tidak akan menyembuhkan uban begitu saja, diperlukan waktu dan perawatan yang rutin untuk bisa mengembalikan kesehatan rambut.

Anda juga bisa mencoba beberapa perawatan alami untuk rambut yang akan membantu mengurangi laju pertumbuhan uban seperti:

  1. Perawatan pada rambut bisa dilakukan dengan menggunakan campuran secangkir teh yang pekat dengan 1 sdm garam. Gunakan campuran kedua bahan ini pada rambut secara merata, diikuti dengan memberikan pijatan pada kulit kepala. Diamkan kurang lebih selama 1 jam, lalu bilas tanpa menggunakan shampo.
  2. Campuran dari air jeruk nipis dan minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan keramas. Berikan pijatan hingga ramuan ini meresap ke kulit kepala dan akar rambut, diamkan selama 15 menit lalu bilas.
  3. Untuk rambut yang sudah beruban, anda bisa memanfaatkan daun pacar rambut untuk menghitamkan rambut. Jemur daun pacar rambut hingga kering, lalu tumbuk dan larutkan pada air. Ramuan ini bisa anda gunakan sebagai semir rambut yang bisa menutupi uban.
  4. Hal terakhir yang bisa anda lakukan untuk menghambat pertumbuhan uban adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Hal ini bisa terpenuhi dengan mengkonsumsi vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B, zat besi, zinc dan protein nabati.

sesudah dan sebelum

**

Semoga ulasan mengenai cara mencegah dan mengatasi rambut beruban ini bisa memberikan anda tambahan wawasan dan memberikan inspirasi.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment