≡ Menu

Beberapa Alasan Kenapa Rambut Bercabang

Rambut sebagai salah satu bagian tubuh yang menarik memiliki keunikan tersendiri, mulai dari keindahannya hingga masalah yang sering ditimbulkan.

Masalah yang terjadi pada rambut merupakan ketakutan tersendiri bagi sebagian orang, terutama pada wanita. Betapa tidak, para wanita rela menghabiskan banyak biaya dan waktu hanya untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah.

Namun ketika masalah rambut mulai bermunculan seperti rambut yang kusam, rontok, hingga bercabang, maka tentu akan terasa sangat menjengkelkan. Lantas apa sebenarnya penyebab rambut bercabang, dan bagaimana cara mengatasinya?

penyebab rambut bercabang

4 Sebab Rambut Bercabang

Ada beragam penyebab rambut bercabang, mulai dari faktor dari dalam tubuh hingga faktor dari luar seperti lingkungan. Sekarang adalah tugas Anda untuk mengetahui penyebab rambut bercabang dan mempelajari bagaimana cara mengatasinya seperti berikut:

Faktor Nutrisi

Asupan nutrisi sangat dibutuhkan bagi rambut agar bisa tetap tumbuh secara sehat. Nutrisi bagi rambut dapat didapatkan dari buah-buahan, sayuran hijau tua, kacang-kacangan, telur, daging unggas, susu rendah lemak, dan gandum berserat tinggi.

Apabila asupaan makanan seperti ini kurang memadai, maka potensi terjadinya rambut yang bercabang sangat besar. Untuk itu, penuhilah asupan nutrisi anda sebagai salah satu bentuk pencegahan rambut bercabang.

Faktor Bahan Kimia

Produk-produk perawatan rambut seperti pewarna, hair spray, toning, atau rebonding sebaiknya dikurangi. Kandungan bahan dasar kimia pada produk tersebut bisa menimbulkan efek panas bila digunakan secara berlebihan. Efek panas yang ditimbulkan ini kemudian bisa menyebabkan rambut menjadi bercabang.

Perawatan rambut dengan menggunakan bahan kimia sebaiknya dilakukan secara terjadwal, sehingga rambut tidak sering melakukan kontak dengan bahan kimia.

Anda bisa mencoba untuk beralih menggunakan ramuan herbal dalam perawatan rambut. Selain tidak memiliki efek samping, ramuan yang bersifat alami juga sangat murah dan mudah untuk didapatkan.

Faktor Cuaca

Kondisi cuaca yang ekstrim dan kadang tidak menentu juga memiliki pengaruh terhadap terbentuknya rambut yang bercabang. Sengatan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama atau berendam terlalu lama pada air yang memiliki kadar garam tinggi sangat memicu terjadinya kerusakan rambut.

Bagi anda yang banyak melakukan aktifitas di luar ruangan, sebaiknya lindungi rambut anda dari sengatan matahari langsung dengan menggunakan pelindung kepala seperti topi atau payung.

Faktor Usia Rambut

Pada dasarnya, rambut juga memiliki usia. Semakin panjang rambut tersebut, maka semakin tua usianya. Oleh karena itu, rambut yang sangat panjang rawan untuk rusak dan bercabang apabila tidak dirawat secara intensif.

Selain melakukan perawatan pada rambut seperti creambath atau hair spa, lakukan juga pemotongan pada ujung rambut paling tidak sekali dalam 2 bulan.

**

Dengan memiliki pemahaman mendasar mengenai penyebab rambut bercabang, maka tidak akan sulit untuk merawat rambut sehingga terhindar dari berbagai macam kerusakan rambut. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah rambut bercabang.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment