≡ Menu

Tips Menguruskan Badan Setelah Melahirkan

Memiliki seorang bayi merupakan sebuah kesempurnaan bagi seorang perempuan. Hidup seorang perempuan akan memasuki tahap yang baru ketika memiliki seorang bayi, dan hal ini merupakan impian semua kaum hawa. Rasa senang serta rasa haru yang bercampur menjadi satu merupakan sesuatu yang tidak bisa digambarkan.

Namun dibalik itu semua, ada kecemasan yang siap melanda bagi mereka yang baru saja melahirkan. Apalagi jika bukan persoalan bentuk tubuh.

Setelah melahirkan, seorang perempuan akan memiliki perubahan drastis pada tubuhnya, seperti paha yang semakin membesar atau munculnya lipatan-lipatan lemak pada bagian perut.

Bentuk tubuh yang berubah menjadi lebih besar merupakan hal yang wajar dialami bagi para ibu yang baru melahirkan. Namun hal ini sepertinya tidak terjadi dengan mereka para selebritis atau para publik figur yang habis melahirkan. Tubuh mereka terlihat tidak mengalami perubahan atau setidaknya mereka bisa mengembalikan bentuk tubuh mereka seperti sebelumnya dengan sangat cepat.

Lantas, bagaimana caranya mereka melakukan hal-hal seperti itu?

Tips menguruskan badan setelah melahirkan berikut ini tentu saja tidak sama dengan apa yang para selebritis lakukan, namun setidaknya hal ini akan memberikan hasil yang tidak kalah bagusnya.

Atur pola makan, bukan berdiet

Atur Pola Makan

Kesalahan dasar yang sering dilakukan oleh para ibu yang baru melahirkan adalah melakukan diet. Diet sangat dilarang karena posisi Anda sedang menyusui, dimana sang bayi sangat memerlukan asupan nutrisi yang cukup.

Baca: Pola Makan Diet yang Tepat

Hal ini bisa diganti dengan mengatur pola makan. Konsumsilah banyak sayuran karena tidak mengandung banyak kalori sehingga tubuh Anda tidak akan menimbun banyak lemak. Selain itu, sayuran juga sangat bagus untuk menghasilkan air susu yang bernutrisi. Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang tidak sehat seperti gorengan atau minuman bersoda.

Tanpa meninggalkan unsur penampilan tubuh Anda, langkah seperti ini adalah hal yang sangat penting agar kesehatan sang bayi bisa terjaga.

Jangan terlalu terobsesi memiliki tubuh yang langsing secara ekstrim karena hanya akan membahayakan kondisi sang bayi. Oleh karena itu, aturlah pola makan Anda, bukan dengan berdiet.

Menyusui sang Bayi

Menyusui

Tips menguruskan badan setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan menyusui. Banyak perempuan yang menghindari menyusui secara langsung karena takut bentuk tubuhnya akan berubah atau payudaranya akan kendor. Hal ini hanyalah sebuah rumor yang tidak bisa dibuktikan kebenarnanya.

Yang paling benar adalah, dengan menyusui justru bisa membuat berat badan Anda menjadi lebih cepat turun. Hal ini dikarenakan saat menyusui, tubuh akan membakar kalori sekitar 600 kal per hari.

Selain untuk memberikan asupan nutrisi bagi bayi, ASI yang dikeluarkan juga akan membuat berat tubuh Anda berkurang dan tentu saja mempermudah untuk mendapatkan tubuh yang langsing kembali.

Olahraga Rutin

Mother running with baby in stroller on city bridge

Olahraga yang disertai aktivitas fisik lainnya sangat dianjurkan bagi ibu yang baru melahirkan dan menginginkan tubuh yang langsing dengan cepat. Namun sebaiknya pulihkan tenaga terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan ini.

Seorang ibu yang baru melahirkan akan merasakan energinya terkuras habis, namun hal ini bisa segera dipulihkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan. Ikan sangat bermanfaat untuk memulihkan kesehatan otak dan psikis bagi ibu yang baru melahirkan.

Selain itu, susu juga sangat baik dikonsumsi untuk memulihkan tenaga karena kaya akan kalsium sehingga membantu untuk memperkuat tulang.

baca: Badan Langsing dengan Senam Pilates

Setelah tenaga Anda sudah terasa pulih kembali, mulailah berolahraga yang diawali dengan aktivitas yang ringan terlebih dahulu. Anda juga sebaiknya mencoba program relaksasi yang akan membuat tubuh serta pikiran Anda bisa kembali dalam kondisi optimal.

**

Itulah sedikit tips menguruskan badan setelah melahirkan yang bisa Anda coba. Tapi ingat, kesehatan bayi adalah hal yang paling penting jika hanya dibandingkan dengan bentuk badan sang ibu.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment