≡ Menu

Olahraga untuk Mengecilkan Pinggang dengan Cepat

Memiliki bentuk tubuh yang ramping, utamanya pada bagian pinggang, berkaitan langsung dengan bagiamana seseorang dalam mengatur pola makan dan juga pola hidupnya.

Pasalnya, kegiatan-kegiatan yang rutin dilakukan setiap harinya memiliki kontribusi besar terhadap bagaimana bentuk pinggang itu nantinya. Nah, salah satu kegiatan itu adalah olahraga.

Olahraga Untuk Mengecilkan Pinggang

Mengecilkan pinggang bukanlah perkara mudah, namun hal ini justru terasa sangat mudah untuk mereka yang sudah terbiasa berolahraga.

Terbiasa melakukan olahraga yang khusus melatih otot-otot pada perut secara otomatis akan memperbaiki bentuk perut dan pinggang. Selain itu, olahraga kardio seperti berlari atau bersepeda juga sangat baik dalam membentuk pinggang.

Agar bisa membentuk pinggang yang lebih ramping, kami sangat menganjurkan kamu untuk melakukan beberapa latihan seperti lari, yoga, serta menghindari kebiasaan ngemil.

Baca juga: 8 Rahasia dan Tips Kuruskan Badan, Paha, Lengan, dan Pipi Secara Alami

Hindari Ngemil

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin memiliki pinggang ramping adalah menghentikan kebiasaan ngemil. Kebiasaan ini memang tergolong sering terjadi di luar kontrol, utamanya saat duduk di depan TV.

Ngemil hanya akan membuat tumpukan lemak di area pinggang kamu semakin banyak. Untuk itu, kamu harus selalu bergerak agar pembakaran lemak itu bisa terjadi.

olahraga untuk mengecilkan pinggang

Stop Ngemil!
© Suprijono Suharjoto/depositphotos.com

Membakar lemak sekalipun hanya dalam jumlah kecil adalah hal yang sangat baik sebagai langkah awal untuk memiliki pinggang yang ramping. Jika memungkinkan, lakukanlah latihan yang sedikit berat seperti push up, skot jump, atau sit up.

Jogging

Jika kamu memang memiliki waktu yang lebih untuk berolahraga, maka jadikanlah jogging sebagai pilihan lain dalam membakar lemak di area pinggang. Apabila kamu tidak bisa melakukannya setiap hari, cukup dengan 3-4 kali seminggu dengan durasi minimal 15 menit.

olahraga untuk mengecilkan pinggang

Jogging yang Teratur Setiap Hari
© Martin Mark Soerensen/depositphotos.com

Jika kamu merasa bosan dengan berlari, kamu bisa menggantinya dengan bersepeda. Bersepeda memiliki efektifitas yang sama dengan jogging karena melatih otot pada bagian pinggang, betis, dan juga paha.

Yoga

Olahraga untuk mengecilkan pinggang yang sangat kami anjurkan adalah yoga. Bow pose merupakan salah satu gerakan di dalam yoga sangat baik untuk membentuk pinggang.

olahraga untuk mengecilkan pinggang

Bow Pose
© Kostiantyn Postumitenko/depositphotos.com

Caranya dengan memposisikan tubuh secara tengkurap, lalu pegang jari-jari kaki kamu sembari mengangkat dada dan kepala. Selama melakukan gerakan ini, usahakan agar paha kamu masih menyentuh lantai.

Usahakan pula untuk bisa mengatur nafas kamu selama melakukan gerakan ini. Bukan hanya baik pada pinggang, bow pose juga baik dalam melatih paha, perut, dan dada.

Selain bow pose, ada pula gerakan yoga yang dikenal dengan nama camel pose atau posisi unta. Posisikan tubuh kamu dengan berlutut kemudian lengkungkan tubuh ke belakang.

olahraga untuk mengecilkan pinggang

Camel Pose
© Eugene Feygin/depositphotos.com

Kamu bisa bertumpu pada tangan yang memegang kaki. Seperti halnya bow pose, teknik ini bisa membantu untuk menjadikan bagian pinggang, lengan, dada, dan perut menjadi lebih kencang.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Yoga

***

Pada dasarnya, mengecilkan pinggang harus dibarengi dengan proses menurunkan berat badan. Kamu tidak bisa membentuk pinggang tanpa menjalani program penurunan berat badan.

Artinya, kamu membutuhkan motivasi, keyakinan, serta konsistensi dalam melakukan hal-hal di atas. Tanpa adanya ketiga aspek dasar tersebut, maka usaha kamu dalam mengecilkan pinggang akan tergolong sangat berat.

Secara umum, selain dengan melakukan olahraga, mengecilkan pinggang itu harus pula disertai dengan pola hidup yang sehat seperti dengan pengaturan pola makan.

Baca juga: Pola Makan Diet yang Tepat, Menuju Berat Ideal

Jika kamu bisa menjalankan pola makan yang baik dan disertai dengan olahraga yang rutin pula, maka bukan hanya pinggang yang ramping yang akan kamu dapatkan, melainkan bentuk tubuh yang ideal secara keseluruhan.

Nah, semoga informasi mengenai olahraga untuk mengecilkan pinggang di atas bisa membantu kamu untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Selamat mencoba!

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment