≡ Menu

Ceklist Tips Bersalin Aman dan Sehat yang Wajib Diperhatikan

Persalinan adalah sebuah hal yang sangat ditunggu oleh para ibu hamil dan keluarganya. Ini akan menjadi sebuah saat yang sangat mendebarkan, namun ada kesenangan tersendiri di dalamnya, kali ini Lakani akan membagikan tips bersalin aman dan sehat.

Selain keselamatan dan kesehatan dari bayi itu sendiri, kelancaran dari proses persalinan tersebut juga harus menjadi prioritas utama. Agar hal ini bisa tersapai seluruhnya, maka pastikan untuk mengikuti tips di bawah ini.

Tips Bersalin Aman dan Sehat Fase 1

Awalilah proses persalinan dengan berdoa. Hal ini bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan merelakan apa pun yang akan terjadi nantinya.

Tips melahirkan aman dan sehat

Tips melahirkan aman dan sehat
© miriness from flickr.com

Nikmati Kontraksi

Saat terjadi kontraksi, cobalah untuk menikmatinya. Jangan berusaha untuk menahan rasa sakit tersebut, tapi biarkan ia datang sendiri. Apalagi kontraksi yang muncul tersebut akan sangat membantu rahim Anda agar bisa mengeluarkan bayi.

Keluarkan Energi disaat yang Tepat

Pastikan untuk tidak berteriak sekeras mungkin. Selain bisa membuat orang lain terganggu, hal ini hanya akan membuat Anda kehilangan banyak energi. Akan lebih baik jika Anda menyiapkan energi tersebut untuk mengedan nantinya.

Atur pula nafas Anda

Saat kontraksi sudah datang, maka cobalah untuk bernafas secara pendek dan perlahan. Ketika kontraksi tersebut sudah lewat, maka tarik nafas yang panjang lalu hembuskan seperti rasa lega.

Anda sebaiknya istirahat sejenak saat memasuki jeda waktu ini, lalu ulangi kembali napas pendek tersebut saat kontraksi datang. Lakukan hal ini terus menerus hingga Anda berhasrat untuk mengedan.

Fokus pada Bayi

Apabila muncul keinginan seperti buang air besar, sebaiknya katakan pada dokter. Dengan demikian, dokter akan memeriksa jalan lahir dari bayi.

Jika memang sudah sempurna, maka ia akan segera menyarankan untuk mengedan. Cobalah untuk mengedan seperti ketika Anda buang air besar. Usahakan pula untuk tidak mengangkat pantat dan fokuslah ke bagian bawah.

Saat bayi Anda sudah keluar, maka dokter akan meminta Anda untuk mengedan sekali lagi agar plasenta bisa keluar dengan sempurna. Keluarkan sekali lagi dengan perasaan yang tenang.

Setelah itu, dokter akan segera melakukan episiotomi, yaitu jahitan pada bagian vagina dan perineum yang bisa saja membutuhkan banyak jahitan, tergantung dari panjang atau pendeknya pemotongan yang dilakukan oleh dokter.

Jika semuanya sudah selesai, maka dokter akan keluar dari ruangan dan Anda akan dipantau sekitar 2 jam. Akan dilihat apakah terjadi pendarahan atau tidak.

Bayi terlahir aman dan sehat

Bayi terlahir aman dan sehat
© Hamed Saber from flickr.com

Tips Bersalim Aman dan Sehat Fase 2

Tips bersalin aman dan sehat tidak hanya berakhir sampai di sini, karena Anda masih memiliki tugas yang sangat penting setelah melahirkan, yaitu beristirahat.

Anda pasti akan merasa begitu lelah setelah melahirkan, sehingga sangat disarankan untuk tidur 8 jam. Tidur juga sangat disarankan dengan menggunakan bantal yang bisa menunjang kepala Anda lebih tinggi daripada badan sehingga aliran darah bisa menjadi lebih lancar.

Setelah istirahat 8 jam, maka Anda akan disarankan untuk segera bergerak dan berjalan-jalan sebentar supaya aliran darah Anda bisa benar-benar mengalir ke seluruh tubuh. Selain itu, Anda juga disarankan untuk melakukan beberapa hal setelah melahirkan.

Buang Air Kecil

Keluarkan air kencing Anda 8 jam setelah melahirkan. Dengan keluarnya air kencing, maka bisa dipastikan bahwa tubuh Anda sehat dan normal. Sementara untuk buang air besar, biasanya memang tidak akan terjadi dalam beberapa hari.

Jangan Panik

Rasa nyeri akan muncul pada vagina dan tulang ekor Anda. Rasa nyeri ini bisa ditimbulkan oleh jahitan oleh dokter atau karena proses mengedan. Namun rasa nyeri ini akan hilang dalam beberapa hari. Apalagi dokter biasanya akan memberikan obat yang bisa menghilangkan rasa nyeri tersebut.

Pada setiap ibu, darah nifas yang keluar akan berbeda-beda. Ada beberapa ibu yang hanya dalam seminggu melahirkan sudah bersih. Namun ada juga yang membutuhkan waktu 2 hingga 4 minggu.

Ikatan anak dan Ibu

Ikatan anak dan Ibu
© CAZASCO/Benoît Ferradini from flickr.com

Lakukan dengan Gentel

Apabila Anda mendapatkan jahitan dari dokter, sebaiknya jangan mengedan begitu keras ketika buang air. Umumnya, jahitan ini akan menyatu bersama daging dan beberapa jaringan baru bisa terbentuk dengan baik setelah 5-7 hari, kemudian menjadi sempurna setelah 2 minggu.

Makan Makanan Berserat

Saat Anda mengalami kesulitan buang air besar, sebaiknya atur pola makan Anda dengan mengkonsumsi makanan yang berserat serta memperbanyak minum.

**

Sekian tips bersalin aman dan sehat yang sekiranya bisa membantu Anda untuk mempersiapkan masa persalinan dengan lebih matang lagi.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment