≡ Menu

Tips Agar Lebih Dekat dengan Mertua dan Dirindukan Pasangan

Jika sebelumnya kami sempat membagikan tips bertemu calon mertua untuk pertama kali, maka tips kali ini adalah untuk mereka yang sudah berumah tangga.

Bagaimanapun juga, orang tua dari pasangan Anda sudah menjadi orang tua Anda sendiri, sehingga hubungan yang terjalin harus terus dijaga dan sebisa mungkin menghindari terjadinya konflik.

Baca juga: Tips Cara Cepat Hamil untuk Pasangan Baru Menikah

Tips Agar Lebih Dekat dengan Mertua

Anda mungkin sudah sangat sering mendengar atau justru melihat bagaimana seorang menantu mengalami konflik dengan mertuanya sehingga kehidupan rumah tangga mereka terkesan begitu dingin.

Padahal, hal seperti ini tidak akan terjadi jika kita tahu bagaimana cara menyikapinya sehingga sang mertua bisa sayang dengan kita.

Lantas, bagaimana caranya agar sang mertua menjadi perhatian dan sayang pada kita? Simak ulasannya.

Mengenal Lebih Dekat

Banyak orang yang sudah menikah namun masih saja belum mengenal seperti apa keluarganya. Padahal, ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan agar sang mertua bisa merasa lebih dekat dengan Anda.

Tips Agar Lebih Dekat dengan Mertua

kenali ibu mertua lebih dalam lagi, lebih personal

Untuk itu, luangkanlah waktu Anda agar bisa mengenal seperti apa sosok orang tua dari pasangan Anda tersebut.

Dengan semakin seringnya Anda menghabiskan waktu bersama, maka Anda akan paham seperti apa hobi atau kegemarannya. Setelah itu, sisihkan waktu Anda untuk menemani mertua dalam melakukan hobi tersebut.

Jika Anda seorang perempuan, tidak ada salahnya untuk meminta sang mertua mengajarkan Anda mengenai resep masakan keluarga. Hal-hal seperti ini membuktikan bahwa Anda tidak hanya mencintai anaknya saja, tapi juga seluruh keluarganya.

Berikan Perhatian

Sesibuk apapun Anda, tetap berikan perhatian kepada sang mertua. Anda bisa melakukannya dari hal-hal yang kecil saja dan tidak terlalu menyita waktu.

tunjukan perhatian kamu kepada mertua

tunjukan perhatian kamu kepada mertua

Seperti saat Anda sedang istirahat di kantor, tidak ada salahnya untuk menelpon sang mertua dan menanyakan kabarnya.

Atau jika pada akhir pekan Anda memang memiliki waktu luang, ajaklah anaknya untuk berkunjung ke rumah orang tuanya (mertua Anda). Hal seperti ini sangat berarti bagi perasaan orang tua.

Sopan

tips agar lebih dekat dengan mertua selanjutnya adalah dengan berperilaku sopan. Tidak berbeda jauh seperti saat bersama orang tua kandung, Anda juga harus menunjukkan sikap sopan di depan mertua.

Jangan menunjukkan wajah yang cemberut, sekalipun suasana hati Anda memang sedang buruk. Jika sang mertua menyindir atau menyela yang kemudian membuat Anda merasa tersinggung, sebaiknya sikapilah dengan kepala dingin.

Apabila perlakuan dari mertua Anda dirasa kurang berkenan di hati, ada baiknya disampaikan dengan kepala dingin dan jangan menjadikannya sebagai sesuatu yang serius, apalagi jika disampaikan dengan emosi.

Anggaplah hal yang dilakukan oleh mertua Anda itu sebagai sebuah bentuk perhatian, namun ia menyampaikannya dengan cara yang kurang tepat.

Belajar Sabar

Sabar merupakan hal yang sangat penting, apalagi jika mertua Anda memiliki karakter yang cerewet dan suka mengomentari banyak hal.

Sebaiknya tahan diri Anda dan jangan sampai terpancing untuk membalas komentarnya tersebut. Berusaha sabar dan mencoba tersenyum merupakan hal yang sangat efektif jika Anda ingin mertua menyayangi Anda.

Mengurus Anaknya

Untuk seorang ibu, tidak peduli sudah seberapa besarnya anak-anaknya, ia akan tetap menganggapnya sebagai bayi kecilnya yang dulu. Jadi, jangan heran jika ia tidak akan pernah bisa dan rela untuk mempercayakan anaknya pada Anda, apalagi jika masih di awal pernikahan.

tunjukan bahwa kamu menyayangi anaknya

tunjukan bahwa kamu menyayangi anaknya

Maka dari itu, tunjukkanlah padanya bahwa Anda bisa menggantikan peran dalam mengurus anaknya. Agar usaha Anda ini bisa lebih mudah, sebaiknya tanyakan pada mertua mengenai hal-hal yang anaknya suka dan tidak suka.

***

Bagi sebagian orang, menghabiskan waktu bersama mertua bisa menjadi hal yang sangat sulit, bahkan cenderung untuk dihindari.

Ada perasaan canggung maupun malu saat bersama dengan mereka. Nah, jika Anda bisa menerapkan beberapa tips agar lebih dekat dengan mertua di atas, maka hubungan Anda dengannya akan lebih nyaman untuk dilalui.

{ 1 comment… add one }
  • Rizal black Haikal Thursday, 28 January 2016, 16:46

    Saya Haikal umr q 22th. Tngi 165 berat 43-48 naik turun. Gmana caranya gemuk ideal.. Ingin q sh pngen pnya berat badan. 60 kg. Tp ngax bisa naik2. terima kasih..

Leave a Comment