≡ Menu

Olahraga Untuk Mengecilkan Lengan yang Cepat dan Efektif

Bentuk lengan yang terlalu besar tentu saja akan membuat penampilan kita terkesan kurang proporsional. Ya, lengan yang bergelambir memang kurang enak dilihat. Meskipun hal ini bisa diakali dengan pakaian yang sedikit besar dan tertutup, namun kita tidak bisa selalu melakukannya bukan?

Nah, untuk kamu yang memang sangat dipusingkan dengan masalah ukuran lengan yang besar ini, maka kami memiliki solusinya, yaitu dengan melakukan olahraga khusus.

Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Lengan

olahraga untuk mengecilkan lengan

Lengan Bergelambir Akan Menurunkan Tingkat Kepercayaan Diri
(Foto: www.stylecraze.com)

Ada beberapa jenis olahraga yang memang didesain untuk menguatkan otot-otot pada lengan. Jadi, jika kamu rutin melakukannya, bukan hanya ukuran lenganmu yang terlihat lebih kecil, namun bentuknya juga yang akan lebih ideal.

Berikut beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan sebagai usaha untuk mengecilkan lengan.

Baca juga: Tips Kuruskan Badan, Paha, Lengan, dan Pipi Secara Alami

Theraband Squat

Untuk melakukan olahraga ini, kamu harus menyiapkan alat bantu berupa theraband. Setelah itu, taruh theraband di lantai dan injak pada bagian tengah. Pegang bagian ujung dari kedua sisi theraband tersebut.

olahraga untuk mengecilkan lengan

Gerakan Theraband Squat
(Foto: gethealthyu.com)

Lakukan gerakan pertama dengan menarik nafas yang diikuti dengan menekuk kedua lutut hingga posisi paha bisa sejajar dengan alasnya. Tahan posisi tangan kamu untuk beberapa saat, kemudian buang nafas sembari meluruskan posisi tubuh.

Wall Push Up


Wall push up
merupakan gerakan modifikasi dari push up. Jika umumnya push up dilakukan di lantai, maka gerakan wall push up dilakukan pada tembok atau dinding. Ini merupakan gerakan yang akan memusatkan latihan pada lengan bagian atas.

Letakkan tangan kamu ke permukaan tembok atau dinding dan pastikan bahwa tembok tersebut benar-benar kuat untuk menahan bebanmu nantinya. Atur jarak kaki dan lengan kamu sekitar tiga jengkal dan lakukanlah gerakan layaknya saat kamu push up.

olahraga untuk mengecilkan lengan

Gerakan Wall Push Up
(Foto: www.stylecraze.com)

Lakukan gerakan ini dengan tempo yang cukup teratur hingga lengan kamu sudah terasa pegal. Apabila gerakan ini membuat kamu merasa kurang nyaman, maka segera berhenti dan jangan memaksa tubuh kamu. Tingkatkan intensitas ketika kamu benar-benar sudah bisa.

Triceps Push Up

Olahraga untuk mengecilkan lengan yang satu ini hampir mirip dengan wall push up, namun yang menjadi tumpuan kali ini adalah lantai. Gerakan ini sendiri agak berbeda dengan push up yang regular, sekalipun kamu bertumpu pada lantai.

Untuk melakukannya, arahkan jari-jari tangan kamu agar bisa saling berhadapan. Setelah itu, lakukan gerakan mendorong seperti saat kamu melakukan push up.

Weighted Punch

Weighted punch dilakukan dengan bantuan alat berupa barbel. Pegang barbel tersebut kuat-kuat lalu angkat setinggi mungkin secara bergantian.

olahraga untuk mengecilkan lengan

Gerakan Weighted Punch
(Foto: www.thesocial.ca)

Pastikan bahwa selama mengangkat barbel tersebut, punggung kamu bsia tetap tegak dengan posisi kaki yang sedikit terbuka. Lakukan gerakan ini secara berulang hingga kamu merasa cukup. Jika tangan kamu terasa sakit, sebaiknya hentikan gerakan tersebut.

Alternating Curls

Sama seperti weighted punch, olahraga ini juga menggunakan alat berupa barbel. Genggam barbel pada kedua tangan kamu dan tempatkan pada bagian samping badan. Setelah itu, angkat tubuh kamu dengan membuka kaki agak lebar dan tekuk lutut kamu sedikit.

olahraga untuk mengecilkan lengan

Gerakan Alternating Curls
(Foto: www.sparkpeople.com)

Secara sederhana, tugas kamu adalah mengangkat barbel tersebut hingga posisi tanganmu bisa sejajar dengan bahu. Lakukan secara bergantian antara tangan yang kanan dan kiri. Alternating curls itu sendiri tergolong gerakan dengan barbel yang sangat mudah untuk dilakukan.

Shoulder Press

Masih menggunakan barbel, posisikan tubuh kamu dengan kaki yang terbuka lebar. Setelah itu, angkat barbel dengan kedua tangan dan tarik tangan kamu ke arah bahu secara perlahan. Ulangi gerakan ini secara berulang hingga kamu merasa cukup.

olahraga untuk mengecilkan lengan

Gerakan Weighted Punch
(Foto: www.thesocial.ca)

***

Sekian informasi kami mengenai olahraga untuk mengecilkan lengan. Semoga dengan menerapkan olahraga di atas, bentuk lengan kamu yang besar dan bergelambir bisa segera terlihat lebih ideal. Selamat mencoba!

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment