≡ Menu

Menikmati Pesona dan Menjelajahi Eksotisme Pulau Belitung

Indonesia mempunyai kekayaan wisata yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Salah satu tempat yang tidak layak untuk Anda lewatkan adalah indahnya Pulau Belitung.

Pulau Belitung – Pulau indah ini ada di sebelah timur sumatera dengan diapit oleh Selat Karimata dan Selat Gaspar. Pulau ini begitu populer juga dengan sebutan Pulau Laskar Pelangi

Sebutan ini menjadi populer dan dikenal setelah sebuah film berjudul Laskar Pelangi mengambil latar Pulau Belitung.

Eksotisme Pulau Belitung

pulau belitung

Pulau Laskar Pelangi

Pulau indah ini dihasi dengan hamparan pasir yang begitu berkilau seperti mutiara. Sedangkan airnya begitu jernih, terlihat sangat menyegarkan untuk kerongkongan yang kering di siang hari. Di tepian air yang dangkal, terlihat susunan sempurna batuan granit, begitu megah terlihat.

Pulau Belitung berada pada kawasan Sumateras Selatan hingga tahun 2000. Setelah tahun itu, Pulau Bangka, Pulau Belitung dan pulau-pulau kecil di sekitarnya jadi propinsi ke 31 di Indonesia dengan nama Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca juga: Inilah Tiga Hotel Murah di Cipanas Garut yang Selalu Direkomendasikan

Bagaimana Cara Mengunjungi Pulau Belitung?

Bagi Anda yang dari luar daerah, bisa menggunakan pesawat langsung menuju ke Bandara H. A. S Hanandjoedin di Tanjung Pandan, Belitung. Dari Jakarta, bisa pergi dari Bandara Soekarno-Hatta menggunakan maskapai Sriwijaya Air, Citilink, dan Garuda Indoensia.

Penerbangan akan berlangsung selama kurang lebih 45 menit. Perjalanan juga bisa dilakukan dengan menggunakan jalur laut. Keberangkatan kapal dari Tanjung Priok, Jakarta hanya ada setiap 2 minggu.

Perjalanan akan memakan waktu 24 jam, dengan biaya 140 ribu. Setelah sampai Pangkal Pinang (Ibu Kota Propinsi), tepatnya di pelabuhan Tanjung Ru, perjalanan harus dilanjutkan menggunakan speedboat.

Perjalanan akan memakan waktu sekitar 4 jam dengan biaya 160 ribu. Ada juga informasi yang meyebutkan bahwa kapal dari Tanjung Priok kadang ada yang ke Pelabuhan Tanjung Pandan.

Apa Saja Yang Dapat Dilakukan di Pulau Belitung?

Dengan keindahan yang begitu memukau, banyak hal yang bisa kita lakukan di Pulau Belitung. Salah satu hal yang menarik hati adalah berenang di lautnya yang begitu jernih.

Formasi yang fantastis dari batu karang yang menghiasi, benar-benar membuat kita takjub. Hal ini akan membuat kita betah untuk berlama-lama menikmati suasana pantai.

Wisata pulau akan menjadi pilihan lain yang tidak akan mengecewakan. Ada banyak pulau-pulau kecil yang berada di sekitar Pulau Belitung ini.

Untuk mengunjungi pulau-pulau itu, kita harus menyewa kapal nelayan. Harga sewanya adalah 500 ribu (informasi 2015). Mungkin sekarang harganya bisa 600 – 700 ribu.

pulau belitung

Melakukan snorkeling di Pulau Kepayang

Snorkeling juga tidak kalah menariknya dan jangan sapai dilewatkan. Ada beberapa titik indah yang bisa menjadi destinasi Anda ketika ingin melakukan snorkeling. Beberapa titik tersebut antara lain :

  • Pulau Lengkuas
  • Pulau Babi
  • Pulau Kelayang
  • Pulau Memperak
  • Pantai Batu Camar
  • Pantai Tanjung Tinggi
  • Pantai Tanjung Binga/Bukit Berau

Jika Anda mempunyai sertifikat untuk menyelam, bisa melakukan penyelaman di beberapa tempat. Di sana, Anda akan menemukan berbagai terumbu karang yang begitu indah.

pulau belitung

Menyelam di Pantai Tanjung Tinggi

Ratusan jenis ikan juga ikut menemani kita saat berada di bawah air. Tempat yang spesia ada di Pulau Nangka, di sini Anda dapat melihat hiu.

Akomodasi di Pulau Belitung

Untuk menginap di Pulau Belitung, kita bisa menemukan berbagai referensi hotel. Harganya bervariasi dan tentu fasilitasnya pun berbeda-beda. Anda bisa memilih hotel yang harganya cocok di kantong dan tentu saja fasilitasnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

pulau belitung

Arumdalu Private Resort, salah satu resot yang bisa kamu pilih

pulau belitung

Nikmati keindahan pulau belitung bersama pasangan

Berburu oleh-oleh saat akan pulang juga harus dipertimbangkan. Ini akan menjadi kenangan kita saat pulang dari sana. Ada banyak cindera mata yang yang dijual, terlebih kerajinan kerang.

Oleh-oleh makanan juga bisa menjadi pilihan. Beberapa di antaranya adalah sambal lingkong, kerupuk belitong, belacan belitong dan masih banyak lagi.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment