≡ Menu

Lima Cara Mengobati Ambeyen (Wasir) Dengan Bahan Alami

Sebenarnya mengatasi ambeyen akan lebih mudah jikalau diaplikasikan secara rutin dan teratur. Dimana dimulai dari metode perawatan dalam hingga luar.

Apalagi dalam tindakan untuk menjaga maka diperlukan pola makan dengan asupan menu makanan yang mengandung serat dan nutrisi baik bagi tubuh. Hal ini tentu bertujuan agar proses buang air besar (BAB) menjadi lebih ringan dan lancar.

Ambeyen lebih dikenal dengan wasir yang merupakan penyakit pembengkakan di bagian bibir anus. Biasanya pada bagian tersebut akan membentuk suatu benjolan kecil di daerahnya.

Untuk menyembuhkan ambeyen secara alami bisa menggunakan tanaman obat yang mampu memperbaiki fungsi-fungsi organ atau jaringan rusak penyebab wasir.

Beberapa cara pengobatan ambeyen dengan bahan alami ada di bagian bawah ini.

Cara Mengobati Ambeyen Dengan Bahan Alami

1.Daun Jambu Biji

ambeyen

Menggunakan daun jambu biji

Daun jambu biji memang biasa digunakan untuk mengobati penyakit ambeyen. Jadi, jangan anggap bahwa daun jambu biji hanya bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit perut.

Jika anda termasuk pengidap ambeyen disarankan mengonsumsi ramuan yang satu ini.

Adapun caranya dengan mengambil pucuk daun jambu biji yang masih segar. Kemudian tumbuk halus dengan menambahkan pisang batu. Peras airnya untuk dikonsumsi secara teratur.

2. Daun Sosor Bebek

ambeyen

Menggunakan daun sosor bebek

Tanaman hias bernama daun sosor bebek ternyata berfungsi untuk meredakan gejala ambeyen.

Cukup 50 lembar daun sosor bebek dan dikeringkan di atas sinar matahari. Setelah itu, dilakukan penumbukan sampai halus layaknya bubuk.

Lalu ambil 1 sendok makan bubuk sosor bebek untuk diseduh bersama ¾ gelas air panas dan 1 sdm madu murni.

Aduk-aduk hingga merata dan minum selagi masih hangat. Gunakan ramuan obat ini 3 kali dalam sehari secara rutin.

3. Lempuyang Wangi

ambeyen

Menggunakan lempuyang wangi

Lumpayang wangi merupakan tanaman yang biasanya diberikan untuk anak cacingan dan obat sakit maag. Meskipun demikian, tanaman ini juga dapat disuguhkan bagi para penderita ambeyen.

Sebelumnya siapkan ¾ jari lempuyang wangi dan cuci hingga bersih. Kemudian diparut halus, tambahkan 2 sdm air masak dan garam secukupnya. Barulah diperas airnya untuk dikonsumsi sebanyak 1 sdm dengan aturan 2 kali sehari.

4. Tanaman Adas

ambeyen

Menggunakan tanaman adas

Ada beberapa bahan lainnya yang akan diolah bersama tanaman adas sebagai obat ambeyen.

Sediakan dahulu 3 sendok teh adas, 10 cm pulasari dan 5 pucuk daun jambu klutuk. Cuci bersih seluruh bahan dan memarkan.

Kemudian rebus ke dalam 2 gelas air sampai mendidih atau sisakan 1 gelas saja. Air rebusan ini dikonsumsi 2 kali sehari setiap pagi dan malam hari.

5. Akar Jeruk Nipis

ambeyen

Menggunakan akar jeruk nipis

Terakhir yang bisa membantu menyembuhkan ambeyen adalah bahan alami dari akar jeruk nipis.

Setidaknya anda harus mengambil akar jeruk nipis sebanyak 15 hingga 20 gram dan bahan tambahan berupa daun ungu 10-15 gram.

Cara pengolahannya dengan merebus bersama 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Selanjutnya diminum ½ gelas per harinya agar ambeyen yang diderita cepat sembuh.

***

Demikianlah informasi penting tentang cara mengobati ambeyen dengan bahan alami yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment