≡ Menu

Menu Diet Rendah Kolesterol, Diet Sehat Ringan dan Mudah

Secara umum, diet merupakan kata yang selalu berhubungan dengan pemikiran untuk menahan rasa lapar. Diet pada dasarnya adalah sebuah program yang dirancang untuk mengurangi berat badan dengan cara-cara yang berbeda, tergantung tujuan dan kondisi kesehatan yang melakukan diet.

Baca: Macam-Macam Buah Untuk Mendukung Diet Sehat Alami

Terkadang ada diet yang memang memaksa orang untuk mengkonsumsi makanan jenis tertentu saja. Hal ini tentu akan meyiksa bagi mereka yang tidak suka dengan jenis makanan tersebut. Ada pula diet yang justru menghilangkan menu tertentu, hal ini jelas salah karena tubuh setiap harinya membutuhkan asupan nutrisi untuk bisa beraktivitas.

Diet kadang menjadi pilihan berat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, karena diet dianggap sebagai sesuatu yang menyiksa. Pola pikir yang menganggap menu diet selalu berhubungan dengan rasa makanan yang tidak enak serta porsi makanan yang terbatas adalah hal yang salah.

Ada begitu banyak menu diet yang bisa menggugah selera, sehingga orang yang menjalankan diet tersebut tidak akan merasa tersiksa. Diet tetap bisa dilakukan dengan menikmati makanan yang lezat asalkan dalam hitungan dan ukuran yang tepat, salah satunya adalah dengan diet rendah kolesterol.

Menu Diet Rendah Kolesterol

Diet rendah kolesterol bisa dimulai di pagi hari dengan sarapan cepat yang terdiri dari biji-bijian atau produk segar. Konsumsilah jeruk segar di pagi yang akan membantu pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih optimal. Selain itu, konsumsi juga oatmeal tanpa gula dengan susu tanpa lemak, makanan ini akan memberikan serat yang tinggi namun rendah akan kalori.

Buah Jeruk

Buah Jeruk

Dalam diet rendah kolesterol, serat menjadi komponen yang penting karena bisa menyapu bersih racun dan endapan kolesterol yang ada dalam tubuh. Sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi 5 gr hingga 10 gr serat harian yang akan membantu dalam menurunkan kolesterol. Selain oatmeal, serat larut juga bisa didapatkan dari satu mangkuk bubur gandum karena sudah mengandung sekitar 2 gr serat larut.

Kandungan serat yang tinggi juga bisa didapatkan dari buah-buahan seperti stroberi, apel, alpukat, dan anggur. Selain itu, kacang-kacangan seperti walnut, almond, dan hazelnut juga memiliki kandungan serat yang tinggi, bahkan bisa mengurangi kolesterol hingga 5 %.

Makanan non kolestrol

Makanan non kolestrol

Untuk hidangan utama, menu diet rendah kolesterol bisa dilakukan dengan memilih makanan yang padat berenergi. Hal ini bertujuan agar jumlah kalori dalam tubuh bisa dijaga dalam level yang rendah. Jenis makanan seperti sayuran hijau, buah berry dan buah melon sangat dianjurkan karena memiliki kandungan air yang tinggi namun kalori yang sedikit.

Sedangkan untuk sumber protein, pilihlah makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang-kacangan seperti sup kacang, sup miju-miju, atau roti kacang. Sebagai pelengkap makanan utama, buah alpukat bisa dijadikan pilihan.

Dalam melaksanakan diet rendah kolesterol, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ringan seperti cemilan sekitar dua atau tiga kali sehari. Hal ini bertujuan untuk menjaga energi saat beraktivitas sekaligus menghindari keinginan untuk makan berlebih saat memasuki jam makan.

Namun hal yang harus diperhatikan adalah dengan mengkonsumsi cemilan sehat seperti kerupuk gandum, sepotong keju dalam ukuran kecil, semangkuk campuran buah, atau selada yang akan memberikan rasa kenyang untuk waktu yang lama sehingga nafsu makan bisa terkontrol.

**

Nah, demikianlah menu diet rendah kolesterol yang bisa Anda coba tanpa harus merasa tersiksa dengan rasa dan varian makanan. Diet tetap bisa dijalankan dengan mengkonsumsi makanan yang lezat asalkan kandungan gizi dan kalorinya diperhatikan.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment