≡ Menu

Langkah-Langkah Mengatasi Pacar yang Posesif, Egois, dan Over Protektif

Kemanapun kamu pergi, pacarmu akan selalu menaruh rasa curiga. Bagaimana mengatasi pacar yang posesif ini? Ketika kamu hanya menghabiskan waktu bersama teman, ia akan menuduh kamu melakukan hal-hal yang menjurus ke perselingkuhan.

Baca: Ciri-CIri Kamu Jatuh Cinta pada Orang yang Salah.

Hal-hal seperti ini hanya akan berujung pada sebuah pertengkaran dari masalah yang sebenarnya sangat sepele. Situasi inilah yang sebenarnya dikatakan dengan posesif, sebuah situasi dimana seseorang akan lebih cenderung untuk percaya pada emosinya dibanding dengan logika.

Langkah-Langkah Mengatasi Pacar yang Posesif

Untuk menghadapi pacarmu yang memiliki sifat posesif, ada beberapa langkah yang sebaiknya kamu terapkan.

Cara Mengatasi Pacar yang Posesif

Cara Mengatasi Pacar yang Posesif

Meyakinkan Dari Rasa Curiga

Umumnya, sifat posesif akan muncul seiring timbulnya rasa tidak aman yang bisa dipicu oleh beragam faktor. Bisa jadi, ia begitu sayang kepada kamu sehingga ia menjadi takut jika suatu saat ia akan kehilangan kamu. Bisa juga karena ia memiliki trauma dengan hubungannya di masa lalu karena pernah dikhianati, atau karena adanya masalah psikologis sehingga membut pikirannya tidak bisa tenang.

Yakinkan dari Rasa Curiga

Yakinkan dari Rasa Curiga

Oleh karena itu, kamu dituntut agar bisa berbicara secara lebih serius dan meyakinkan pacarmu bahwa kamu memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk menjalin hubungan dengannya. Yakinkan dirinya bahwa kamu akan selalu menjadi yang terbaik dan tidak pernah sedikitpun berniat untuk melukai hatinya sehingga ia tidak perlu memiliki rasa khawatir yang berlebihan.

Berdiri Sendiri

Jangan hanya karena rasa sayang dan takut bertengkar sehingga kamupun menjadi pribadi yang menurut dengan pacar. Dalam artian, kamu tidak boleh mengikuti permintaannya yang menyangkut kepentingan pribadi, seperti password sosial media, pin ATM, atau dengan membiarkannya memeriksa isi sms atau email kamu.

Berdirilah sendiri, karena setiap orang membutuhkan privasinya sendiri, bahkan untuk mereka yang sudah berkeluarga sekalipun.

Untuk itu, cobalah menjelaskan hal ini dengan pacarmu sehingga ia bisa mencoba untuk menjadi pribadi yang lebih mengerti lagi. Dengan demikian, kamu tidak perlu bersemnbuyi atau berbohong lagi jika memang ada urusan penting dengan orang lain yang kebetulan adalah lawan jenismu.

Ini merupakan cara yang tepat untuk menunjukkan sikap bahwa kamu adalah orang yang jujur. Selain itu, kamu juga tidak wajib untuk selalu membalas setiap pesan singkatnya layaknya seperti seorang customer service.

Kenalkan dengan Temanmu

Mengatasi pacar yang posesif juga bisa dilakukan dengan mengajaknya untuk berkenalan dengan teman-temanmu. Baik itu bersama teman main, teman kantor, atau siapapun itu.

Baca: Cara Berkenalan seperti Terlihat Biasa.

Meskipun pacarmu tidak akan ikut untuk bergaul dengan teman-temanmu, tapi dengan mengenal lingkungan pergaulanmu, maka ia akan merasa lebih aman lagi.

Kenalkan dengan Teman-Teman Kamu

Kenalkan dengan Teman-Teman Kamu

Sebaiknya tunjukkan bahwa kamu memang memiliki lingkungan pergaulan yang luas bahkan dengan lawan jenis sekalipun. Namun pastikan pula bahwa kamu bukanlah tipikal orang yang mudah beralih ke lain hati.

Hal ini juga bisa menjadi ajang bagimu untuk menunjukkan kemampuan untuk mengontrol sikap saat bergaul dengan lawan jenis.

Luangkan Waktu Bersama

Mungkin saat ini kamu sudah selalu berusaha untuk menjalin komunikasi dan membatasi diri dengan sifat posesif dari pacarmu. Namun sekarang cobalah agar bisa membuat pacarmu menjadi lebih rileks lagi dengan meluangkan waktu bersama. Keluarlah bersama meskipun hanya untuk sekedar nonton atau makan.

Baca: Cara Membuat Pria Penasaran.

Kalian juga bisa mencoba untuk liburan bersama, olahraga bareng, atau sekedar masak bareng. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengisi waktu bersama dengan melakukan napak tilas terhadap masa lalumu ketika sedang dalam masa PDKT, karena hal ini justru bisa menjadi sesuatu yang lucu.

Luangkan Waktu Bersama

Luangkan Waktu Bersama

Usahakan agar bisa melakukan hal-hal yang mengasyikkan bersama sehingga bisa membuatnya menjadi lebih senang. Ketika hatinya bisa lebih senang, maka biasanya pikirannya juga akan ikut menjadi tenang.

Bisa jadi hal ini menjadi langkah untuk memupuk percaya dirinya sehingga ia merasa lebih aman lagi dan terhindar dari kecenderungan menjadi orang yang posesif. Pastikan pula untuk melemparkan pujian kepadanya, biar ia bisa selalu ingat hal-hal yang membuatmu jatuh cinta kepadanya.

Mengakhiri Hubungan

Jika kamu sudah melakukan segala cara di atas namun ternyata sifat dan cara berpikirnya tetap tidak bisa dirubah, maka mungkin kini sudah saatnya untuk mengakhiri hubungan. Bukan tanpa alasan, pasalnya usaha untuk membuatnya menjadi pribadi yang lebih positif ternyata hanya membuatnya semakin merasa tidak aman dan justru mulai mengekang.

Baca juga: Tanda-Tanda Kamu Sudah Tidak Cocok dengan Si Dia.

Di sini, kamu memiliki hak untuk memiliki hubungan yang sehat, hak untuk menjadi orang yang dewasa dan tidak membuatnya menjadi capek.

***

Sekian tips untuk mengatasi pacar yang posesif yang sekiranya bisa membantumu untuk menghadapi pacar yang memiliki sifat seperti ini.

{ 9 comments… add one }
  • Merlin Sunday, 15 October 2017, 07:12

    Cowokku oveer posesif bngt , dkit” curiga , gag percayaan _akku prgi kmna hruss kasih bukti. Sruhh ftoin buktinya , dkit” marah gag jlz ,, akku prgii sama tmen gag boleh .akku blz chat agak lama akku dkira chat an ama cwok lain _dikira main sma cwok lain … Jujur … Akkku capekk akku lelahh

  • Ida Monday, 25 September 2017, 19:08

    Hmm cowo aku orangnya super2over protektif Banget

  • Ida Monday, 25 September 2017, 19:07

    Hmm cowo aku super2 over protektif…yh gtuh massa aku gk boleh main sm tmn2

  • shanti Friday, 28 July 2017, 11:20

    aq mmpunyai pcar yg sngat posesif Dan egois,… tpi itu smua dia lakukan krna tkut khilangan ,… jujur dulu aq tkut skali ktika dia marah2 gk jlas tpi aq yakin klau dia syank sma aq.

  • bambong dewe Sunday, 23 July 2017, 20:55

    saya terlalu egois mudah emosi tpi jujur apa adanya dan penyayang cuman dianya ngc pernah tau

  • lisa zahra Thursday, 25 May 2017, 19:29

    Siamiku orng super posesif.. awal’y q tdk nyamn.seiring berjaln’y wktu q sadar.ia adlh pria setia,penyayang dn jg romantis.ia seperti itu hny krn tkut khilangan. Dn q bersyukur dkarunia i pria sebaik dia. Sifat’y yg posesif dn mudh ngambek q anggap itu adlh kekurangan’y. Buat ap memikirkan 1 kekurangan’y bila ia memiliki berjuta klebihan. I love u pa2h.

  • WL Sunday, 14 May 2017, 16:29

    pacarku posesifnya kebangetan, tiap mau ke mana ke mana harus bilang sama dia terus ditanyain sama siapa dan mau ngapain? tiap chatnya ga dibales sebentar langsung pikirannya saya lagi chattingan sama cowo lain padahal lagi nonton drama korea. tiap ngobrol dikit sama temen kerja yang cowo langsung nanya apa yang diobrolin padahal dianya sendiri suka ngobrol sama temen kerja cewenya. egois dan posesif

  • Nisa Friday, 17 February 2017, 09:25

    Saya orang yg posesif stadium 4 …. ini terjadi karna saya LDRan dgn cwok saya.. saya merasa takut kehilangan cwok saya, saya mncintainya scara brlebihan.. saya tdk prnh komunikasi lwt sosmed , dlu prnh dgn sosmed tpi bgitu posesif sya mncul saya mlarang dya pkek sosmed agar dya tdk bsa komunikasi dgn wnita lain.. jdi ya gini saya komunikasi hnya lwt sms.. stiap kali dia lama blz sms dr saya, sya lngsung marah dan mkir dia sms,an dgn cwek lain. saya ingin jdi prioritas utama dia… ini yg mmbuat saya ingin sgera dia nikahi sja agar dia tdk bsa knal cwek lain & saya tdk khawatir lgi akan gerak-gerik dia. dan utk mngurangi sifat posesif saya, nampaknya saya hrus ke psikolog… soalnya udh brbagai cara saya lakukan utk mngurangi posesif ini tpi tdk mempan , mlah mkin berkobar Posesif saya ini krna akhir² ini dia hnya bsa sdikit mluangkan wktunya buat saya dgn alasan dia ingin kumpul² dgn kluarganya slain sibuk kerja. dan byasanya dia bsa mluangkn wktunya hnya mlm hri klewat jm stengah 10an .. itu pun sngat sdkit bgiku krna gk lma psti dia ktiduran krna kecapek.an.

  • agi caka h. Friday, 9 September 2016, 21:31

    Aku merasa hidup ini sulut dilalui

Leave a Comment