≡ Menu

Profil Aamir Khan, Film, Keluarga, sampai Kehidupan Pribadi

Aamir Khan adalah aktor kawakan asal India dengan karir panjang yang bergelimang prestasi. Di Indonesia sendiri, namanya sering disejajarkan dengan beberapa aktor Bollywood seperti Shah Rukh Khan dan Salman Khan. Kesuksesan yang diraihnya itu kemudian membuat banyak orang penasaran, seperti apakah perjalanan hidup dari aktor yang bernama lengkap Mohammed Aamir Hussain Khan ini?

Baca juga: Serial TV India Terpopuler di Indonesia

Profil Aamir Khan #1: Kehidupan Pribadi

Aamir Khan adalah putra dari Tahir Hussain yang merupakan produser ternama di India, sementara ibunya, Zeenat Khan, hanyalah ibu rumah tangga biasa. Aamir dilahirkan pada tanggal 14 Maret 1965 dan besar dalam keluarga muslim yang konservatif. Bersama ketiga saudaranya, ia menghabiskan masa kecilnya dengan bahagia namun penuh kedisiplinan.

Profil Aamir Khan

Profil Aamir Khan

Aamir sudah sangat dekat dengan lingkungan Bollywood sejak kecil, mengingat orang tuanya adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam industri film kala itu. Meski demikian, keseharian Aamir kecil sangatlah jauh dari kehidupan yang glamour, hal yang memang sangat dihindari oleh orang tuanya. Kedisiplinan inilah yang kemudian dinilai sangat berpengaruh terhadap perkembangan karakter dan kesuksesan Aamir di masa yang akan datang.

Saat masih berusia 8 tahun, Aamir pernah diajak oleh Ayahnya untuk bermain dalam film produksinya sendiri, “Yadoon Ki Baraat”. Aamir kecil menerimanya dengan penuh antusias, namun belum berpikir untuk menjadi aktor profesional. Setahun kemudian, wajahnya sempat muncul kembali sebagai aktor cilik lewat film “Madhosh” di tahun 1974.

Pendidikan formalnya dimulai di Bombay Scottish, sebuah sekolah yang memang identik bagi kalangan industrial di Bollywood. Dibangku pendidikan, ketertarikannya terhadap teater mulai terlihat. Aamir sangat kecanduan terhadap film-film klasik, membuatnya mengidolai sosok seperti Aruna Irani, Farida Jalal, dan Madhubala.

Di sekolahnya, Aamir tergolong aktif dalam berbagai pementasan drama. Gaya aktingnya sendiri mampu menarik banyak peminat penonton, membuatnya mulai berpikir untuk menjadi seorang aktor. Hanya saja, Aamir tergolong sebagai pribadi yang kalem dan pemalu. Ia memang bukanlah sosok remaja yang banyak tingkah, karena waktu luangnya lebih banyak dihabiskan untuk membaca buku atau mendengar musik klasik.

Profil Aamir Khan #2: Film yang Dibintangi

Pada awalnya, Aamir Khan masih ragu akan pilihannya untuk menjadi seorang aktor. Namun sepupunya terus memberikan tawaran dan keyakinan untuk bermain dalam film romansa karyanya sendiri berjudul “Qayamat Se Qayamat Tak (1988)”. Di film iinilah Aamir Khan memutuskan untuk menjalani karir akting secara full. Berpasangan dengan Juhi Chawla, Aamir berhasil menciptakan tren baru di jagat Bollywood untuk jenis film-film romantis.

Qayamat Se Qayamat Tak (1988)

Qayamat Se Qayamat Tak (1988)

Hanya butuh waktu sebentar bagi Aamir untuk menjadi idola para remaja. Sosok sebagai “pahlawan cinta” kemudian melekat di tubuhnya. Pada awal 90an, Aamir didapuk untuk membintangi berbagai judul film drama romansa, salah satunya adalah “Dil (1990)” yang menjadi film terlaris di tahun itu. Hal tersebut berlanjut pada film “Awwal Number”, “Deewana Mujh Sa Nahin”, “Jawani Zindabad”, dan “Tum Mere Ho” yang semuanya dirilis pada tahun yang sama.

Dil (1990)

Dil (1990)

Sejak 1995, Khan memutuskan untuk bermain dalam satu atau dua film saja dalam setahun, hal yang sebenarnya cukup jarang dilakukan oleh aktor mainstream India. Namun keputusan itu ternyata diganjar dengan kesuksesan, di mana pada tahun 1996 ia mendapatkan penghargaan sebagai aktor terbaik dalam pegelaran “Filmfare Award” melalui film “Raja Hindustani”, satu-satunya film yang ia bintangi pada tahun itu.

Puncak karirnya terjadi pada tahun 2001 saat bermain dalam film sensasional “Lagaan”, sebuah film yang mendapatkan berbagai penghargaan Internasional. Hanya berselang dua bulan, Aamir kembali menuai kesuksesan Internasional lewat film komedi romantis bertajuk “Dil Chahta Hai”. Di film itu, ia terlibat percintaan yang seru dan unik bersama Preity Zinta.

Sedang berada di puncak karir, Aamir justru memutuskan untuk vakum dari industri hiburan. Hal tersebut tak terlepas keretakan rumah tangganya bersama Reena Dutta yang sudah dibinanya selama 15 tahun.

Profil Aamir Khan #3: Rumah Produksi

Selain sebagai aktor, Aamir Khan juga memainkan berbagai peran dibalik layar, baik sebagai produser maupun sutradara. Di tahun 2001, ia mendirikan rumah produksi berlabel Aamir Khan Production, dan banyak yang tidak mengetahui bahwa film “Lagaan” sebenarnya merupakan produksi pertamanya. Namun seiring dengan keputusannya untuk rehat dari di industri hiburan, maka rumah produksinya juga ikut vakum.

Dengan menjadi seorang produser, apa yang diraih oleh Aamir terbilang sangat fantastis. Bagaimana tidak, rilisan “Lagaan” berhasil meraih nominasi Internasional dalam “Academy Oscar” untuk kategori film berbahasa asing terbaik, sekalipun harus kalah oleh film asal Bosnia berjudul “No Man’s Land”.

No Man's Land

No Man’s Land

Pada tahun 2007, seiring dengan kembalinya ia ke industri Bollywood, Aamir Khan melebarkan sayapnya dengan menjadi sutradara, dan “Taare Zameen Par” adalah debutnya. Tak butuh waktu lama, film tersebut langsung memenangkan kategori sebagai film terbaik dalam pegelaran “Filmfare Awards”, serta gelar individual sebagai sutradara terbaik. Setahun kemudian, Aamir memproduksi film “Jaane Tu… Ya Jaane Na” yang sekaligus menjadi debut bagi keponakannya, Imran Khan. Film tersebut juga berhasil meraih keuntungan besar di pasar Bollywood.

Di tahun 2011, rumah produksinya merilis film drama berjudul “Dhobi Ghat”, yang mana ia mempercayakan istri keduanya, Kiran Rao, sebagai sutradara. Di tahun yang sama, Aamir juga memproduksi film “Delhi Belly”, sebuah film komedi berbahasa Inggris yang meraih kesuksesan luar biasa. Di film tersebut, Aamir lagi-lagi mempekerjakan keponakannya sebagai aktor utama.

Profil Aamir Khan #4: Keluarga dan Lingkungan Sekitar

Aamir Khan memutuskan menikah dengan Reena Dutta pada 1986, wanita yang ia kenal di awal karirnya. Kehidupan keluarga mereka terbilang jauh dari publisitas, mengingat Reena Dutta tidak terlalu sering terlibat dalam industri hiburan. Meski demikian, Aamir kerap mengajak istrinya untuk terjun di beberapa filmnya, termasuk film “Lagaan”.

Sayangnya, pernikahan keduanya harus berakhir pada Desember 2002. Lewat pernikahan tersebut, Aamir dikarunai dua anak, putera bernama Junaid, serta putri bernama Ira. Dalam proses pengadilan, Reena Dutta memenangkan hak asuh untuk anak-anaknya.

Aamir Khan dan Junaid

Aamir Khan dan Junaid

Pada Desember 2005, Aamir memutuskan untuk menjalin hubungan baru bersama Kiran Rao, seorang wanita yang ia kenal karena menjadi asisten sutradara selama pembuatan film Lagaan. Banyak media yang memberitakan bahwa Kiran Rao adalah orang ketiga yang merusak rumah tangga pertamanya bersama Reena Dutta, namun Aamir memilih tak berkomentar untuk hal ini. Lewat pernikahan keduanya, mereka memiliki seorang putra bernama Azad yang lahir pada akhir 2011.

Hubungan yang dirajut bersama Kiran Rao membawa dampak yang teramat besar bagi kehidupan Aamir, salah satunya adalah ketika ia memutuskan untuk mengadopsi gaya hidup vegan, yaitu tidak mengonsumsi daging dari hewan manapun. Hal tersebut diakuinya terinspirasi oleh kebiasaan sang istri.

***

Nama Aamir Khan tentu tidak bisa dipisahkan dari Industri Bolyywood. Bagaimanapun juga, perannya sebagai aktor, sutradara, hingga produser sudah mengantarkan sosoknya menjadi tokoh penting dan menginspirasi di dunia perfilman India.

Nah, semoga profil Aamir Khan yang kami berikan kali ini bisa membuatmu merasa lebih dekat dengannya, khusunya untuk kamu yang memang sudah menjadi fansnya sejak lama.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment