≡ Menu

Makassar, Kota Berjuta Pesona di Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Kunjungi!

Makassar, tentu banyak orang sudah mengetahui tentang Kota ini. Namun hanya sebagian kecil saja yang mengetahui bahwa Makassar merupakan destinasi wisata yang begitu menarik. Kota ini dulu bernama Ujung Pandang.

Selain banyak wisata, Makassar juga merupakan pintu masuk bagi banyak wisata menarik lainnya.

Salah satu tempat wisata yang pintu masuknya dari Makassar adalah Tana Toraja. Namun kali ini, kita tidak akan membahas tentang wisata lain. Kita akan membahas tentang wisata di Kota Makassar saja.

Sejarah Kota Makassar

Sejak dahulu kala, Makassar begitu dikenal di Nusantara. Banyak kapal-kapal dagang dari China, Kamboja dan India melakukan aktivitas perdagangan melalui pelabuhan di Kota Makassar.

Pada zaman Spanyol dan Portugis, Makassar dijadikan sebagai pintu gerbang untuk penyimpanan rempah-rempah sebelum kemudian mereka jual ke Eropa.

Penduduk di daerah tersebut juga sangat terkenal sejak zaman dahulu. Suku Bugis, Mandar dan Makassar telah dikenal karena karya kapalnya yang melegenda, yakni kapal Pinisi.

Beberapa Tempat Wisata di Makassar

Saking banyaknya hal yang perlu dikunjungi di Makassar, maka Anda harus membuat daftar utama. Buatlah garis besar wisata apa saja yang akan dikunjungi. Inilah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Makassar :

Pantai Losari

makassar

Pantai Losari Icon Kota Makassar

Pantai ini sangat terkenal di Makassar. Bahkan, bagi sebagian wisatawan, Pantai Losari merupakan ikon yang dimiliki oleh Kota Makassar.

Losari merupakan pantai dengan jalanan terbuka yang terpanjang di Indonesia. Asiknya, kita bisa menyaksikan indahnya matahari tenggelam hanya dari hotel saja.
 
Jika malam hari tiba, suasana romantis begitu menyeruak. Banyak pasangan muda-mudi menikmati senja sambil menyaksikan matahari tenggelam.

Di sini juga terdapat “meja makan terpanjang di dunia”. Julukan tersebut diberikan kepada tenda makanan yang berderet sepanjang 1 Km di pinggir pantai.

Benteng Somba Opu Gowa

makassar

Benteng Somba Opu Gowa

Festival Kebudayaan Sulawesi Selatan yang diadakan setiap tahun, biasanya diselenggarakan di kawasan ini.

Tempat ini merupakan bekas reruntuhan benteng pertahanan Kerajaan Gowa. Di sini, kita juga bisa melihat rumah etnik Sulawesi Selatan yang cantik.

Benteng Rotterdam

makassar

Icon Kota Makassar, Benteng Rotterdam

Benteng ini merupakan peninggalan Kerajaan Gowa yang dibangun pada tahun 1545. Namu karena Gowa mengalami kekalahan, maka benteng ini diberikan pada Belanda pada tahun 1667.

Benteng ini kembali dikokohkan oleh Laksamana Speelman. Diberi nama Benteng Rotterdam, karena Rotterdam merupakan tempat kelahiran sang laksamana. Benteng ini bernama Benteng Ujung Pandang pada awalnya.

Masjid Al-Markas Al-Islam

makassar

Icon Kota Makassar, Masjid Al-Markas Al-Islam

Tempat ibadah yang satu ini merupakan masjid termegah yang ada di Indonesia. Desainnya sendiri merupakan paduan dari modern, lokal dan arsitektur islam.

Bangunan ini megah berdiri di atas lahan 10 hektar. Anda harus datang ke masjid ini untuk melihatnya sendiri.

Bagaimana Cara Mengunjungi Makassar?

Makassar adalah sebuah kota besar dan merupakan Ibu Kota Sulawesi Selatan. Akses untuk menuju ke sini sangat mudah.

Jika Anda berasal dari luar daerah, Anda bisa menggunakan jalur udara. Ada banyak sekali penerbangan yang menuju ke Makassar.

Makassar sering menjadi pintu gerbang untuk wisata lainnya. Itu artinya, Makassar sering menjadi tempat transit transportasi udara.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang penerbangan, bisa langsung menuju website Bandara Hasanuddin di www.hasanuddin-airport.com.

Akomodasi di Kota Makassar

Di Makassar, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan penginapan. Ada banyak variasi penginapan yang bisa Anda gunakan.

Beberapa di antaranya yang bisa dijadikan referensi antara lain adalah Hotel Santika Makassar, Hotel Singgasana Makassar, Hotel Aryaduta Makassar dan masih banyak lagi yang lainnya. 

***

Sekian informasi mengenai beberapa tempat wisata di kota makassar. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment