≡ Menu

Olahraga Penurun Berat Badan Di Rumah

Jika kamu merasa memiliki berat badan yang berlebih, maka gym merupakan tempat yang tepat untuk kamu kunjungi selain dengan melakukan diet.

Namun mengunjungi pusat kebugaran bukanlah hal yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Ada banyak kendala yang bisa menghalangi seseorang sehingga tidak memiliki waktu melakukan latihan di tempat gym.

Olahraga Penurun Berat Badan Di Rumah

Olahraga Penurun Berat Badan Di Rumah
© Igor Mojzes/depositphotos.com

Sembilan Olahraga Penurun Berat Badan Di Rumah

Jika kamu termasuk orang yang tidak bisa selalu ke tempat gym, maka lakukanlah latihan tersebut di rumah saja.

Gym bukanlah satu-satunya tempat yang bisa membantu untuk mempercepat proses penurunan berat badan, karena kamu masih bisa melakukannya di rumah asalkan dengan latihan yang tepat.

Lantas, seperti apakah jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang bisa kita lakukan di rumah? Berikut diantaranya:

Baca Juga: Senam Pilates Untuk Menurunkan Berat Badan

Push Up

Gerakan yang sangat familiar. Posisikan tubuh kamu dengan berbaring telungkup, kemudian kuatkan tangan dan kaki.

Setelah itu, angkat tubuh kamu hingga sejajar dengan lantai. Turunkan kembali badan kamu ke lantai dan lakukan secara berulang-ulang.

Squats

Olahraga yang satu ini juga bisa dilakukan tanpa menggunakan alat apapun. Cukup dengan menempatkan tangan di atas kepala kemudian secara perlahan turunkan tubuh ke posisi duduk dengan tangan yang sejajar ke arah depan.

Olahraga Squats

Olahraga Squats
© Lana Spasojevic/depositphotos.com

Usahakan untuk melakukan gerakan ini secara cepat dengan bantuan keseimbangan dari tangan.

Sit Up (Crunches)

Membakar lemak yang ada di perut sangat efektif jika dilakukan dengan sit up. Baringkan tubuh kamu di atas lantai dan letakkan tangan di belakang kepala.

Secara perlahan, angkat kepala, pinnggang, dan badan kamu ke posisi duduk dan segera kembali pada posisi tidur.

Menaiki Anak Tangga

Sebenarnya, olahraga penurun berat badan di rumah bisa pula dilakukan dengan hal-hal yang kecil, misalnya saja menaiki anak tangga.

Tidak perlu mencari tangga yang tinggi, cukup dengan membiasakan diri kamu menaiki beberapa tingkat tangga yang dijumpai di rumah atau kantor.

Jika ukuran tangga tersebut hanya sedikit, maka siasati dengan melakukan gerakan maju mundur untuk beberapa kali hitungan.

Spot Jogging

Jogging adalah olahraga yang berjenis kardio sehingga sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Untuk di dalam rumah, kamu bisa menggunakan treadmill.

Namun jika hal ini tidak memungkinkan, maka pilihlah area di rumah kamu yang cukup luas dan memungkinkan kamu berlari di tempat. Lakukan hal ini seakan-akan kamu menggunakan treadmill.

Jumping Jack

Jumping jack yang sangat terkenal pada gerakan senam SKJ jaman dahulu ini ternyata cukup bagus untuk menurunkan berat badan. Usahakan agar kamu melakukan latihan ini di tempat yang nyaman sehingga kamu lebih efektif dalam melakukan lompatan.

Saat kamu melompat, posisikan kaki secara rapat kemudian lompat ke posisi kaki terbuka yang disertai dengan tepuk tangan di atas kepala.

Dance

Dance adalah aktivitas yang terkesan fun namun ternyata bisa pula membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan gerakan dance yang menuntut tubuh bergerak secara keseluruhan sehingga pembakaran lemak itu akan terjadi secara menyeluruh pula.

Jika kamu ingin melakukannya di dalam rumah, pastikan untuk memindahkan segala furnitur di ruangan tersebut. Setelah itu, putar musik dan goyangkan tubuh kamu.

Skipping

Skipping atau loncat tali juga tergolong menyenangkan untuk dilakukan. Kamu cukup mencari tempat yang tidak terlalu luas seperti di taman, teras, atau balkon lalu lakukanlah lompat tali ini.

Dips

Untuk melakukan olahraga ini, kamu cukup bertumpu pada meja, kursi, tempat tidur, atau benda-benda lainnya yang mampu menahan tekanan.

Setelah itu, posisikan tubuh kamu seperti saat push up dan lakukan dengan bertumpu pada benda-benda tersebut, bukannya pada lantai.

***

Nah, itulah beberapa olahraga penurun berat badan di rumah yang sangat mudah untuk dilakukan. Pastikan untuk menerapkannya secara rutin sehingga proses penurunan berat badan yang sedang kamu jalani bisa memuaskan.

{ 1 comment… add one }
  • nuryanto Saturday, 1 April 2017, 15:14

    ……………………

Leave a Comment