8 Rahasia dan Tips Kuruskan Badan, Paha, Lengan, dan Pipi Secara Alami

Biasanya, banyak tips hanya menjurus kepada bagaimana menguruskan badan saja. Jarang kita lihat ada yang memberi tips untuk menguruskan secara spesifik ke peha, lengan, atau pipi. Tentu kamu berpikir, kenapa spesifik ke paha, lengan, atau pipi?

Baca juga: Cara Sehat dan Alami Mengecilkan Paha dan Bokong

Ini dikarenakan anggota tubuh inilah yang menjadi perhatian pada wanita. Sekarang, coba pegang lengan kamu. Besar tidak? Sekarang, bagian bawah. Lihat paha kamu, besar tidak? Jika sudah, lihatlah ke cermin, apakah kamu memiliki dagu berlapis atau tidak? Biasanya, bila dagu berlapis, pipi akan terlihat tembam juga.

Baca juga: Tips-Tips Berdiet dengan Cepat dan Aman

Bagi seorang pria, beratnya lebih terarah pada bagian perut. Sebaliknya perempuan, lemak perempuan akan menumpuk di bagian paha dan lengan.

Kamu dapat mengikuti tutorial yang lebih lengkap, step by step, dengan membaca tutorial diet sehat yang sudah diperbaharui.

Baca keterangan indeks BMI

8 Langkah Diet Sehat secara Alami

Saya akui diet adalah kegiatan yang sulit, tidak semua oarang bisa melakukan diet. Untuk melakukan diet perlu motivasi terus menerus dan komitmen yang kuat. Apalagi melakukan diet yang paling natural, yaitu diet sehat. Kunci utama dari diet sehat adalah jangan menyerah!

Secara garis besar, langkah-langkah diet sehat alami adalah sebagai berikut:

  1. Mengatur pikiran untuk kurus
  2. Pahami Lebih dalam tentang Kalori
  3. Makanlah Sedikit-Sedikit
  4. Hindari Waktu Makan Malam
  5. Hindari Makanan dengan Kadar Gula
  6. Tukar dengan Makanan Rendah Lemak
  7. Sering-Sering Berolahraga
  8. Komitmen untuk Kurus

Tulisan kali ini tidak akan memberikan tips yang spesifik untuk setiap anggota badan tersebut. Ini lebih kepada kombinasi atau gabungan cara untuk kurus secara keseluruhan.

menurunkan berat badan

menurunkan berat badan

Tidak ada yang namanya pil dan obat pelangsing, tips berikut hanya memerlukan keseriusan kamu saja. Berikut adalah bagaimana cara melakukan diet secara alami dan sehat:

1. Mengatur pikiran untuk kurus (Mindset Diet)

Setelah kamu membuat keputusan untuk menurunkan berat badan, maka kamu harus melakukannya dengan bersungguh-sungguh.

Jangan menunda-nunda untuk melakukannya, lakukan hari ini juga!. Bukannya besok, lusa atau minggu depan. Biasanya kebiasaan menunda-nunda ini yang menjadi masalah. Jika kamu salah seorang yang berpikiran seperti ini, kamu tidak akan kurus jika terus berpikir seperti ini.

Baca juga: Tips Menurunkan Berat Badan 10Kg dengan Cepat

Alasan banyak orang diet adalah karena mindset diet kamu terlalu lemah, yang harus kamu pikirkan janganlan “masih ada hari esok”, tetepi bagaimana caranya agar “besok saya bisa kurus”.

Banayk orang yang berkomitmen diet saat ini juga, tetapi 2 hari, 3 hari, atau bahkan seminggu kemudian, mereka lupa dengan komitmen diet mereka sendiri, mereka secara tidak sadar mengingkari janji dengan makan-makanan berkalori seperti soda, burger, atau bahkan secara sadar “saya capek! satu hari saja pengen libur diet”.

Saya katakan, diet kamu tidak akan berhasil jika komitmen kamu lemah!

Masalah lainnya setelah melakukan diet secara susah payah, berat badan kamu turun tidak seberapa, eh tetepi naik lagi. Kok bisa gini?

Saya katakan, ini mungkin sulit kamu terima. Hampir semua aktivitas memang seperti itu, kita bangun dari awal secara susah payah, tetapi satu kesalahan kecil membuat semua berantakan. So, diet juga seperti itu. Saya akan berikan 4 mindset diet yang harus kamu tanamkan.

Mental diet, mental yang kuat, emosi yang bahagia, dan kondisi spiritual yang stabil

Mental diet, mental yang kuat, emosi yang bahagia, dan kondisi spiritual yang stabil

Jangan salah, bukan berarti kamu mengabaikan diet, tetapi kamu tidak boleh terlalu keras terhadap badan kamu sendiri. Setelah kegiatan diet selesai, sangat alami jika berat badan kamu naik lagi, bahkan jadi lebih berat dari sebelumnya. Jangan panik!

Diet hanyalah kegiatan jangka pendek kamu menurunkan berat badan, masalah sebenarnya ada pada mental, emosi, dan kondisi spiritual.

Ketika kamu memikirkan diet, yang kamu pikirkan adalah kulitnya saja, kamu tidak memikirkan isinya (mental, emosi, dan spiritual). Agar diet berhasil kamu juga harus memiliki mental yang kuat, emosi yang bahagia, dan kondisi spiritual kamu yang tenang.

2. Pahami Lebih dalam tentang Kalori

Tahukah kamu, kalori lebih banyak terbakar saat kamu tidur? Tetapi bukan berarti tidur lebih penting dari olah raga. Artinya, kondisi yang relaks seperti tidur justru lebih bisa membakar kalori daripada kondisi stress.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan kalori?

Kalori adalah satuan untuk mengukur energi. Energi adalah yang kamu perlukan untuk bergerak. Jika diibaratkan energi mobil adalah bensin (membuat mobil bisa bergerak), energi manusia adalah kalori, dan kalori bisa kita dapatkan dari makanan.

So, setiap kamu banyak bergerak, olah raga, bernafas, berpikir, kamu membakar kalori dalam tubuh kamu.

Nah, orang yang agak gemuk adalah orang yang memiliki kelebihan kalori. Mereka lebih banyak menghasilkan kalori daripada membakar kalori.

Pertanyaan selanjutnya, berapa banyak rata-rata kalori yang diperlukan manusia dalam beraktivitas setiap harinya?

Untuk wanita kebanyakan, kalori yang dibutuhkan adalah 2000 kalori per hari, sedangkan laki-laki kebanyakan adalah 2500. Untuk wanita, agar bisa turun 1/2 kg, kalori yang harus dibakar kurang lebih 1500 kalori dengan estimasi waktu selama satu minggu. Sedangkan pria, 2000 kalori.

Sebagai gambaran, kalori yang terdapat dalam nasi goreng adalah sekitar 350 kalori, dan kalori yang terdapat pada burger standar adalah 250 kalori.

Rata-rata jumlah kalori pada setiap makanan vs olah raga untuk membakar kalori tersebut

Rata-rata jumlah kalori pada setiap makanan vs olah raga untuk membakar kalori tersebut

Nah, trik untuk kurus itu mudah saja. Gunakan semua kalori yang diperlukan setiap hari. Misalnya, jika kamu memerlukan 1300 kcal per hari, jangan makan 2500 kcal untuk hari itu. Jika kurang dari 1000 kcal, kamu akan merasa lapar dan tidak bertenaga. Cobalah ambil dalam kisaran 1000 – 1300 kcal. Ini sekedar contoh, setiap orang lain kebutuhan kalorinya.

Untuk itu saya sangat merekomendasikan untuk membaca tulisan saya tentang diet sehat. Di sana saya jelaskan tentang cara membuat jurnal makanan dan menu sehat.

3. Makanlah Sedikit-Sedikit

Kita sudah tahu bahwa yang menyebabkan kegemukan adalah kalori berlebih. Kita juga tahu bahwa untuk mengurangi kalori selain dengan olah raga adalah juga dengan mengurangi asupan makanan.

Lalu, bagaimana jika kita lapar?

Mengurangi kalori dengan cara mengurangi asupan makan akan membuat perut kamu lapar, ini sebabnya banyak orang menyerah dengan aktivitas diet yang mereka lakukan.

Solusinya adalah kita perlu memakan makanan yang rendah kalori tetapi membuat kita merasa kenyang seharian. Atau trik lainnya adalah dengan membuat aktivitas yang bisa membuat lupa bahwa kamu sedang lapar.

Nah, makanan yang rendah kalori tetapi bisa membuat kamu kenyang seharian adalah makanan yang lebih banyak mengandung protein, contohnya adalah kacang-kacangan. Air putih juga bisa membantu.

Trik lainnya adalah jangan makan satu porsi sekaligus setiap harinya, tetapi makanlah sedikit-sedikit. Tipsnya, jika kamu tidak bisa mengurangi porsi makan, makanlah dengan sedikit-sedikit tetapi dengan intensitas yang lebih sering. Hal ini ditujukan untuk menggunakan kalori secara efektif.

4. Hindari Waktu Makan Malam

Jangan makan atau nyemul di malam hari, makanlah 4 – 6 jam sebelum tidur. Karena jika makan dan langsung terus tidur, makanan tersebut nantinya akan ditimbun menjadi lemak.

Baca juga: Pola Makan Diet yang Tepat, Menuju Berat Ideal

Waktu yang ideal untuk makan sore adalah sekitar habir maghrib. Karena setelah maghrib kamu masih akan melakukan kegiatan lain.

jangan menunggu seperti ini untuk diet

jangan menunggu seperti ini untuk diet

5. Hindari Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Menghindari gula bukan untuk orang penderita ita kencing manis atau diabetes saja. Menghindari gula sebenarnya penting untuk semua orang. Sebaiknya kamu hilangkan minum minuman kemasan soda, karena diketahui bahwa minuman tersebut memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

Dalam kehidupan modern seperti sekarang, yang paling menyebabkan orang kelebihan berat badan justru dari kadar gula tinggi. Komposisi terbesar datang dari minuman yang kita minum sehari-hari.

Minuman itu sangat mudah kita temukan di lingkungan, seperti: soda-sodaan dan jus-jusan. Tidak terlepas juga dari banyaknya jenis minuman coklat, isotonik, dll.
em.

Ilustrasi minuman yang mengandung gula berlebih

Ilustrasi minuman yang mengandung gula berlebih

Selain itu juga, minum-minuman yang banyak mengandung gula, tidak membuat kamu merasa kenyang!

Gula memang diperlukan tubuh manusia, tetapi tidak berlebih. Asupan gula yang cukup adalah seperti gula yang terdapat pada buah-buahan. Jika makan-makanan yang mengandung gula berlebih secara terus-terusan, bukan kegemukan saja yang akan kamu dapatkan, tetpai lebih buruk lagi.

Jika kamu tidak bisa meninggalkan kebiasaan ini, akan sulit rasanya untuk menurunkan berat badan.

6. Tukar dengan Makanan Rendah Lemak

Kembali lagi, kamu harus mengetahui tentang kandungan kalori di setiap makanan. Intinya kamu harus makan makanan yang memiliki kalori rendah.

Triknya, kamu bisa menghindari semua makanan yang dimasak dengan cara digoreng, atau makan makanan yang dimasak dengan cara dibakar atau direbus.

Lalu ganti kebiasaan makanan nasi yang banyak atau daging. Sebaiknya ganti porsi tersebut dengan sayuran dan buah.

kandungan kalori pada sayuran

kandungan kalori pada sayuran

7. Sering-Sering Berolahraga

Mengurangi kalori dengan sedikit akan berakibat pada menurunnya metabolisme. Menurunnya metabolisme akan berakibat pada otot yang lemas1.

Untuk membuat otot kamu lebih kuat lagi, sangat dianjurkan untuk melakukan latihan-latihan secara rutin, seperti push-up, squat, sit-up, joging, atau bahkan maraton2.

Berolahraga tidak harus selalu setiap hari, yang kamu perlukan adalah rutin. melakukan hal-hal kecil seperti mengganti kebiasaan naik motor untuk membeli sesuatu yang cukup dekat dengan berjalan kaki juga sudah membantu.

Baca juga: Badan Langsing dengan Senam Pilates, Mudah dan Asik

Jika kamu bisa melakukan hal ini secara rutin secara jangka panjang, yang kamu dapatkan bukan hanya berat badan ideal saja, tetapi akan mengurangi resiko terkena penyakit, lebih banyak energi, dan bahagia setiap hari3.

Jika sudah terbiasa, kamu bisa mencoba jogging setiap pagi atau senam pagi. Agar lebih asik lagi, ajak keluarga atau teman kamu.

8. Komitmen untuk Kurus

Semuanya tidak akan berhasil jika kamu tidak memiliki komitmen yang kuat untuk kurus, intinya kamu harus memiliki komitmen yang kuat untuk kurus.

Jika kamu ingin lebih disiplin, kamu bisa membayar jasa pelatih Gym untuk membantu diet kamu.

**

Selamat mencoba!

1. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1600-0838.2006.00520.x/full
2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18356845
3. http://diythemes.com/demo/styles/
Taged as:
413 comments… add one

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Fatma Jan 14, 2019 @ 23:31

    Kak badan aku kecil tapi paha sama betis aku besar. Kek mana? Mau diet takut badan aku tambah mengkerut?

  • Diana Jan 7, 2019 @ 21:20

    Terima kasih buat tips kuruskan badannya.

  • Putri Dec 15, 2018 @ 11:27

    Kak umurku 13 th, brt badanku 90 gmn yk?

    • Melody Dec 25, 2018 @ 15:01

      Waduh.. kok bisa? genetik ya?

      Pertama, aku gak bilang ini mudah. Tapi, aku juga gak bilang ini tidak mungkin.

      Saran aku, mulai dari hal-hal kecil aja dulu.. seperti disiplin tidur dan bangun..

      Target kamu adalah bukan untuk ideal besok atau bulan depan. Tapi bisa aja target kamu adalah bisa ideal untuk jangka panjang, bisa sampai 2-5 tahun…

      Setelah disiplin atur jam tidur, selanjutnya disiplin makan dan olah raga.. Tips makan dan olah raga sudah banyak saya tulis di blog ini.

      Kucinya, tetap jaga motivasi kamu.

  • Assyifa Mar 25, 2018 @ 19:05

    Assalamualaikum
    kak mau tanya berat badan ku 70kg tinggi badan 156cm kalau mau nurunin berat badan berapa ya?

  • santri Mar 12, 2018 @ 5:15

    Ini yang memang saya cari mulai kemarin

    • Nurhidayah Apr 9, 2018 @ 14:31

      Tinggi badan 145 bb 34 kg.

      Kurang normal kah ?

      • Listi Feb 8, 2019 @ 17:26

        Kurus kk ini,normalnya 48

  • Indra Jan 13, 2018 @ 12:23

    Kak umur saya 15 tahun, tinggi saya 153, berat saya 52 kg, saya coba diet tapi susah
    Kak tolong beri saran

    • Tiarani ishmah Jan 25, 2019 @ 13:40

      Kalau menurut perkiraan saya, berat badan 52kg dan tinggi 153cm itu adalah berat badan yang ideal dan tidak kurus tidak gemuk

  • umima Jan 3, 2018 @ 18:59

    Kak mau tanya cara ngurusin badan yang benar dan tepat itu gimana ya?
    Soalnya saya sudah cobak beberapa macam diet yang saya lakukan tapi turun sekali terus naik lagi
    Berat saya 75 dengan tinggi badan 164
    Terus gimana cara kita agar tidak selalu makan bakso. ? Terimakasih

  • bayusinta Dec 28, 2017 @ 9:30

    Ass, cara mengkuruskan badan setelah melahirkan bgmna,..
    Mksh

  • Arqan almair Dec 1, 2017 @ 21:13

    Berat bdan ku 45 tinggi ku 170 ideal gk

  • Milla Dec 1, 2017 @ 17:01

    Ka… Berat saya 58 tinggi saya 153 jd saya harus nurunin berat badan berapa?

    • Ramadia Dec 17, 2017 @ 11:14

      kira-kira 13kg, soalnya berat badan ideal orang yg tinggi badannya 153 itu 45kg

  • Siti Rahayu Dec 1, 2017 @ 10:29

    Hay mba.. BB saya 57 dan tinggi saya 153 umur saya 17 thn . Kira kira saya masih bisa tinggi lagi gak ? dan saya mau badan yg ideal jadi gimana cara nya agar bb saya turun dengan cepat ? di mohon tips nya

    Makasih

  • Azzahra Nov 24, 2017 @ 18:42

    Ka umur sy msh 14 th berat badan sy 45 tingginya 155 itu msh gendutan ap nggk ka?, suka g pede kerna pipi aku tembem bngt.. Hehe

  • amelia Nov 11, 2017 @ 10:47

    ka izin copas untuk tugas sekolah
    makasih^.^

  • Dyan Oct 31, 2017 @ 10:43

    kak, usiaku kan 17 tahun. tapi tinggi badanku cuma 158cm, sedangkan berat badanku 60kg. gimana yah kak caranya biar aku agak kurusan? soalnya susah kalo mau beli baju, gaada yang muat :(

  • Gustini Rizka Ananda Oct 27, 2017 @ 9:23

    mbak saya kan umurnya 17 tahun , berat badan 55 kg, tingginya 154 cm

    • Gustini Rizka Ananda Oct 27, 2017 @ 9:25

      itu udah ideal atau perlu diturunin lagi? itu saja dari saya. Terima kasih

  • Aul Oct 15, 2017 @ 8:11

    Kalo beratnya 52 trus tingginya 160 ideal gak kak? Makasih?

  • Fiddiany chandra Oct 10, 2017 @ 14:59

    Kk, mau nanya, umur saya 18th dan tinggi saya 165 dan berat badan saya 60. Itu udah ideal atau perlu di turunin lagi? Dan cara kecilin perut dimana kak, soalnya saya buncit. Tolong solusi nya ya kk. Trims

    • khoirul Oct 27, 2017 @ 19:16

      hamil itu…wkw

  • nicho Oct 9, 2017 @ 18:50

    Kak..tinggi saya 173 .berat saya 73. Ideal atau gak…gmana ya cara ngurusin nya

  • ariss Oct 7, 2017 @ 17:26

    Gini.. klo pengen tubuh ideal. Cara nya 22,5x tinggi badan x tinggi badan.. contoh nya saya : 22,5x 1,5m x 1,5m = 50,6 kg .. maka akan muncul tubuh ideal anda

  • Putrialma Sep 15, 2017 @ 10:38

    Ka kalau berat 57 trus tinggi ku tuh 159 itu ideal gak ka..

  • Ahmad Sep 11, 2017 @ 10:15

    Assalamualaikum maaf mau tanya berat saya 74 KG tinggi 168 ITU ideal nya berapa terus caranya ngurusin gimana butuh info

  • adam Aug 30, 2017 @ 10:08

    Kak, tinggi ku 190 berat badan ku 70 kg. Apakah itu ideal ya?

    • BUNGA Sep 8, 2017 @ 14:15

      NORMAL

  • Desi Aug 15, 2017 @ 18:20

    Asslamualikum. Kak saya mau nrun berat badan susah bgt tnggi saya 160 brat badan 54

    • BUNGA Sep 8, 2017 @ 14:17

      Segitu udah normal alias ideal. jadi menurut saya tidak perlu menurunkan berat badan lagi.

  • Nurul Aug 15, 2017 @ 16:48

    K say umur 14 thn berat badan saya 59 tinggi saya 161 menurut kak itu ideal engga sih? Tolong dijawab

    • Nurul Aug 15, 2017 @ 16:51

      K say umur 14 thn tapi berat say 59 dan tinggi 161 kira kira itu ideal apa engga ?menurut sy sih pengen banget nurunin berat badan jadi 48an kira kira itu bgs engga?

      • Wayan Ira Aug 28, 2017 @ 15:20

        Hai dek. Berat badan ideal = tinggi badan kamu – 110.
        Jadi, bb idealmu: 161 – 110 = 51 kg.
        Bisa dek turunin smpai 48 kg asalkan jgn konsumsi lemak berlebih, secukupnya saja krn kamu juga masih dalam masa pertumbuhan ? jgn smpai tdk makan yaa krn ingin kurus. Bisa2 kinerja otakmu menurun. Sekian, thx. ?

  • Resti yunita Aug 13, 2017 @ 22:13

    Hay kak
    saya masih kecil umur saya 10 tahun saya timbang berat 49 kg dan tinggi saya 133 saya ingin kurus dan tinggi tolong bantu saya.

  • Ida eva yunita Aug 10, 2017 @ 1:20

    Kak berat badanku 70 kg tinggi bdn saya 156 gimana ya kak crnya nurunin berat badan

    • windra Sep 24, 2017 @ 7:56

      maaf mbak kayanya itu kelebihan, idealnya itu 46 kg kalo diitung dari tinggi

  • arif Aug 9, 2017 @ 20:00

    Assalamualaikum kak. Berat badan saya 95 tinggi say 180 .bagaimana bisa turhn berad badan sya kak

  • lisa Aug 9, 2017 @ 19:55

    Bb sya 72 tinggi 169,sya sdh mengurangi nasi hanya mkn nasi stu sendok, lauk jga sdkit trs mlm sdh tdk mkn.. Kadang mlm sya selingi dgn aerobik tpi bb sya mlh naik… Sya smpe bingung hrs gmn, pdhal sya tdr jga ckup jm 10 ato jm 9 sdh tdr bngun jm 5 pagi.. Mnum air jga sdh bnyk,tpi orng tua nenek n kakek sya smw kluarga sya smw gemuk ap krna faktor keturunan sya tdk bsa kurus yah.. .

  • puji Aug 4, 2017 @ 20:35

    Assalamualaikum kak
    Saya punya tggi 150cm sdagkn bb udh 50kg..gmna solusinya y kaa

  • irfan Aug 1, 2017 @ 16:45

    Bb 80 tb 176 itu ideal ga min
    Udah rutin tiap sore lari 30menit sama jalan cepat
    Masih binggung makanan yg cocok untuk ngurusin badan itu kaya apa??

  • ayev Jul 21, 2017 @ 23:29

    Saya mau kasih masukan pengalaman diet kak. pola diet sya sya rasa extreme 6 hri olahraga sore trs makan cmn siang 1 sendok nasi banyakin sayur trs malam minum kopi ilangin lapar hari hari gitu 3 bulan ada hasil kak cepet bangett jugaa sya turun 38 kilo dalam 3 bulan kak :D tpi ada waktunya sakit wkwkkww

    • tanti Aug 18, 2017 @ 2:48

      tapi kayaknya nyiksa banget yaaa…..

  • athenk Jul 20, 2017 @ 10:39

    Assalamualaikum kak,berat aku 94kg,tinggi 171cm,aku udah minum obat inilah itulah,tapi tetep gak turun,treadmill juga tiap sore tapi gak turun,makan juga udah kurangi porsi,tolong solusinya ya kak

  • syahrul afiq Jul 19, 2017 @ 16:18

    saya umur 14thn tapi saya mengalami berat badan iaitu 78kg ,tinggi 162cm.emmm…….,camane nak kurus?

  • Linda Jul 12, 2017 @ 20:38

    Assalamualaikum. Bb saya 69 tb saya 165 umur saya 17. Itu ideal nggak sih. Gimna caranya biar bobot saya jadi 55 dalam waktu 4 bulan. Makasih. Tolong dijawab ya kakk

  • Linda Jul 12, 2017 @ 20:27

    Assalamualaikum. bb saya 69 tb saya 165 umur saya 17th. itu ideal nggak sih? Gimana caranya agar ngurangi berat badan saya jadi 55 dengan waktu 4 bulan. Makasih. Tolong dijawab ya kak

  • Lola Ristiana Jul 12, 2017 @ 14:23

    Tinggi Aku 165cm berat badanku 72kg.. gimana si Ka Cara cepat turun BBnya. udah mau hampir 2 Bulan saya tidak makan nasi

  • hendro Jul 6, 2017 @ 19:54

    mantep, setelah baca artikel ini berat badanlu turun 4kg

  • risma aja Jul 5, 2017 @ 9:54

    bb 50 tb 147 ,apa itu ideal ,apa msih perlu penurunan beat badan

  • risma aja Jul 5, 2017 @ 9:53

    aq 18th bb qa 50 tb aku 147 ,ideal blm yy