≡ Menu

Beberapa Posisi Tidur Yang Baik dan Kurang Baik Untuk Ibu Hamil

Wanita yang memasuki periode kehamilan pada trimester awal tentu tidak akan mengalami masalah apapun dengan posisi tidur, karena perutnya belum terlalu besar.

Namun ketika memasuki trimester ke dua, ibu hamil akan mulai merasakan sedikit masalah dengan posisi tidurnya.

Namun hal ini tidaklah harus dikhawatirkan, karena tubuh seroang wanita memiliki perlindungan yang unik untuk tubuhnya sendiri. Bahkan janin yang dikandung juga akan tetap merasa nyaman karena mengapung di dalam cairan ketuban dan memiliki ruang sendiri sehingga bisa bebas bergerak.

Tiga Posisi Tidur Ibu Hamil

Meskipun demikian, ada beberapa posisi tidur yang tidak dianjurkan karena bisa membuat sang ibu merasa tidak nyaman. Untuk itu, berikut kami berikan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

Posisi Tengkurap

Posisi tidur yang tengkurap merupakan cara yang sangat aman bagi ibu hamil. Hanya saja, posisi ini tidak akan terasa nyaman lagi setelah kehamilan trimester pertama, karena payudara yang membesar serta adanya rangsangan yang membuat payudara menjadi sangat sensitif.

Posisi tidur tengkurap pada ibu hamil

Posisi tidur tengkurap pada ibu hamil

Namun bagi Anda yang memasuki periode kehamilan 14 minggu dan ingin tidur dalam posisi tengkurap, sebaiknya sokong paha Anda dengan menggunakan bantal.

Posisi Terlentang

Saat kehamilan memasuki periode 16 minggu, ibu yang hamil dianjurkan untuk tidak tidur terlentang, Pasalnya, posisi tidur ini akan meletakkan berat rahim ke bagian belakang tubuh, bagian usus, dan vena cava inferior.

Posisi tidur terlentang

Posisi tidur terlentang

Selain itu, tidur dengan posisi terlentang juga bisa meningkatkan terjadinya sakit pinggang, mengganggu pernapasan, menganggu pencernaan, dan wasir.

Saat kehamilan trimester kedua dan ketiga, tidur terlentang juga bisa mempengaruhi tekanan darah. Bahkan untuk beberapa wanita bisa menyebabkan turunya tekanan darah yang menimbulkan rasa pusing. Namun tak jarang pula justru bisa semakin meningkatkan tekanan darah.

Untuk wanita hamil yang mengalami tekanan darah tinggi, sangat tidak dianjurkan untuk tidur dengan posisi terlentang.

Posisi Miring

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah tidur miring. Sangat dianjurkan bagi wanita yang memasuki masa kehamilan 16 minggu untuk tidur dengan posisi miring ke kiri. Posisi ini akan memberikan keuntungan bagi bayi agar bisa mendapatkan nutrisi serta aliran darah yang maksimal ke plasenta.

Posisi tidur ke samping pada ibu hamil

Posisi tidur ke samping pada ibu hamil

Hal ini sangat dimungkinkan karena adanya vena besar pada bagian belakang sebelah kanan svina yang bisa mengembalikan aliran darah pada tubuh bagian bawah ke daerah jantung. Dengan demikian, posisi ini akan membantu ginjal dalam membuang sisa-sisa dari cairan tubuh ibu hamil sehingga bisa mengurangi terjadinya pembengkakan pada kaki.

Tidur dengan posisi miring ke kanan juga merupakan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Anda tinggal menyesuaikan posisi yang sesuai dan bisa membuat tidur Anda lebih nyaman.

Posisi tidur miring pada ibu hamil

Posisi tidur miring pada ibu hamil

Saat terbangun di malam hari dan Anda menemukan bahwa posisi tidur Anda sedang terlentang, jangan khawatir. Karena hal ini tidak akan mencelakai sang bayi, sebaiknya Anda kembali melanjutkan tidur dengan posisi miring.

Terbangun di malam hari merupakan hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Apalagi dengan kondisi perut yang semakin membesar dan disertai dengan kondisi lain seperti sering kencing, kram, kontraksi palsu, rasa asam lambung yang meningkat, hingga bayi yang menendang perut akan membuat sang ibu sering terbangun di malam hari. Oleh karena itu, posisi tidur Anda juga akan ikut berubah secara otomatis.

Untuk mendapatkan kenyamanan, sebaiknya tidurlah dengan posisi miring dan letakan bantal diantara dengkul serta satu pada bagian punggung.

***

Nah, itulah ulasan mengenai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Semoga informasi di atas bisa memberikan kenyamanan serta membuat tidur Anda lebih berkualitas.

{ 1 comment… add one }
  • agnes susiana Wednesday, 12 October 2016, 09:26

    bagaimana caranya agar pada saat melahiran tdk terlalu lama

Leave a Comment