≡ Menu

Inilah Tips Cara Mengatasi Rasa Takut Ketika Berbicara di Depan Umum

Kemampuan untuk berbicara di depan umum jelas akan berdampak sangat positif bagi seseorang. Apalagi jika kemampuan ini bisa ditunjukkan di dalam sebuah rapat atau kegiatan-kegiatan tertentu.

Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum – Namun sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan hal ini, bahkan berbicara di depan umum tergolong sebagai sesuatu yang menakutkan. Maka tak heran jika banyak orang yang lebih memilih untuk diam saja dibanding harus mengeluarkan pendapatnya.

Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Nah, jika kamu ternyata mengalami hal seperti ini, ada beberapa tips yang bisa membuatmu keluar dari zona tersebut.

Baca juga: Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Waktu Singkat

Melawan Rasa Malu

Alasan terbesar dari seseorang menjadi takut mengeluarkan pendapatnya di depan umum adalah rasa malu. Rasa malu ini bisa diatasi dengan menganggap bahwa semua orang yang ada di depan kamu adalah sama.

Sekalipun mereka memiliki jabatan yang berbeda-beda, namun tetap sampaikan opinimu selama masih dalam konteks pembahasan. Orang yang ada di depanmu tidak jauh berbeda denganmu.

Mereka menghirup oksigen yang sama dengan kamu. Jadi tidak ada alasan bagi kamu untuk merasa malu kepada mereka. Rasa malu ini juga bisa kamu lawan dengan menganggap orang-orang yang ada di depanmu sebagai seorang sahabat.

Hal ini akan membuatmu merasa lebih santai saat berbicara. Sekalipun kamu mengalami kesalahan saat berbicara, tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, mereka adalah teman-temanmu yang memaklumi bahwa kamu masih belajar untuk berbicara di depan umum.

Ajukan Pertanyaan

Jika posisi kamu adalah peserta rapat atau diskusi, cobalah ajukan pertanyaan yang memang tidak kamu mengerti. Masalahnya, banyak orang yang merasa bahwa ia akan dianggap bodoh jika mengajukan pertanyaan seperti ini.

mengatasi rasa takut berbicara di depan umum

Mengajukan Pertanyaan
(Foto: http://tipskarir.com)

Padahal, dengan melakukan hal ini kamu sudah mulai terbiasa untuk berbicara di depan umum. Jika kamu sudah terbiasa untuk bertanya di dalam sebuah rapat, maka nantinya kamu juga akan mulai terbiasa untuk berbicara. Saat berada pada kondisi ini, kamu akan menyadari bahwa tidak begitu sulit untuk berbicara di depan umum.

Persiapan Sebaik Mungkin

Mengatasi rasa takut berbicara di depan umum bisa juga dilakukan dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Hal ini menyangkut materi yang akan dibawakan, peralatan pendukung, dan juga penampilan kamu. Jika semuanya sudah siap, maka awali presentasi dengan penuh kehati-hatian.

mengatasi rasa takut berbicara di depan umum

Mempersiapkan diri sebaik mungkin
(Foto: http://tipskarir.com)

Jika kamu bisa menguasa materi dengan baik, maka kamu bisa memperdiksi seperti apa suasana yang akan terjadi nantinya. Selain itu, persiapan yang cukup juga bisa memberikan dampak positif terhadap psikologis kamu sehingga kamu akan merasa lebih baik lagi.

Gaya Sendiri

Kamu wajib berbicara dengan gayamu sendiri, bukan dengan meniru orang lain atau tokoh-tokoh besar lainnya. Jika kamu meniru mereka, berarti kamu sudah menjadi sosok imitasinya.

Artinya, cobalah untuk berbicara secara lebih santai, menarik, dan sopan ala dirimu sendiri sehingga suasana akan menjadi lebih kondusif dan bisa kamu kontrol.

Kontak Mata

Berbicara di depan umum entah itu sebagai penanya atau pembicara, dibutuhkan kontak mata dengan lawan bicara. Jangan membuang pandangan dengan lawan bicara kamu, karena hanya akan menunjukkan karaktermu yang tidak percaya diri.

Kontak mata yang kamu lakukan ini akan membuat jalannya komunikasi terasa lebih nyaman. Kontak mata ini juga bisa menjadi pertanda bahwa kamu adalah orang yang sangat menghargai lawan bicara.

Latihan Berbicara

Kamu bisa memulai latihan berbicara di depan umum dengan lingkup yang lebih kecil. Misalnya pada pertemuan keluarga, teman, atau dalam rapat-rapat lingkungan sekitar.

Latihan seperti ini akan membuat mental kamu terasah sehingga memiliki percaya diri yang tinggi saat menghadapi orang dalam jumlah yang lebih banyak lagi.

Berdoa

Teknik ini sebenarnya tergantung pada pribadi setiap individu. Namun faktanya, berdoa bisa membuat seseorang merasa lebih tenang dan menghilangkan perasaan canggungnya.

mengatasi rasa takut berbicara di depan umum

Berdoa telebih dahulu
(Foto: http://tipskarir.com)

Untuk itu, cobalah berdoa terlebih dahulu sebelum kamu berbicara di depan umum. Hal ini akan memberi kamu semacam getaran positif yang secara tidak sadar akan membuatmu lebih berani berbicara.

***

Intinya, untuk berbicara di depan umum dibutuhkan tiga faktor utama, yaitu persiapan, teknik, dan juga latihan. Dengan menerapkan tips mengatasi rasa takut berbicara di depan umum ini, maka kamu akan memperoleh ketiga faktor utama tersebut.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment