≡ Menu

Sembilan Jenis Olahraga Untuk Tranformasi Perut Buncit menjadi Seksi

Bagi kebanyakan orang, perut yang buncit adalah hal yang memalukan dan pertanda bahwa pemilik tubuh tersebut tidak merawat tubuhnya. Selain itu, perut yang buncit juga akan membuat kita kesulitan dalam mengenakan pakaian, utamanya yang berdesain ketat.

Semua orang menyadari akan hal ini, namun mengecilkan perut bukanlah perkara yang mudah. Apalagi tumpukan lemak pada bagian yang satu ini memang tergolong banyak sehingga butuh usaha ekstra untuk merampingkan bentuknya.

Baca juga: Tiga Latihan Sederhana Untuk Membentuk Otot Perut

Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Jika kamu memiliki perut buncit, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan diet yang ketat disertai dengan olahraga yang rutin. Pasalnya, diet yang ketat masihlah belum cukup untuk mengecilkan perut jika kamu belum menyertainya dengan olahraga.

Nah, berikut ini sejumlah olahraga yang sangat efektif dalam mengecilkan perut.

Berjalan atau Berlari

Tidak ada salahnya untuk membiasakan diri kamu berjalan ke tempat-tempat yang sebenarnya masih bisa dijangkau. Kebiasaan seperti ini memang tergolong kecil, namun setidaknya tubuh kamu tetap aktif bergerak yang tentunya akan memberikan kontribusi terhadap proses pengecilan perut.

tips mengecilkan perut setelah melahirkan

Jogging, Salah Satu Cara yang Paling Efektif untuk Membakar Kalori
© Leandro Crespi Nuñez/depositphotos.com

Tanpa disadari, kebiasaan berjalan bisa membuat tumpukan lemak di dalam perutmu terbakar sedikit demi sedikit. Sementara jika kamu memiliki waktu yang lebih, maka gunakanlah untuk melakukan olahraga lari.

Berjalan atau Berlari tidak hanya akan mengurangi tumpukan lemak di perut, namun bisa juga memperbaiki bentuk paha dan betismu. Dalam artian lain, latihan ini akan membentuk tubuh kamu menjadi lebih atletis.

Bersepeda

Mengecilkan perut bisa juga dilakukan dengan olahraga yang santai dan mengasyikkan, misalnya bersepeda. Selain efektif, hal ini juga terasa menyenangkan karena kamu bisa menikmati bersepeda itu.

Bersepeda selama 30 menit sudah bisa membantu kamu untuk membakar sekitar 300 kalori. Jadi, biasakanlah untuk bersepeda di waktu luang kamu.

Bicycle Exercise

Jenis olahraga untuk mengecilkan perut buncit yang satu ini diperuntukkan bagi kamu yang tidak memiliki sepeda. Cukup dengan membaringkan tubuh ke lantai kemudian posisikan tangan di belakang kepala.

Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Angkat Kedua Lutut ke Arah Dada Sambil Mengangkat Kepala
© Mariia Margulis/depositphotos.com

Setelah itu, angkat kedua lutut ke arah dada sambil mengangkat kepala dengan posisi pundak yang tetap menempel di lantai. Sentuh lutut kiri kamu dengan menggunakan sikit kiri, lalu lakukan secara bergantian. Ulangi gerakan ini seakan-akan kamu sedang mengayuh sepeda.

Sit Up

Sit up adalah gerakan yang sangat populer layaknya push up. Gerakan ini bisa menjadikan otot perut bekerja dengan keras sehingga tumpukan lemak di dalamnya bisa rontok.

Namun sayangnya, gerakan ini tergolong berat untuk sebagian orang. Maka dari itu, mintalah bantuan dari orang lain untuk menahan kaki kamu agar kamu bisa menarik tubuh ke depan dengan lebih mudah.

Back Up

Gerakan back up merupakan kebalikan dari sit up. Lakukan dengan posisi tengkurap kemudian gerakkan tubuh bagian atas ke bawah. Untuk lebih memudahkan, kamu bisa meminta bantuan orang lain agar menahan kaki kamu sehingga lebih mudah dalam menggerakkan tubuh.

Vertical Leg Crunch

Jenis olahraga untuk mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah vertical leg crunch yang juga mirip dengan sit up. Berbaringlah dengan tangan yang ada di belakang kepala.

Latihan Vertical Leg Crunch

Vertical Leg Crunch
© Mihai Blanaru/depositphotos.com

Setelah itu, angkat kaki kamu kemudian silangkan di udara. Pada posisi ini, usahakan agar pundak dan kepala kamu masih ada di lantai. Selama kaki di udara, tarik tubuhmu ke depan lalu ulangi semampu kamu.

Ball Crunch

Ball Crunch merupakan olahraga yang membutuhkan alat bantu berupa bola besar. Saat berada di atas bola tersebut, lakukanlah gerakan sit up.

Sikap Lilin

Baringkan tubuh kamu di lantai, lalu angkat kaki ke atas hingga perut terangkat. Setelah itu, tahan tubuh kamu menggunakan kedua tangan dalam beberapa saat. Lanjutkan dengan menurunkan perut dan angkat kembali. Lakukan gerakan ini secara berulang.

Latihan Angkat Lilin

Latihan Angkat Lilin
© Markus Gann/depositphotos.com

Elliptical Trainer

Latihan yang terakhir ini bisa kamu temukan di tempat gym. Secara teknis, latihan ini menggabungkan manfaat dari jalan kaki dengan naik tangga.

Aerobics elliptical walker trainer group at gym

Aerobics elliptical walker trainer group at fitness gym workout
© Tono Balaguer Sl/depositphotos.com

Bukan hanya membentuk otot pada bagian bawah, namun elliptical trainer juga akan menguatkan bagian atas otot tubuh kamu.

***

Nah, itulah beberapa jenis olahraga untuk mengecilkan perut buncit yang tidak ada salahnya kamu coba. Ingat, latihan tersebut tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika kamu hanya melakukannya satu dua kali saja. Untuk itu, lakukan olahraga di atas dengan rutin dan konsisten.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment