≡ Menu

Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami, Tampil Menawan Tanpa Resiko

Perawatan serta penataan rambut yang rutin adalah kunci untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Namun penataan rambut seperti pewarnaan, keriting, atau catok ternyata bisa menyebabkan rambut kehilangan nutrisinya sehingga menjadi terlihat kusam.

Meskipun rambut bukan termasuk bagian vital dalam sistem tubuh, namun rambut juga harus mendapatkan perhatian dan perawatan yang intensif. Bagi hampir semua orang, penataan pada rambut mungkin setiap hari dilakukan, namun perawatan kesehatan terhadap rambut adalah hal yang sering dilupakan.

Baca: Cara Terbaik Merawat Rambut Keriting

Orang yang memiliki aktifitas padat di luar ruangan cenderung lupa untuk melakukan perawatan rambut. Padahal dalam kesehariannya, orang seperti ini akan banyak melakukan kontak dengan sinar matahari, polusi, atau cuaca yang berubah-ubah. Bahkan bagi mereka yang kerja di dalam ruangan, udara dari ruangan yang ber-AC juga bisa membuat rambut menjadi kering atau bercabang karena mudah kehilangan nutrisi.

Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Bercabang

Untuk kondisi rambut yang bercabang, sangat sulit untuk mengembalikannya ke kondisi yang semula. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan memotong bagian ujung pada rambut yang bercabang.

Namun sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi rambut bercabang secara alami. Cara ini sangat sederhana sehingga bisa digunakan bagi mereka yang memiliki aktifitas yang padat.

Madu Lebah

Madu Lebah untuk Jerawat

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah dijadikan bahan kondisioner untuk mengatasi rambut yang bercabang. Menggunakan madu sebagai kondisioner akan menghasilkan rambut yang lebih lembap serta mampu mengembalikan kilau rambut.

Madu sangat bagus untuk dijadikan pengganti kondisioner anda selama ini karena tidak memiliki bau yang amis. Setelah anda mencucui rambut, gunakan madu seperti halnya ketika anda menggunakan kondisioner lalu diamkan selama 3 menit dan bilas hingga bersih.

Anda bisa melakukan cara ini sekitar 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang sehat dan tidak bercabang.

Minyak Alami

Minyak Kelapa

Melakukan keramas terlalu sering sebenarnya tidak baik untuk kesehatan rambut karena hanya akan menghilangkan minyak alami pada rambut. Namun anda bisa mengembalikan minyak alami pada rambut dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Minyak yang bersifat alami ini berfungsi untuk melembapkan rambut. Anda bisa menggunakan minyak alami dengan mengoleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata disertai dengan pijatan selama 30-60 menit. Perawatan ini sebaiknya dilakukan sebelum anda mencuci rambut sehingga rambut tidak akan terlihat lepek.

Mayonaise

mayonaise

Mayonaise yang lebih dikenal sebagai pelengkap makanan ini ternyata bisa juga digunakan untuk mengatasi rambut bercabang secara alami. Ini dikarenakan bahan dasar mayonaise yang terbuat dari telur, sehingga memiliki kandungan lemak dan protein yang bagus untuk memenuhi nutrisi rambut.

Oleskan mayonnaise pada rambut anda secara merata dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah anda mencuci rambut, anda akan merasakan hasil yang sama ketika melakukan creambath di salon. Rutin mengoleskan mayonaise minimal seminggu sekali akan menyehatkan rambut secara bertahap.

Hindari Keramas Berlebihan

Keramas

Rambut bercabang disebabkan karena rambut telah kehilangan nutrisi serta minyak alaminya. Oleh karena itu, hindarilah melakukan keramas secara berlebihan. Atur jadwal untuk melakukan keramas, paling tidak 2-3 kali dalam seminggu.

Keramas yang dilakukan setiap hari hanya akan membuat rambut anda semakin mudah patah dan bercabang, karena rambut sudah kehilangan nutrisi serta minyak alaminya.

***

Selain cara di atas, anda juga harus pandai dalam memperlakukan rambut yang masih basah. Rambut yang basah dan bercabang merupakan kombinasi yang sangat buruk, oleh karena itu hindarilah menyisir rambut yang masih basah. Jika anda memiliki rambut yang tebal, gunakanlah sisir yang bergigi jarang.

Semoga cara mengatasi rambut bercabang secara alami ini bisa dijadikan sebagai referensi bagi anda yang ingin mencegah atau mengatasi rambut yang bercabang.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment