≡ Menu

Tips Pengobatan Alami Jerawat Kista

Jerawat kista merupakan masalah pada wajah yang harus ditangani secara hati-hati. Apalagi jika Kamu memutuskan untuk menggunakan obat-obatan kimia atau bahan-bahan yang bersifat alergen. Hal ini dikarenakan jerawat kista bersifat sangat sensitif sehingga mudah mengalami peradangan.

Jerawat kista adalah jenis jerawat yang kemunculannya dalam bentuk peradangan nodul. Untuk mengatasinya, banyak orang yang menggunakan obat topikal antibiotik.

Baca juga: Benarkah jerawat hadir karena cinta dipendam

Meskipun hal ini terbukti bekerja, namun akan lebih efektif lagi jika Kamu menggunakan metode yang bersifat alami. Tapi jika jerawat kista yang dialami sudah dalam tingkat yang parah, maka harus ditangani dengan bantuan sepesialis.

Tips Pengobatan Alami Jerawat Kista

Tips Pengobatan Alami Jerawat Kista

Penanganan Pengobatan Alami Jerawat Kista

Apabila jerawat kista terjadi masih tergolong ringan, maka pengobatan alami sangat dimungkinkan untuk dilakukan. Pengobatan ini sendiri lebih bersifat untuk mengatur pola hidup atau kebiasaan hari-hari sebagai bentuk pengobatan dari dalam tubuh.

Membersihkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang rusak menjadi penyebab utama dari munculnya jerawat kista. Maka dari itu, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan sistem pencernaan.

Membersihkan Sistem Pencernaan

Membersihkan Sistem Pencernaan

Kamu bisa memulainya dengan mengatur pola makan dimana Kamu hanya mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur, termasuk biji-bijian. Untuk memperbaiki sistem pencernaan, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jeruk dan semangka.

Baca juga: Pola makan yang sehat

Makanan-makanan seperti ini membantu untuk mendetosifikasi atau membuang racun-racun dari dalam tubuh. Selain dengan mengkonsumsi makan seperti di atas, pastikan pula untuk menghindari makanan yang memiliki kandungan gula secara berlebihan.

Usaha untuk membersihkan sistem pencernaan bisa Kamu awali dengan memilih makanan dengan tekstur yang sedikit lembek. Lakukan hal ini selama satu hari penuh, kemudian pada hari kedua bisa Kamu lakukan dengan mengatur pola makan menggunakan makanan-makanan yang sehat dan bergizi agar kondisi kulit bisa kembali pulih.

Menjaga Diet Sehat

Pengobatan alami jerawat kista selanjutnya adalah dengan menjaga pola diet seperti yang kaya akan protein dan serat. Kamu bisa mengkonsumsi makanan seperti kedelai, buah, sayur, biji-bijian, serta kurangi konsumsi makanan berlemak.

Makanan protein dan sayur untuk kesehatan

Makanan protein dan sayur untuk kesehatan

Selain itu, penuhi pula asupan mineral Kamu dengan meminum banyak air. Selain bisa membantu untuk menghidrasi kulit, air mineral juga bisa membantu untuk mekasimalkan proses deotksifikasi.

Baca juga: Menu diet rendah kolestrol

Olahraga Secara Teratur

Fisik yang bugar merupakan elemen penting yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk dalam urusan kesehatan kulit. Untuk itu, biasakanlah diri Kamu melakukan kegiatan kebugaran seperti aerobik, jogging, atau yoga.

Baca juga: Badan langsing dengan olah raga senam pilates

Selain bisa membantu untuk membakar lemak, olahraga juga akan membantu tubuh untuk membuang racun-racun melalui keringat.

Olah raga dengan teratur

Olah raga dengan teratur

Hindari Produk Kimia

Merawat kesehatan dan kecantikan kulit adalah hal yang sangat penting, namun pastikan untuk tidak menggunakan produk kecantikan secara sembarangan.

Baca juga: Tips kecantikan tradisional Indonesia

Banyak gangguan pada kulit yang timbul akibat kesalahan dalam menggunakan produk kecantikan. Apalagi banyak produk-produk seperti sabun, pembersih wajah, hingga pelembap kulit yang menggunakan zat-zat kimia yang sejatinya tidak bisa melakukan kontak dengan kulit manusia.

Untuk itu, hindarilah penggunaan bahan-bahan kimia, baik itu pembersih wajah, scrub, ataupun agen- agen pengelupasan kulit lainnya karena hanya akan semakin memperburuk kondisi kulit Kamu yang sudah menderita jerawat kista.

Sebagai alternatif yang aman, Kamu bisa menggunakan pembersih wajah yang dibuat dari 2 sdm kacang tepung yang dicampur dengan 1 sdt bubuk kunyit, butter milk, dan madu secukupnya.

Jadikan ramuan ini untuk membersihkan wajah Kamu setiap harinya hingga jerawat kista yang dialami sembuh.

Baca juga: Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam

Selain itu, pastikan pula untuk tidak menggunakan salep, krim, ataupun alat kosmetik apapun hingga kondisi kulit Kamu benar-benar sudah normal.

**

Nah, itulah beberapa tips pengobatan alami jerawat kista yang tidak ada salahnya Kamu coba jika jerawat kista yang Kamu alami masih tergolong ringan.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment