≡ Menu

Inilah Lima Jenis Sayur Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh penting yang berfungsi sebagai alat penglihatan. Agar dapat berkinerja secara optimal, maka indera mata memerlukan nutrisi dari makanan sehari-hari.

Apabila mata kekurangan nutrisi maka memungkinkan mengalami gangguan kesehatan mata. Beberapa di antaranya mata minus, mata katarak, hingga terjadi degenerasi makula.

Jika salah satu gangguan umum mata terjadi pada diri Anda, pastinya akan sangat mengganggu pekerjaan dan segala aktivitas.

Hampir semua kegiatan yang kita lakukan mengandalkan indera penglihatan mata. Untuk itu, disarankan mengonsumsi jenis sayuran yang mengandung senyawa penting bagi kesehatan mata. Simak penjelesannya berikut ini.

Baca juga: Inilah 5 Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah 5 Jenis Sayur Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

1.Sayur Bayam

kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk kesehatan mata

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi jika sayuran hijau seperti bayam memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Sayuran bayam mengandung nutrisi vitamin C yang mampu mencegah tubuh dari serangan penyakit Glaukoma.

Tidak hanya itu, sayur bayam juga mempunyai kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Maka dari itu, perbanyak konsumsi sayuran bayam tersebut.

2. Sayur Brokoli

kesehatan mata

Sayur brokoli juga kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin yang baik untuk mata

Sebenarnya sayur brokoli tidak berbeda jauh dengan sayuran bayam yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Sayur brokoli banyak mengandung nutrisi lutein dan zeaxanthin, merupakan sebuah nutrisi yang sangat penting untuk indera penglihatan.

Adapun dari kedua nutrisi tersebut berguna baik dalam melindungi kedua bola mata terhadap radiasai sinar matahari sekaligus menurunkan risiko terjangkitnya penyakit mata katarak.

3. Sayur Wortel

kesehatan mata

Sayur wortel sudah tidak diragukan lagi baik untuk kesehatan mata

Mungkin sayur berwarna merah ini sudah tidak diragukan lagi untuk memelihara kesehatan mata. Nama wortel sendiri sengaja dipanggil dengan jenis sayuran yang kaya akan kandungan beta-karoten.

Bukan hanya itu, wortel juga banyak mengandung vitamin A yang memiliki peranan penting dalam menjaga kedua bola mata. Hebatnya lagi sayur wortel bermanfaat baik untuk melepas radikal bebas di dalam tubuh.

4. Tomat

Tomat memang bukan termasuk ke dalam keluarga sayur-sayuran. Akan tetapi buah tomat seringkali digunakan sebagai pelengkap sayuran.

Adapun jenis kandungan yang terdapat pada tomat ini adalah vitamin A, dimana mempunyai fungsi dalam menjaga kesehatan terhadap indera penglihatan.

Di samping itu, tomat banyak mengandung vitamin C dan Lycopene yang memiliki peranan penting untuk mata itu sendiri.

5. Sayur Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan misalnya kacang almond yang kaya akan kandungan vitamin E dan asam lemak tidak jenuh, sehingga baik sekali untuk organ jantung.

Tidak cukup sampai di sini, sayur kacang-kacangan juga mampu melindungi mata dari bahaya radikal bebas yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari, bahkan berfungsi sebagai pencegahan terhadap mata katarak.

***

Menjaga kesehatan mata merupakan hal wajib yang harus dilakukan supaya mata kita tetap senantiasa sehat. Ada baiknya kita memilih jenis makanan yang cocok untuk anak-anak maupun remaja, dengan cara memberikan sayuran yang bernutrisi tinggi.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment