≡ Menu

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok, Ketahui ini Sebelum Terlambat

Pada post sebelumnya, saya telah membahas Berbagai Macam Cara Menghindari dan Mengobati Rambut Rontok. Rambut rontok adalah masalah yang bisa terjadi pada siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Kerontokan pada pria kadang dianggap bukanlah masalah yang besar.

Bagi mereka yang memiliki beban kerja berat dan mengharuskan sering berpikir, rambut yang rontok adalah hal yang wajar. Bahkan kebotakan yang terjadi pada pria justru dianggap sebagai hal yang makin menunjukkan karakter cerdas pada seorang pria.

Namun hal ini sangat berbeda bila terjadi pada wanita. Kerontokan pada wanita dianggap sebagai masalah yang serius mengingat peran rambut sebagai penunjang kecantikan.

Kondisi rambut seorang wanita yang tidak sehat akan menimbulkan berbagai permasalahan rambut seperti gugur dan rontok yang seringkali menjadi pemicu turunnya rasa kepercayaan diri.

penyebab rambut rontok

Penyebab Rambut Rontok

Pada tingkat tertentu, kerontokan pada rambut yang terjadi terus menerus bisa mengakibatkan kebotakan. Oleh karena itu, perawatan rambut adalah hal yang wajib dilakukan agar terhindar dari resiko masalah rambut yang lainnya.

Namun sekiranya perlu bagi anda untuk mengenal terlebih dahulu apa saja penyebab kerontokan pada rambut.

Rambut rontok hingga kebotakan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti:

Stress. Dengan tingkat stress yang tinggi, maka folikel rambut akan terganggu karena sel darah putih juga akan ikut meningkat. Sel darah putih dalam tingkat yang tinggi adalah salah satu pemicu terjadinya kerontokan pada rambut. Hal ini bisa diatasi dengan merelaksasi diri sehingga terhindar dari stress yang berlebihan.

Diet. Program diet yang ketat seperti diet jenis rendah kalori juga bisa menjadi pemicu kerontokan. Tubuh yang kekurangan asupan kalori menjadi lebih cepat dehidrasi, letih dan kekurangan protein -protein yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh rambut agar bisa tumbuh secara normal.

Anemia. Anemia disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam darah. Kekurangan zat besi ternyata dapat berimbas pada tingkat pertumbuhan rambut karena folikel rambut menjadi kurang ternutrisi. Hal inilah yang bisa membuat rambut menjadi mudah rontok.

Kondisioner. Menggunakan kondisioner memang bagus untuk rambut, namun jika digunakan secara berlebihan hanya akan membuat rambut menjadi rapuh sehingga mudah putus. Hal ini disebabkan karena kandungan protein pada kondisioner yang bisa membentuk rantai dan senyawa tertentu yang memicu rontoknya rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab rambut rontok, anda bisa mengatasi rambut yang rontok dengan mencoba cara berikut:

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi yang berfungsi sebagai nutrisi pertumbuhan rambut. Kandungan protein dan zat besi dapat diperoleh dari makanan seperti telur, ikan, kedelai, yogurt, atau kacang-kacangan.

Sumber Protein

Dalam menggunakan kondisioner atau hair tonic, sebaiknya pilih yang memiliki kandungan ginseng.  Kandungan ginseng pada kondisioner bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut sekaligus membuat rambut menjadi tumbuh subur.

Penggunaan produk perawatan rambut seperti minyak atau pewarna rambut sebaiknya dikurangi. Kandungan bahan kimia yang terdapat pada produk perawatan rambut seperti ini tidak baik untuk kesehatan rambut dalam jangka panjang.

Anda juga bisa mengatasi rambut yang rontok dengan mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi.

Untuk perawatan, anda bisa memanfaatkan ampas dari teh hijau. Cara ini efektif untuk mencegah kerontokkan rambut bila dibalurkan secara langsung pada kulit kepala. Berikan pijatan ringan agar sirkulasi darah pada area kulit kepala dan rambut menjadi lebih lancar.

Rambut yang rontok bisa diatasi dengan menggunakan berbagai cara di atas. Namun yang lebih penting adalah berusaha untuk mencegah kerontokan rambut dengan menghindari penyebabnya.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment