≡ Menu

Gerakan Senam Pilates Untuk Menurunkan Berat Badan

Senam sudah sangat populer sebagai latihan yang bisa menurunkan berat badan. Sama halnya dengan olahraga, senam juga akan membuat tubuh bergerak aktif secara keseluruhan sehingga pembakaran lemak bisa terjadi secara maksimal.

Senam juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme yang jelas berdampak besar terhadap usaha menurunkan berat badan.

Senam Pilates Untuk Menurunkan Berat Badan

Dari begitu banyaknya jenis senam, salah satu jenis senam yang sangat kami rekomendasikan untuk menurunkan berat badan adalah senam pilates. Ini merupakan jenis senam yang dipopulerkan oleh orang bernama Joseph Pilates.

Pada senam ini, fokus utama adalah untuk melatih otot-otot tubuh, di mana otot tersebut yang akan menjadikan postur tubuh terlihat lebih bagus.

Jika kamu belum familiar dengan senam pilates, maka kami akan membahas sejumlah gerakan-gerakan dasar di dalam senam pilates. Berikut diantaranya:

Gerakan Pertama: Gerakan Perut dan Punggung

Pada gerakan ini, otot pada bahu, pinggul, punggung, dan perut kamu akan dilatih. Caranya dengan terlentang di lantai, kemudian tekuk lutut kamu ke dada hingga posisi lutut tersebut berada di atas pinggul.

Saat melakukan gerakan ini, tetap jaga kedua pergelangan kaki dan betis kamu agar bisa sejajar dengan lantai. Selain itu, atur jari kaki kamu agar mengarah ke depan.

senam pilates untuk menurunkan berat badan

Gerakan dasar pilates untuk melatih otot perut
© Tono Balaguer Sl/depositsphotos.com

Lanjutkan dengan menarik nafas yang dalam dan buat leher serta tulang belikat kamu dalam kondisi yang rileks. Hembuskan nafas sembari merasakan kontraksi yang terjadi pada perut saat kamu merentangkan kaki dan bentuklah sudut 45 derajat.

Angkat lengan hingga posisinya berada di samping telinga, lalu angkat tubuh ke atas dengan punggung yang tetap di lantai.

Tarik nafas, kemudian turunkan tangan hingga menyentuh lantai dengan posisi yang tepat berada di samping. Lakukanlah gerakan ini secara berulang sebanyak 8 hingga 10 kali.

Gerakan Kedua: Gerakan Dada

Senam pilates untuk menurunkan berat badan bisa juga kamu lakukan dengan gerakan dada. Pada gerakan ini, posisikan tubuh kamu secara tengkurap dan kedua kaki yang direntangkan.

Tangan kamu juga harus direntangkan namun posisinya ditekuk sedikit di bawah bahu, kemudian angkatlah tubuh bagian atas. Rasakan kontraksi pada perut dan tarik nafasmu dengan kedua lengan yang bergerak ke depan.

senam pilates untuk menurunkan berat badan

Gerakan dasar pilates untuk melatih otot perut
© Andres Rodriguez/depositsphotos.com

Hembuskan nafas dan putar kedua lengan mengarah ke luar tubuh samping dan bagian bawah dari jari kaki. Lanjutkan dengan memposisikan kedua tangan menghadap paha sembari menarik nafas dan menghembuskannya kembali.

Posisikan tubuh seperti semula secara tengkurap dengan tangan yang ditekuk sedikit ke area bahu dan turunkan tubuh kamu. Ulangi gerakan ini setidaknya 5 hingga 8 kali.

Gerakan Ketiga: Gerakan Lutut

Gerakan lutut pada senam pilates bertujuan untuk menguatkan otot pinggul, otot paha, dan juga meningkatkan koordinasi tubuh. Posisikan tubuh kamu dengan berlutut di lantai kemudian kontraksikan bagian perut.

Letakkan telapak tangan kanan di atas lantai dengan posisi keluar, lalu luruskan lengan. Setelah itu, tumpukan berat tubuh ke tangan kanan, angkat dan rentangkan kaki kiri.

senam pilates untuk menurunkan berat badan

Gerakan dasar pilates untuk melatih otot pinggul dan paha
© Cristina Conti/depositsphotos.com

Taruh tangan kiri di belakang kepala dan telapak tangan yang tetap terbuka. Angkat dada kamu sembari membengkokkan lutut kiri.

Gerakkan tumit ke arah belakang bokong sementara kaki kiri direntangkan ke sisi badan seperti menendang. Lakukan gerakan ini sebanyak 6 hingga 10 kali, lalu ganti posisi kamu dengan bertumpu pada lengan kiri.

***

Baca juga:

Nah, itulah beberapa gerakan senam pilates untuk menurunkan berat badan yang bisa kamu coba. Saat melakukan senam pilates, pastikan bahwa kamu bisa mengatur hembusan dan tarikan nafas. Selain itu, usahakan pula agar kamu bisa berkonsentrasi secara penuh.

Sekian informasi kami mengenai gerakan-gerakan dasar senam pilates yang dapat menurunkan berat badan. Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk mendapatkan berat badan ideal. Selamat mencoba!

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment