≡ Menu

Hey Ladies, Inilah Empat Penyebab Kanker Payudara Yang Harus Diwaspadai!

Kanker memang menjadi salah satu jenis penyakit yang memiliki potensi besar penyebab kematian.

Jika sudah sampai pada stadium yang parah akan sangat sulit untuk tertolong. Walaupun sudah menjalani berbagai macam serangkaian pengobatan, seperti operasi, kemoterapi, hingga pengobatan alternatif sekalipun.

Salah satu jenis kanker yang kebanyakan menyerang wanita, namun tidak menutup kemungkinan menyerang pria juga adalah kanker payudara. Kanker payudara ini memang tergolong penyakit yang mematikan dan sulit untuk disembuhkan.

Penyakit ini bisa disembuhkan, namun dengan catatan Anda harus mengetahui gejala yang dirasakan untuk mengetahui penyakit ini sejak dini. Gejala tersebut seperti rasa sakit pada bagian payudara, dan lain-lain.

Selain itu, Anda pun juga harus mengetahui secara pasti penyebab dari kanker payudara ini, agar nantinya Anda bisa melakukan langkah pencegahan yang lebih baik lagi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab dari gejala kanker payudara yang perlu untuk diwaspadai.

Baca juga:

Penyebab Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai

kanker payudara

Penyebab kanker payudara yang perlu diwaspadai

1. Jenis kelamin

Pria memang bisa terkena penyakit kanker payudara. Namun untuk wanita, risiko terkena penyakit ini tentu saja lebih besar hingga 100 kali lipat.

Maka dari itu, faktor genetik seperti jenis kelamin sangat perlu untuk diperhatikan. Terutama bagi Anda para wanita, karena memang risiko terkena penyakit ini lebih besar dibandingkan pria.

2. Usia senja

8 dari 10 kasus kanker payudara ini, diidap oleh wanita yang memiliki usia senja diatas 50 tahun. Biasanya kondisi tubuh yang rentan terkena penyakit ini adalah wanita yang sudah memasuki masa atau tahap menopouse.

Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada wanita yang masih dalam usia produktif, pola hidup yang buruk pun bisa mempengaruhi hal ini terjadi dalam tubuh Anda.

3. Riwayat dalam keluarga

Faktor genetik memang sangat berpengaruh dalam tubuh terkena penyakit kanker payudara ini.

Jika dalam keluarga terdapat riwayat ada yang anggota keluarga yang terkena kanker payudara, maka kemungkinan keturuanannya akan mewarisi gennya dan ikut terkena kanker payudara.

Anda mesti melakukan skrining genetik kanker payudara, jika ada kerabat atau anggota keluarga yang mengalami penyakit ini sebelumnya.

4. Radiasi

Sinar X atau CT Scan yang biasanya dilakukan dalam dunia kedokteran untuk melakukan rontgen, juga bisa menyebabkan radiasi dan bisa menjadi salah satu faktor pemicu kanker payudara.

Maka dari itu, jika pada saat masih kecil Anda pernah melakuakn radioterapi pada bagian dada, ada baiknya segera untuk periksa kesehatan payudara Anda, untuk mengetahui lebih dini lagi apakah tubuh terkena penyakit kanker atau tidak.

Sebelum pengobatan radioterapi dilakukan, ada baiknya untuk bertanya atau melakukan diskusi terlebih dahulu ke dokter akan resiko atau efek samping dari terapi ini.

***

Itulah beberapa penyebab dari kanker payudara yang perlu untuk anda waspadai, dan semoga bisa menjadi informasi anda untuk mencegah penyakit ini menjangkiti tubuh anda. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment