≡ Menu

Pola Makan Diet yang Tepat, Menuju Berat Ideal

Berhasil menurunkan berat badan dengan program diet dianggap sebagai sesuatu yang membanggakan bagi kebanyakan orang. Namun tidak sedikit diantara mereka yang justru merasa bahwa program diet hanyalah kegiatan yang menyiksa diri serta membuang-buang waktu.

Hal seperti ini bisa disebabkan karena adanya kesalahan dari program diet atau faktor dari orang yang menjalankan program tersebut. Tak jarang orang yang menjalankan program diet sering mengalami kondisi tubuh yang menurun atau justru mengalami berbagai keluhan kesehatan. Secara umum, hal ini lebih sering disebabkan karena terjadinya kesalahan dalam mengatur pola makan.

Baca: Diet Cepat dan Sehat dengan Sayuran, Jauh Lebih Aman dan Menyenangkan

Diet dengan mengatur pola makan secara tepat akan membantu untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, dengan pola makan yang tepat maka kesehatan tubuh juga akan terjaga. Memilih makanan yang sehat serta perencanaan makanan yang tepat adalah inti dari setiap program diet.

Oleh karena itu, kali ini akan memberikan panduan mengenai pola makan diet yang tepat agar Anda lebih mudah dalam memilih jenis makanan dalam proporsi yang benar.

Memilih sayur dan buah

kandungan kalori pada sayuran

kandungan kalori pada sayuran

Sebuah diet yang sehat bisa dibangun dengan menjadikan sayur dan buah segar sebagai pilihan utama. Sayur dan buah merupakan penyumbang vitamin, mineral, dan serat dalam jumlah yang banyak. Selain itu, sayur dan buah juga terbebas dari garam, gula, dan lemak yang tidak sehat bagi tubuh.

Sayuran berdaun hijau bisa diolah menjadi salad atau dijadikan pengganti lauk pauk. Sementara buah-buahan bisa dijadikan cemilan sehat atau sebagai topping makanan. Anda juga bisa menjadikan sayur dan buah sebagai jus dengan catatan tidak menambahkan gula.

Konsumsi protein

Sumber Protein

Konsumsi protein sangatlah penting untuk membentuk pola diet yang sehat. Namun harus diperhatikan untuk memilih jenis protein yang akan dikonsumsi, karena ada banyak sumber protein yang mengandung lemak jenuh dan tentu saja bisa memicu tubuh menjadi gemuk.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi ayam tanpa kulit yang bisa dipadukan dengan salad sayur. Selain itu, beberapa potongan daging yang rendah lemak bisa juga dijadikan solusi. Namun hindari untuk mengkonsumsi daging olahan seperti sosis atau hamburger karena mengandung banyak lemak jahat.

Perhatikan kandungan lemak

Makanan non kolestrol

Makanan non kolestrol

Untuk membangun pola makan diet yang tepat, sebaiknya perhatikan kadar dan jenis lemak yang terkandung pada makanan yang akan dikonsumsi. Makanan olahan atau yang berbentuk kemasan mengandung banyak lemak jahat dan lemak trans, sekalipun makanan tersebut ditujukan untuk diet.

Kandungan lemak tak jenuh bisa diperoleh dari ikan, kacang-kacangan, bunga matahari, atau minyak zaitun. Makanan jenis seperti ini mengandung nutrisi yang berperan untuk melawan dan mengurangi lemak tak sehat yang ada pada tubuh.

Konsumsilah cemilan dengan bahan dasar kacang atau sayuran yang diiris, bukan camilan berbentuk keripik karena mengandung lemak yang tinggi. Selain itu, kebiasaan memasak dengan menggunakan mentega atau margarin bisa diganti dengan menggunakan minyak zaitun.

Pilihlah gandum

Gandum

Gandum bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjalani pola diet yang sehat. Produk yang menggunakan gandum sebagai bahan dasarnya bisa ditemukan dalam sereal, roti gandum, atau pasta. Gandum sangat dianjurkan untuk dimasukkan dalam menu diet karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

Berbeda dengan produk yang menggunakan tepung utuh, gandum memiliki karbohidrat kompleks yang jelas lebih bergizi. Karbohidrat yang terdapat pada gandum juga tidak mengandung pati yang biasa ditemukan dalam roti atau pasta putih yang menggunakan tepung utuh.

***

Sekian ulasan mengenai pola makan diet yang tepat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin menjalani program diet secara sehat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment