≡ Menu

Mengenal dan Mengintip Model Baju Tradisional Cina (Tionghoa)

Cina atau Tionghoa merupakan Negara yang sangat terkenal akan budayanya yang unik dimana selalu ada unsur seni di setiap elemennya. Tak heran jika banyak sekali warga non keturunan Tionghoa yang begitu menyukai budaya mereka, bahkan untuk Negara yang di luar Asia sekalipun.

Hal ini semakin ditunjang dengan banyaknya warga keturunan Tionghoa yang menetap di berbagai belahan Dunia, sehingga sangat membantu mereka untuk memperkenalkan budaya dari para leluhurnya.

akta ini sangat bisa terlihat di dalam pakaian tradisional mereka yang sudah sangat familiar di dalam industri fashion dunia.

Model Baju Tradisional Cina

model fashion tionghoa

Model Baju Tradisional Cina (Tionghoa)

Untuk para wanita, dikenal sebah istilah Cheongsam yang merujuk pada arti pakaian panjang. Nama Cheongsam ini sendiri diambil dari dari dialek warga Guangdang yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Namun di daerah lain seperti Beijing, pakaian tradisional ini justru disebut sebagai Qipao.

Pada awal perkembangan bangsa Manchu yang masih di dalam pemerintahan Dinasti Qing, wanita-wanita bangsa Manchu mulai mengenakan pakaian Qipao.

fashion cina yang mirip kebaya

fashion cina yang mirip kebaya

Sekalipun kekuasaan dari bangsa Manchu ini hanya sebentar saja, namun tradisi untuk mengenakan pakaian Qipao ini tetap bertahan hingga saat ini. Nah, dari sinilah awal dari perkembangan pakaian tradisional bangsa China.

model baju cina atau tionghoa 1

model baju cina atau tionghoa 1

Saat ini, pakaian tradisional Tionghoa sudah sangat terkenal dan begitu disukai oleh berbagai bangsa di dunia. Bukan hanya di Indonesia, bahkan masyarakat di Amerika dan Eropa sekalipun begitu menyukai baju yang satu ini.

Kepopuleran dari Cheongsam mungkin dikarenakan desainnya yang begitu fleksibel sehingga bisa digunakan untuk menghadiri berbagai acara yang santai ataupun formal sekalipun.

Selain itu, baju ini juga sangat menonjolkan aspek kesederhanaan serta kerapihan bagi penggunanya. Untuk pembuatannya sendiri tergolong tidak terlalu sulit.

model baju cina atau tionghoa 2

model baju cina atau tionghoa 2

Model baju tradisional Cina (Tionghoa) sangat terkenal dengan penggunaan warna merah. Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat Cina bahwa warna merah bisa mendatangkan sebuah keberuntungan dan juga kesejahteraan.

Seiring dengan berkembangnya dunia fashion, baju Cheongsam ini juga sudah menggunakan warna-warna yang lain seperti hitam, putih, dan juga biru.

model baju cina atau tionghoa 3

model baju cina atau tionghoa 3

Untuk motif, pakaian Cheongsam juga tergolong sangat variatif. Ada yang menggunakan motif naga, bunga, ikan, dan berbagai macam bentuk. Penggunaan dari motif yang berbeda-beda ini memiliki sebuah arti yang berbeda-beda pula, seperti:

  • Untuk motif bunga peony, memiliki sebuah arti dari kemakmuran dan juga kesejahteraan.
  • Sementara motif bunga lotus menggambarkan sebuah kecantikan bagi pemakainya.
  • Penggunaan motif naga bisa menjadi sebuah lambang kekuatan.

Dan motif ikan menjadi sebuah lambang keberuntungan yang diharapkan bisa menghampiri pemakainya.
Sementara untuk penggunaan bahan, baju tradisional Cina ini menggunakan bahan yang juga berbeda-beda, mulai dari sutra, brokat, hingga latin.

Penggunaan dari bahan-bahan inilah yang kemudian menjadi kunci utama yang membuatnya tampak sangat mewah dan menawan saat dikenakan.

fashion merah yang populer

fashion merah yang populer

Sangat penting untuk memperhatikan bahannya, karena nantinya akan disesuaikan dengan acara yang dihadiri. Untuk acara yang lebih bersifat santai misalnya, sebaiknya kenakan baju Cheongsam yang memiliki bahan satin dan katun.

***

Cheongsam merupakan pakaian yang tidak hanya memperhatikan aspek penampilan, namun ada nilai dan makna tertentu di dalam setiap desainnya.

Hal inilah yang membuatnya memiliki keunikan tersendiri dan sangat mudah untuk diterima di dalam setiap budaya bangsa.

Semoga informasi mengenai model baju tradisional Cina (Tionghoa) yang kami berikan di atas bisa menambah pengetahuan Anda mengenai dunia fashion serta membuat Anda memiliki banyak opsi dalam berpenampilan.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment