≡ Menu

Penyebab dan Gejala Radang Panggul yang Wajib Diketahui Wanita!

Radang panggul merupakan salah satu jenis penyakit peradangan atau bahkan infeksi yang memang sedang menyerang pada bagian panggul wanita.

Penyebab dan Gejala Radang Panggul – Dengan kata lainnya, penyakit satu ini adalah salah satu bentuk infeksi yang telah terjadi di sistem reproduksi wanita, yang mana umumnya berupa komplikasi yang telah disebabkan oleh beberapa jenis penyakit seksual, seperti gonore dan klamidia.

Penyebab dan Gejala Radang Panggul

penyebab dan gejala radang panggul

Penyakit radang panggul yang sering menyerang wanita

Baca juga:

Penyebab umum radang panggul dan resikonya

Biasanya jenis penyakit yang satu ini disebabkan oleh bakteri yang telah menyerang bagian sisitem reproduksi wanita, namun yang sering jadi penyebab dari penyakit tersebut adalah adana infeksi gonore serta klamidia.

Jenis bakter tersebut biasanya akan ditularkan melalui hubungan seksual antara suami istri, yang mana salah satu pasangan tersebut memang sudah tercemar oleh bakteri yang sebabkan peradangan ini, dan tanpa adanya penggunaan alat kontrasepsi.

Penyebab yang lain adalah memang sangat jarang sekali terjadi, yakni saat bakteri masuk dalam saluran reproduksi, karena adanya gangguan di bagian leher rahim. Hal yang demikian ini bisa saja terjadi di alat kontrasepsi yang digunakan, seperti IUD, setelah melahirkan atau saat keguguran.

Dan berikut ini ada beberapa faktor resiko yang memang dapat menjadikan wanita rentan sekali dengan penyakit radang panggul.

  • Mempunyai riwayat penyakit menular seksual yang tidak segera diobati
  • Mempunyai lebih dari satu pasangan saat melakukan hubungan seksual
  • Aktif di dalam berhubungan seksual
  • Pemakaian alat kontrasepsi yang tidak tepat

Gejala radang panggung yang harus diketahui

Perlu Anda tahu bahwasannya diagnosis dari penyakit yang satu ini biasanya akan didasari dengan kombinasi dari sejarah medis, adanya pemeriksaan fisik, dan beberapa hasil tes yang lain.

Mungkin saja seseorang tidak pernah sadar bila dirinya saat ini sedang terserang jenis penyakit berbahaya ini, hal tersebut karena gejala radang panggul ini sendiri memang sangat ringan, atau bahkan sama sekali tidak alami gejala dari penyakit radang panggul.

Namun, supaya Anda dapat memahami seperti apa sih gejala radang panggul, berikut ini adalah informasi selengkapnya.

  • Muncul rasa nyeri pada bagian bawah perut
  • Demam
  • Keputihan yang tak normal dan memiliki bau sangat pekat
  • Rasa nyeri atau terjadinya pendarahan saat melakukan hubungan suami istri
  • Alami sensasi terbakar, seperti panas atau pun perih saat buang air kecil
  • Terjadi pendarahan diantara periode menstruasi.

Dan itulah tadi beberapa penyebab dan gejala radang panggul yang harus diketahui oleh Anda semuanya, supaya pada saat Anda alami gejala-gejala tersebut Anda juga dapat segera mengatasinya dengan cara yang baik, cepat, dan tepat, agar nantinya penyakit radang panggul yang Anda alami dapat teratasi dengan baik. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

{ 2 comments… add one }
  • tips kesehatan wanita Monday, 22 August 2016, 10:46

    nice post sis….terima kasih sis!

  • tips kesehatan wanita Monday, 22 August 2016, 10:45

    nice post sis!

Leave a Comment