≡ Menu

Rahasia Cara Merawat Kesehatan Rambut Agar Tetap Indah, Cantik dan Bersinar

Rambut yang sehat nan indah merupakan dambaan semua orang, terutama bagi kaum hawa. Rambut sudah menjadi penunjang utama dalam berpenampilan, oleh karena itu rambut sering dianggap sebagai mahkota bagi wanita.

Rambut termasuk bagian tubuh yang wajib dijaga keindahan dan kesehatannya. Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi mengenai cara merawat kesehatan rambut yang akan menunjang penampilan anda secara sehat dan alami.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

nutrisi rambut

Setiap asupan makanan yang masuk dalam tubuh memliki pengaruh tersendiri pada bagian-bagian tubuh. Mengonsumsi makanan yang memiliki gizi tinggi tidak hanya akan membuat tubuh menjadi sehat, namun juga dapat berperan dalam menyehatkan dan memperindah rambut.

Baca: Berbagai Macam Cara Menghindari dan Mengobati Rambut Rontok

Masalah pada rambut seperti kerontokan merupakan indikasi bahwa tubuh membutuhkan gizi dan nutrisi tertentu. Bila anda mengalami hal ini, mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti tahu, tempe, atau susu kedelai akan membantu mengatasi masalah kerontokan. Makanan lain seperti telur, ikan, kacang-kacangan, atau yoghurt juga bisa anda masukkkan dalam daftar makanan yang wajib dikonsumsi.

Penyebab lain dari kerontokan rambut adalah anemia. Oleh karena itu, menambah asupan makanan yang banyak mengandung zat besi seperti kismis atau kurma akan sangat membantu mengatasi masalah kerontokan rambut.

Rutin Mencuci Rambut

Keramas

Mencuci rambut sebaiknya dilakukan paling tidak 2 kali dalam seminggu untuk tetap menjaga kebersihan rambut. Namun bagi anda yang memiliki aktivitas yang sangat padat, dianjurkan untuk rutin melakukan keramas. Tapi perlu diperhatikan untuk tidak mencucui rambut secara sering, karena hal ini hanya akan menyebabkan rambut kehilangan kelembapan alaminya.

Baca: Rahasia Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Hal yang penting diperhatikan dalam mencuci rambut adalah memilih sampo yang sesuai dengan kondisi rambut atau kulit kepala. Bagi anda yang memiliki jenis rambut kering, sampo dengan kandungan sari kelapa sangat cocok untuk digunakan. Bagi anda yang ingin membuat rambut tampil lebih mengkilat dan bercahaya, sampo dengan kandungan lemon adalah yang terbaik. Sedangkan bagi anda yang menginginkan rambut yang mudah diatur, pilihlah sampo yang memiliki kandungan jojoba.

Saat anda melakukan keramas, biasakanlah untuk memeberikan pijatan ringan pada kulit kepala. Hal ini bertujuan agar peredaran darah pada kepala menjadi lebih lancar.

Menggunakan Vitamin Rambut

perawatan rambut beruban

Cara merawat kesehatan rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan vitamin rambut. Hal ini diperlukan jika kebutuhan vitamin memang tidak bisa terpenuhi secara optimal dengan menggunakan sampo. Vitamin untuk rambut biasanya berbentuk cairan atau mutiara yang bisa diaplikasikan langsung pada rambut.

Mengindari Bahan Kimia

Produk-produk yang mengandung bahan kimia berlebihan sebaiknya dihindari karena bisa merusak kesehatan rambut. Bahan-bahan kimia biasanya dapat ditemukan pada produk pewarna, penglurus, atau pengkriting rambut. Menggunakan produk seperti ini hanya akan membuat rambut anda sulit untuk dikembalikan pada kondisi semula, bahkan bisa berakibat fatal dengan merusak kesehatan rambut.

Merawat Rambut Secara Berkala

Saat ini, merawat rambut tidaklah semahal dan serumit yang dipikirkan orang. Anda tidak perlu ke salon hanya untuk melakukan perawatan seperti creambath atau hair spa, karena hal-hal seperti ini sebenarnya bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Produk perawatan rambut seperti creambath sudah sangat mudah untuk dijumpai, namun yang harus diperhatikan adalah memilih produk yang sesuai dengan jenis dan kondisi rambut anda.

Memotong Ujung Rambut Secara Berkala

Cara merawat kesehatan rambut yang terakhir adalah dengan memotong ujung rambut secara berkala. Dengan rutin memotong ujung rambut sebulan sekali, maka rambut anda akan menjadi lebih indah karena dapat mengurangi ujung rambut yang bercabang. Cara ini juga bagus untuk anda yang ingin memanjangkan rambut dengan cepat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment