≡ Menu

10 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Indonesia Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Indonesia, negara dengan beragam wilayah yang mampu menawarkan kehangatan dengan caranya sendiri. Bagaimana tidak, ada lebih dari 17.000 pulau yang siap untuk kamu eksplorasi, menemukan apapun yang kamu inginkan dalam satu negara.

Dalam menentukan tempat wisata, setiap orang memiliki prioritas dan caranya tersendiri, tergantung dari tujuan serta anggaran mereka.

Terlepas dari hal itu, setidaknya ada 10 tempat di Indonesia yang kami rekomendasikan untuk masuk ke dalam daftar kunjungan kamu nantinya. Tempat mana sajakah itu?

Tempat-Tempat yang Wajib Dikunjungi di Indonesia

10. Pulau Lombok

Secara keseluruhan, liburan kamu di pulau ini akan didominasi oleh wisata pantai. Hal tersebut tidak terlepas dari keindahan lautnya yang digadang-gadang mampu menandingi keindahan pulau Bali.

Kamu bisa memulai dari pantai Senggigi yang terkenal akan keindahan bawah lautnya. Jika kamu bosan, lanjutkan dengan keindahan pasir putih bersih yang ditawarkan oleh pulau-pulau kecil seperti Gili Terawangan, Gili air, dan Gili Meno.

Jadi, untuk kamu yang senang dengan wisata pantai, sebaiknya jadikanlah pulau Lombok dalam prioritas kunjunganmu.

9. Danau Toba

Untuk area Sumatera Utara, Danau Toba masih memegang predikat sebagai sang primadona. Danau vulkanik ini memiliki panjang sekitar 100 km dan lebar yang mencapai 30 km.

Tempat Wajib Dikunjungi di Indonesia - Wisata Danau Toba

Wisata Danau Toba

Dengan bumbu cerita rakyat yang sangat melegenda, membuat wisata di tempat ini kental dengan aroma historikal nan mistis. Danau Toba masuk dalam daftar tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia dikarenakan pemandangan sunset yang ditawarkannya begitu luar biasa.

Untuk mengaksesnya, kamu harus menempuh rute Medan-Brastagi atau Medan-Prapat yang menghabiskan waktu selama 4 jam. Tapi tenang saja, karena perjalanan kamu yang memakan banyak waktu itu akan segera terbayar lunas sesampainya di sana.

8. Toraja

Nah, jika wisata pantai atau danau sudah membuat kamu merasa jenuh, mengapa kamu tidak mencoba wisata budaya saja?

Wisata Toraja

Wisata Toraja

Dan untuk hal ini, maka Toraja adalah pilihan yang tempat. Di Toraja, kamu akan menemui berbagai budaya yang unik dan mengagumkan seperti Rambu Tuka atau pesta pernikahan.

Jika kamu beruntung, kamu akan menemui acara Rambu Solo yang merupakan upacara kematian yang sangat populer di mancanegara. Untuk itu, pastikan bahwa perjalanan kamu sudah menyesuaikan jadwal di sana. Kamu bisa juga melakukan eksplorasi ke sejumlah objek wisata seperti Ke’tekesu, Londa, Batutumonga, Tilanga, Pango-Pango, Pallawa, atau Gunung Sesean.

7. Yogyakarta

Dari Timur Indonesia, kini kita bergeser ke daerah selatan pulau Jawa, yaitu Yogyakarta. Inilah daerah yang mengusung konsep one stop holiday, di mana kamu bisa menemukan berbagai tujuan wisata, mulai dari wisata budaya, seni, hingga kuliner.

Wisata Yogyakarta

Wisata Yogyakarta

Di sepanjang jalan, kamu bisa melihat berbagai hiburan seperti pertunjukan gamelan, kerajinan boneka tradisional, kerajinan batik, hingga penjual makanan tradisional.

Yogyakarta masuk dalam daftar tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia mengingat lewat kota inilah kita bisa mengenal sisi tradisional dari Pulau Jawa secara keseluruhan. Di kota ini pula terdapat dua candi terkenal yang ada di dunia, yaitu Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

6. Pulau Komodo

Tidak jauh dari negara Timor Leste, ada sebuah pulau yang merupakan satu-satunya tempat alami bagi jenis kadal terbesar yang pernah ada di dunia, yaitu komodo. Sebelum menjadi destinasi wisata, Pulau Komodo sudah menjadi incaran dari para peneliti luar negeri untuk mempelajari habitat komodo itu sendiri.

Wisata Pulau Komodo

Baca pengalaman lengkapnya di wiranurmansyah.com
Photo © wiranurmansyah.com

Namun sejak UNESCO memutuskan Pulau Komodo sebagai warisan dunia, maka seketika itu pula Indonesia mendapatkan sorotan baru dari dunia.

Di pulau ini, wisatawan bisa meyaksikan komodo hidup liar di tengah-tengah lingkungan pemukimam. Sementara saat malam hari, kita bisa menangkap kelelawar besar yang asik memakan buah di langit yang penuh bintang.

Untuk berkunjung ke tempat ini, dibutuhkan izin dari pemerintah setempat yang ada di bawah pengawasan Taman Nasional Komodo.

5. Manado

Dari sisi sejarah, Manado memiliki daya tarik tersendiri karena pernah digunakan sebagai pusat kebudayaan dari suku Minahasa sekaligus benteng pada masa penjajahan Belanda. Dengan bangunan-bangunan tua yang sudah tak terawat lagi, Manado berhasil menciptakan nuansa klasik ala jaman kolonial.

Wisata Manado

Wisata Manado

Alasan utama mengapa Manado masuk dalam daftar tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia lebih dikarenakan di tempat ini kamu akan menemui patung Yesus berukuran besar layaknya apa yang ada di Rio de Janiero.

Jika kamu bosan dengan wisata yang berbau sejarah atau religi, maka sempatkanlah untuk berjalan-jalan ke danau Linaw dan danau Tondano.

4. Raja Ampat

Sebuah destinasi liburan yang beberapa tahun belakangan ini meraih kepopuleran, bahkan mampu meyaingi dominasi dari pulau Bali.

Wisata Raja Ampat

Wisata Raja Ampat

Raja Ampat merupakan kepulauan yang di bagian Timur Indonesia, lebih tepatnya di Papua Barat. Nah, untuk kamu yang senang dengan laut, maka cobalah untuk berenang atau diving di pulau-pulau yang ada di Raja Ampat. Dijamin, kamu akan takjub dengan keindahan bawah lautnya.

Menurut data dari Kementerian Pariwisata Indonesia, ada setengah dari spesies ikan di dunia ini yang hidup di daerah laut Raja Ampat. Namun dibalik berbagai keindahan yang ditawarkan tersebut, wisata ke tempat ini masih tergolong mahal untuk ukuran backpacker. Jadi, persiapkan anggaran kamu jika berniat mengunjungi tempat ini.

3. Lembah Baliem

Masih di tanah Papua, ada sebuah tempat yang cocok untuk mereka yang senang melakukan eksplorasi dan penjelajahan. Tempat tersebut bernama Lembah Baliem.

Wisata Lembah Baliem

Wisata Lembah Baliem

Di daerah ini, kamu akan menemukan orisiinalitas dari masyarakat Papua yang sama sekali tak tersentuh modernitas. Kamu akan menjumpai berbagai suku yang masih melakukan upacara dan ritual layaknya di zaman kuno.

Hal itu sendiri sangat mudah untuk dijumpai mengingat mereka melakukannya di tempat yang terbuka. Keunikan dari suku Dani, Lani, dan Yali membuat Lembah Baliem mengisi daftar tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia.

2. Jakarta

Kegiatan kamu sebagai wisatawan lokal tentu tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi sang ibu kota. Memang ini bukanlah tempat yang nyaman untuk para pelancong yang menyenangi ketenangan dan kedamaian, namun Jakarta adalah ibu kota negara kita.

Wisata Jakarta

Wisata Jakarta

Sangat penting untuk bisa merasakan atmosfir dari kepadatan dan kesibukan kota modern seperti ini. Jika kamu mampu menyesuaikan diri di kota ini, maka kamu sudah memiliki modal yang besar untuk menjelajah seluruh negara.

Jakarta adalah tempat yang cocok untuk mereka yang ingin lebih dekat dengan modernitas, teknologi, dan hiruk pikuk kaum urban.

1. Bali

Siapa yang tak kenal Bali? Apapun alasan kamu, destinasi wisata yang sudah mendunia ini harus masuk ke dalam daftar perjalananmu. Selain Jakarta, Bali menempati urutan teratas sebagai tempat yang wajib kamu kunjungi.

tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia - Wisata Bali

Wisata Bali

Meskipun banyak orang yang mengatakan bahwa Pulau Bali sudah tak seindah dulu, namun faktanya, tempat ini masih menawarkan keindahan yang tak terbatas.

Selusin pantai yang indah, pementasan budaya yang unik, jalanan berkabut melewati gunung berapi, dan ribuan wisatawan dari berbagai penjuru dunia siap mengisi waktu liburan kamu. Puncaknya, kamu bisa melewati malam hari yang glamor dengan membuat pesta di club malam sepanjang pantai Kuta.

***

Liburan merupakan sebuah momen emas di mana kita bisa terbebas dari rutinas dan menikmati waktu bersama teman dan keluarga. Liburan adalah sebuah anugerah. Lalu, tunggu apa lagi? Kini kamu sudah memiliki banyak opsi mengenai 10 tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia. Saatnya berlibur!

{ 1 comment… add one }
  • andrian Wednesday, 26 April 2017, 15:57

    mau banget mengunjungi semua tempat itu, tapi mau gimana lagi… waktu ga sempet

Leave a Comment