≡ Menu

Mengharukan!! Banyak Hal yang Tidak Kamu Ketahui Tentang Profil Yoon Eun Hye (윤은혜)

Jika kamu termasuk penggila drama Korea, tentu sudah tidak asing lagi dengan aktris, penyanyi, model, sekaligus sutradara kelahiran 1984 ini. Atau kamu justru salah satu penggemarnya?

Ya, selain dianugerahi wajah yang begitu cantik, Yoon Eun Hye adalah seorang entertainer yang tergolong multitalenta. Tak heran jika ia memiliki jutaan penggemar, termasuk di Indonesia.

Yoon Eun Hye Bersama Baby V.O.X.

Yoon Eun Hye memulai debutnya di industri hiburan Korea pada tahun 1999 di mana usianya saat itu masih 15 tahun. Ia menjadi member sebuah girlband bernama Baby V.O.X., di mana posisinya didapuk untuk menggantikan member sebelumnya, Lee Gai.

Profil Yoon Eun Hye Muda

Yoon Eun Hye Muda

Setelah bergabung, Baby V.O.X. merilis album ketiganya yang bertajuk “Come Come Come” yang secara mengejutkan meraih kesuksesan.

Yoon Eun Hye 15 Tahun

Yoon Eun Hye 15 Tahun

Baby F.O.X

Baby F.O.X

Lagu seperti “Get Up” dan “Killer” berhasil menduduki posisi pertama dari tangga lagu Korea. Seiring dengan kesuksesan album tersebut, Yoon kemudian menjadi sasaran dari sejumlah anti-fans.

Mereka menganggap bahwa Yoon tidak pantas berada di girlband tersebut, dan perannya tidak terlalu signifikan. Matanya bahkan sempat diserang oleh seorang anti-fan dengan cairan yang membuatnya mengalami kerusakan kornea.

Namun bagi Yoon muda, kejadian tersebut dianggap sebagai hal yang wajar di dunia hiburan. Kejadian tersebut tidak membuatnya trauma, justru memicunya untuk lebih aktif berkarir bersama Baby V.O.X..

Karirnya yang tergolong sukses bahkan membuatnya sering diundang dalam acara TV bernama “X-Man”, sebuah game show yang melejitkan popularitasnya dari tahun 2004-2005. Di acara tersebut, Yoon mendapatkan gelar sebagai “Girl-Warrior” yang kemudian menjadi pusat perhatian bersama pasangannya Kim Jong-kook.

Kim Jong Kook pada Acara X-Men menceritakan Yoon Eun Hye

Kim Jong Kook pada Acara X-Men menceritakan Yoon Eun Hye

Pada tahun 2005, kontraknya bersama DR Entertainment berakhir, dan ia memutuskan untuk tidak melakukan perpanjangan. Dengan demikian, karirnya bersama girlband Baby V.O.X. harus berakhir pula setelah 6 tahun kebersamaan.

Yoon Eun Hye di Dunia Akting

Keputusan Yoon untuk berhenti di dunia tarik suara terbukti benar. Dengan status sebagai artis solo, berbagai tawaran berdatangan.

Ia menandatangani kontrak dengan manajemen baru, Eight Peak, di mana ia mendapatkan tawaran untuk memulai karir akting dalam drama komedi romantis “Princess Hours”. Setahun kemudian, namanya lebih dikenal sebagai seorang pemain drama ketimbang mantan anggota girlband.

Princess Hours

Princess Hours

Banyak penggemar drama Korea yang mempertanyakan kemampuan akting Yoon dalam “Princess Hours”, bahkan mereka mengirimkan petisi untuk menggantikan posisinya. Yoon tidak menyerah, ia merilis pernyataan bahwa ia akan melakukan yang terbaik, menampilkan segala kemampuan yang ia miliki.

Meskipun drama ini mengawali debut dengan penilaian biasa-biasa saja, namun seiring waktu, penontonnya mulai betambah. Bahkan popularitas drama ini memaksa produser untuk menambah episodenya yang semula hanya berjumlah 19, menjadi 24.

Dengan kesuksesan serial drama pertamanya, Yoon kemudian mencoba layar lebar dengan bermain di film “The Legend of Seven Cutter”.

The Legend of Seven Cutter

The Legend of Seven Cutter

Di dalam film itu, ia memainkan peran sebagai seorang petinju. Namun apa yang ia raih di layar kaca ternyata tak berbanding lurus dengan layar lebar.

Ia kemudian memutuskan untuk kembali mengambil peran dalam serial drama berjudul “The Vineyard Man”. Profil Yoon Eun Hye di dunia drama tidaklah selalu berjalan mulus. “The Vineyard Man” sendiri meraih rating yang rendah mengingat saat itu channel MBC merayakan ulang tahun ke 45 dengan drama Jumong.

The Vineyard Man

The Vineyard Man

Di tahun 2007, Yoon membintangi serial “The 1st Shop of Coffee Prince” yang meraih kesuksesan luar biasa. Di Seoul, drama tersebut meraih pemirsa pada angka 32,1% dan secara nasional sebanyak 29,9%.

The 1st Shop of Coffee Prince

The 1st Shop of Coffee Prince

Kesuksesan drama ini sekaligus membuat Yoon menjadi aktris dengan bayaran tertinggi di Korea, di mana MBC harus membayarnya sebanjak 20 juta won untuk setiap episode. Namun sayangnya, selama sesi syuting “Coffee Prince”, Yoon menderita sakit kepala yang sangat parah sehingga membuatnya harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Ia kemudian didiagnosis menderita anemia pernisiosa.

Setahun kemudian, seiring dengan kontraknya bersama Kraze Entertainment yang habis, membuatnya mendirikan manajemen sendiri, yaitu The House Company.

Ia mendirikan perusahaan tersebut sendiri, mulai dari pembuatan logo, perencanaan perusahaan, hingga ke bagian-bagian dalam perusahaan. Hal tersebut membuatnya sangat sibuk hingga meninggalkan dunia akting.

Yoon Eun Hye COME BACK!

Setelah 2 tahun vakum dari layar kaca, Yoon memutuskan untuk kembali dengan membintangi drama “My Fair Lady”. Darama tersebut diterima dengan baik, dan mampu memuncaki tangga drama Rabu-Kamis.

Meski demikian, Yoon mendapatkan kritikan pedas mengenai aktingnya yang terlihat tidak seapik saat bermain dalam “Coffee Prince”. Namun pada akhirnya, episode “My Fair Lady” mampu diakhiri dengan rating 19% yang membuat direktur drama KBS mengaku senang.

Untuk merayakan kesuksesan tersebut, Yoon bahkan membeli 112 pasang sepatu Puma yang dibagikan kepada seluruh kru sebagai hadiah perpisahan.

Yoon Eun Hyo Memberikan 112 Pasang Sepatu Puma

Yoon Eun Hyo Memberikan 112 Pasang Sepatu Puma

Selain come back nya di layar kaca, Yoon juga secara diam-diam merencanakan reuni bersama Baby V.O.X.. Pada tanggal 22 Agustus, secara mengejutkan Yoon muncul di atas panggung bersama para mantan anggota Baby V.O.X. untuk sebuah penampilan khusus pada acara SBS “Kim Jung Eun’s Chocolate”.

Kejutan Yoon Eun Hye

Kejutan Yoon Eun Hye

Selama di atas panggung, Yoon menunjukkan rasa emosional yang tak terbendung, mengungkapkan bagaimana ia merasa sangat beruntung pernah bersama para member V.O.X. yang memahami keputusannya untuk pergi sebagai artis solo.

Reuni emosional dari Baby V.O.X. ini mendapatkan perhatian yang besar dari para penggemar K-Pop dan menjadi topik yang paling banyak dicari di internet.

Yoon Eun Hye di Belakang Layar

Pada tahun 2012, Yoon memutuskan untuk berada di belakang layar dan menjadi sutradara untuk sebuah film pendek berjudul “The Knitting”. Ini merupakan tugasnya sebagai seorang mahasiswa pascasarjana di Chung-Ang University.

Meskipun tidak ditujukan untuk kepentingan komersial, namun film tersebut mendapatkan perhatian setelah dipentaskan dalam Busan International Film Festival yang ke-17 dan sekaligus berlaga di Kompetisi Film Pendek Korea. Film “The Knitting” juga diputar dalam pegelaran Seoul Independent Film Festival dalam karegori “Choice New”.

Kemampuan Yoon di belakang layar serta kejeliannya dalam membaca industri membuatnya ketagihan untuk terus membuat film. Ia bahkan melakukan invasi bisnis ke negara Tiongkok.

Yoon Eun Hyo Menjuarai "Gooddess Fashion"

Yoon Eun Hyo Menjuarai “Gooddess Fashion”

Pada tahun 2014, ia memulai syuting bersama Park Shi-hoo untuk sebuah film cinta antara Tiongkok-Korea merjudul “After Love”. Setelahnya, ia bergabung dalam edisi ke 2 “Gooddess Fashion”, sebuah acara fashion di Tiongkok yang melombakan kemampuan dari para pesertanya dalam menciptakan desainnya masing-masing. Yoon bahkan berhasil meraih juara pertama.

***

Dengan melihat profil Yoon Eun Hye di atas, sangat jelas bahwa karirnya di industri hiburan Korea tidaklah didapat dengan begitu saja. Kesuksesan yang ia raih saat ini merupakan buah dari kerja kerasnya yang luar biasa.

Apa komentarmu tentang kisah Yoon Eun Hye?

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment