≡ Menu

Ladies, Inilah Lima Penyebab Umum Insomnia yang Perlu Kamu Tahu!

Aktivitas tidur merupakan salah satu kebutuhan yang memang mesti harus dipenuhi. Tidur yang cukup merupakan salah satu faktor yang bisa berpengaruh positif untuk perkembangan dan pertumbuhan sel dalam tubuh Anda.

Tidur yang cukup memang sangat diperlukan, dan jika Anda kurang tidur maka yang terjadi adalah, adanya masalah serius yang bisa menimpa kesehatan tubuh dan pikiran Anda. Masalah tidur yang biasa sering diderita oleh orang pada kebanyakan adalah insomnia.

Insomnia memang tidak serta merta langsung terjadi begitu saja. Namun ada penyebab umum yang menjadi salah satu faktor penting mengapa sampai terjadi.

Maka dari itu, Anda harus dapat mengenali dengan baik penyebab dari insomnia ini, sehingga nantinya dapat dicegah. Berikut adalah faktor penyebab insomnia yang bisa Anda ketahui.

Penyebab Umum Dari Insomnia

insomnia

Penyebab umum dari insomnia

1. Masalah Psikologi

Masalah yang ada pada psikologi ini, umumnya berupa stress yang memang sering diderita oleh banyak orang. Stress ini akan mengganggu pikiran dan menyebabkan siklus tidur menjadi terganggu.

Faktor pemicu stress ini sendiri beragam, seperti masalah kehidupan sehari – hari, atau bahkan kecemasan yang berlebihan. Selain stress, masalah lainnya dari psikologi bisa berupa skizofrenia atau gangguan bipolar.

2. Masalah kesehatan fisik

Kesehatan fisik juga menjadi salah satu faktor tubuh terserang penyakit insomnia. Tubuh akan kesulitan dan merasa tidak nyaman dalam beristirahat, dikarenakan terdapat masalah serius yang terjadi dalam tubuh.

Masalah kesehatan yang sering diderita biasanya penyakit yang bisa menyebabkan nyeri berkepanjangan, gangguan pernafasan, atau gangguan organ tubuh lainnya.

3. Pola hidup yang buruk

Selanjutnya pola hidup yang kurang sehat dan buruk, juga sangat berpengaruh dan menjadi salah satu penyebab diri terkena insomnia akut.

Waktu tidur yang berubah – ubah misalnya, akan menyebabkan ritme sirkadian menjadi terganggu. Padahal ritme sirkadian ini berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh dan siklus tidur.

4. Faktor lingkungan

Lingkungan yang kurang nyaman dan kurang kondusif untuk istirahat juga bisa menyebabkan diri terkena insomnia.

Seperti misalnya suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, suara bising, cahaya lampu yang silau, atau berbagai faktor lainnya yang bisa mengganggu istirahat Anda.

Maka dari itu, ada baiknya untuk memperhatikan kenyamanan di lingkungan Anda, sehingga tidur Anda pun bisa terjaga kualitasnya.

5. Obat – obatan

Obat – obatan bisa juga menjadi salah satu faktor penyebab dari insomnia. Obat – obatan yang dikonsumsi, umumnya menimbulkan efek samping yang justru menyebabkan menjadi sulit untuk tidur.

Seperti misalnya obat anti inflamasi atau OAINS, Salmeterol, Salbutamol, Theophuline, hingga obat – obatan untuk mengatasi penyakit epilepsi, dan masih banyak lainnya.

***

Demikian beberapa penyebab umum dari insomnia yang bisa anda ketahui. Semoga bisa menjadi salah satu info yang menarik untuk mencegah insomnia yang terjadi pada diri Anda.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment