≡ Menu

Serial TV India Terpopuler yang bikin para Ibu Lupa Jemuran

India sudah sangat terkenal dengan penetrasinya terhadap dunia hiburan di dunia, terlebih lagi di Indonesia. Bukan hanya lewat film-film drama musikalnya, para sineas India juga sukses memproduksi berbagai serial TV. Kesuksesan itu bisa dilihat dengan banyaknya serial TV India yang diputar oleh stasiun TV Indonesia.

Belakangan ini, pertelevisian Indonesia memang disesaki dengan serial-serial drama hingga religi ala Bollywood. Bahkan perbedaan budaya dan kepercayaan dari dua negara ini bisa berasimilasi dengan baik lewat layar kaca.

Masyarakat Indonesia bisa menerimanya dengan terbuka. Tak heran jika banyak pengamat perfilman mengatakan bahwa “demam Korea” mulai tergeser kedigdayaannya oleh “demam India”.

Serial TV India Terpopuler

Nah, berangkat dari fenomena tersebut, kami tertarik untuk membuat daftar mengenai serial TV asal India mana sajakah yang berhasil meraih poularitas di negara kita. Apa sajakah itu?

Baca juga: Aktris korea terpopuler dan drama yang dibintangi

Mahabharata

Mahabharata merupakan serial yang sudah tayang di Indonesia di awal 90 an. Adalah Televisi Pendidikan Indonesia (kini MNC) yang mengenalkan serial kolosal itu untuk pertama kalinya.

Serial TV India Terpopuler - Mahabarata

Mahabrata

Masyarakat Indonesia bisa menerimanya dengan baik, mengingat kala itu cerita-cerita kolosal memang sedang mendominasi dunia pertelevisian Indonesia. Ceritanya sendiri berangkat dari tulisan Brahm Veda Vyasa pada abad ke 3-4 Masehi yang melibatkan sekitar 200.000 bait puisi berbahasa.

Baca juga: Artis korea paling cantik dan drama yang dibintangi

Sansekerta

Mahabharata bukanlah kisah yang asing bagi masyarakat Indonesia, karena cerita ini sudah diturunkan secara turun-temurun, sekalipun terdapat perbedaan versi dari dua negara. Bagi bangsa India sendiri, kisah Mahabharata dianggap sebagai kepingan sejarah yang penting sekaligus mencerminkan kepribadian bangsa mereka.

Kejayaan Mahabrata

Kejayaan Mahabrata

Pada tahun 2013, Swastik Production melakukan remake terhadap serial ini, dengan beberapa penambahan efek visual yang lebih dramatis. Nah, pada tahun 2014, ANTV mencoba untuk mengenalkan kembali serial tersebut. Tak terduga, serial Mahabharata menjadi titik awal dari “invasi” serial TV asal India.

Selain jalan cerita yang memang membuat penasaran, Mahabharata sukses menjadi serial tv India terpopuler berkat diisi oleh oleh wajah-wajah yang rupawan. Sebut saja nama Shaheer Sheikh, aktor ganteng yang “terpaksa” didatangkan ke Indonesia demi menjawab permintaan para penggemarnya.

Shaheer Sheikh sempat tinggal untuk beberapa saat di Indonesia dan menjalani berbagai proyek TV. Terlibat banyak dengan industri hiburan di Indonesia, Shaheer Sheikh sampai dikabarkan menjalin hubungan dengan penyanyi dangdut Ayu Ting-Ting.

Uttaran

Rilis pertama kali pada tahun 2008 di India, serial Uttaran baru masuk di Indonesia pada tahun 2015. Sejak penayangan perdananya, Uttaran mampu meraih hati para penggemarnya dengan seketika. Hal ini tak terlepas dari alur ceritanya yang didominasi oleh topik kekeluargaan yang penuh haru, sesuatu yang memang disukai oleh penonton Indonesia.

Serial india Uttaran

Serial india Uttaran

Selain dengan menghadirkan konflik antara keluarga dan percintaan, serial Uttaran juga menawarkan makna yang begitu dalam.

Dalam bahasa Hindi, Uttaran diartikan sebagai barang-barang bekas. Adapun makna dari judul tersebut hanya bisa dirasakan jika kita menontonnya hingga akhir episode. Menyadari bahwa apa yang diberikan kepada orang lain itu bukan soal perkara “barang bekas”, namun mengenai bagaimana rasa cinta kita saat memberikannya.

Uttaran terdiri dari 2 season dengan 1549 episode yang berakhir pada 16 Januari 2015, sementara di Indonesia berakhir pada 18 September 2016. Selain di Indonesia, serial ini juga disiarkan di berbagai negara, seperti Serbia, Montonegro, Kazakhstan, dan Armenia.

Rating yang begitu tinggi, baik di India maupun di Indonesia, membuat Uttaran masuk ke dalam daftar serial tv India terpopuler. Hal itu terlihat dengan banyaknya pemain Uttaran yang silih berganti datang ke Indonesia. Kedatangan mereka kemudian dikemas dalam berbagai bentuk siaran serta jumpa fans.

Ranveer & Ishani

Merespon kesuksesan ANTV dalam menyiarkan serial asal India, sejumlah stasiun tv kemudian ikut berlomba-lomba melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah SCTV lewat serial “Ranveer & Ishani”. Sesuai dengan judulnya, serial ini menceritakan mengenai percintaan yang dijalin oleh Ranveer (Shakti Arora) bersama dengan Ishani (Radhika Madan).

Ranveer & Ishani

Ranveer & Ishani

Kisah percintaan yang berputar-putar membuat para penonton Indonesia justru dibuat ketagihan. Rilis pertama kali pada 24 Juni 2014, serial yang berjudul asli “Meri Aashiqui Tum Se Hi” ini berakhir pada 19 Februari 2016 setelah memainkan 446 episode.

Inti cerita dalam serial “Ranveer & Ishani” ini menyoal kehidupan seorang anak sopir, yakni Ranveer, yang jatuh cinta kepada Ishani yang merupakan anak majikannya. Cinta keduanya tentu mendapatkan pertentangan karena adanya perbedaan status sosial. Namun di akhir kisah, keluarga Ranveer mampu keluar dari nasibnya dan menjadi kaya raya. Sebaliknya, keluarga Ishani justru harus kehilangan hartanya.

Baalveer

Jika kita menyimak dengan cermat sejumlah serial tv India terpopuler, kita akan menemukan berbagai topik dan segmen yang ramai. Sebut saja serial “Baalveer” yang dikhususkan sebagai tontonan anak-anak. Penayangannya yang dimulai sejak Juni 2015 bahkan mampu menyaingi dominasi dari “Upin Ipin”.

Baalveer

Baalveer

Serial ini menceritakan mengenai kehidupan seorang anak yang memiliki kekuatan sinar natural yang bisa digunakan di dunia manusia maupun dunia peri. Kekuatan inilah yang nantinya ia gunakan untuk menyelamatkan dunia peri. Dikarenakan serial ini memang ditujukan untuk anak-anak, maka penciptaan fantasi akan dunia perinya mencerminkan kehidupan anak-anak yang imajinatif.

Meski demikian, penayangan serial “Baalveer” di Indonesia mendapatkan berbagai kritikan, terutama dari KPI. Pasalnya, ada banyak adegan yang dianggap tidak pantas dan kurang mendidik, misalnya unsur-unsur kekerasan. Akhirnya, jam tayang yang awalnya dilakukan pada pagi hari berubah ke siang hari.

Jodha Akbar

Jodha Akbar hadir di Indonesia sebagai pengganti sekaligus jawaban bagi penonton yang merasa ketagihan setelah serial Mahabharata tamat. Drama ini sendiri menceritakan mengenai kisah percintaan yang terjadi antara Raja Jalal dengan Ratu Jodha dalam lingkungan Kerajaan Mughal. Berbagai intrik serta lika-liku kisahnya ternyata mampu menarik minat pemirsa Indonesia.

Jodha Akbar

Jodha Akbar

Serial tv India terpopuler yang satu ini mulai diproduksi pada Juni 2013 dan berakhir pada Agustus 2015. Lewat 566 episode, emosi penonton terus diaduk dengan kisah ala abad 16 yang memang terkenal dengan perkawinan ala politiknya.

Serial ini fokus untuk mengenalkan bagaimana sebuah perkawinan politik di jaman dahulu bisa membawa pengaruh terhadap sebuah negara, termasuk dengan berubahnya nasib dari India.

Sejak debut awalnya, serial “Jodha Akbar” selalu menempati posisi teratas. Namun memasuki trimester kedua, ratingnya mulai anjlok. Hal ini kemudian segera direspon oleh tim produksi dengan menambahkan sedikit bumbu cerita. Terbukti, ratingnya kembali menanjak saat episode di mana Jodha kerasukan setan.

Kehadiran dari tokoh-tokoh antagonis seperti Maham Anga dan Ratu Ruqaiya juga berhasil menambah tegangnya drama ini.

***

Melihat fenomena serial-serial India yang mendominasi layar kaca saat ini, bisa disimpulkan bahwa hal tersebut tidak terlepas dari alur cerita serta jumlah episodenya yang memang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan sinetron Indonesia. Jadi, masyarakat Indonesia tak lagi merasakan sesuatu yang asing dengan serial asal India.

Semakin menarik mengingat wajah-wajah ala India yang selama ini hanya mereka nikmati dalam film, kini sudah bisa dinikmati dalam beratus-ratus episode. Jadi, jangan heran jika nantinya kamu menemukan sejumlah fans club untuk beberapa serial tv India terpopuler di atas.

{ 1 comment… add one }
  • vvasyan Thursday, 20 April 2017, 06:36

    ___123___Serial TV India Terpopuler yang bikin para Ibu Lupa Jemuran___123___

Leave a Comment