≡ Menu

Tips Bertemu Calon Mertua Untuk Pertama Kali (Merebut Hati)

Romantika percintaan memang selalu penuh dengan kejutan. Ada banyak momen-momen yang bisa membuat kita merasa bahagia dan sedih. Nah, salah satu momen yang kelak tidak bisa kamu lupakan adalah saat pertama kali bertemu dengan calon mertua.

Apa yang kamu rasakan jika sang pacar ternyata mengajakmu untuk bertemu dengan orang tuanya?

Tentu kamu akan merasa tidak siap atau grogi karena takut meninggalkan kesan yang buruk. Namun di sisi lain, kamu juga merasa senang karena hubunganmu selangkah lebih maju.

Tips Bertemu Calon Mertua Untuk Pertama Kali

Tips Bertemu Calon Mertua Untuk Pertama Kali

Tips Bertemu Calon Mertua Untuk Pertama Kali

Bertemu dengan calon mertua tentu hal yang sangat penting dan sekaligus mendebarkan. Pada saat ini, kamu akan bertatap muka untuk pertama kalinya, menjabat tangannya, dan saling berbincang.

Jika pertemuan yang kamu lakukan ini gagal, maka bukan tidak mungkin hubunganmu dengan pasangan akan mengalami kendala.

Untuk itu, kamu harus mempersiapkan segalanya sebelum bertemu dengan calon mertua. Memilih baju yang pas, menyiapkan bingkisan, atau latihan berbicara di depan cermin.

Baca juga:

Nah, berikut ini tips yang bisa kamu coba saat pertama kali akan bertemu dengan calon mertua.

Kenali Karakternya

Sebelum kamu bertemu dengannya, pastikan bahwa kamu sudah memiliki banyak informasi mengenai mereka. Sebaiknya pahamilah seperti apa karakternya. Kamu harus tahu hal-hal apa saja yang ia suka dan tidak suka.

kenali karakter sang calon mertua

kenali karakter sang calon mertua

Jika memang memungkinkan, cari juga informasi mengenai hobi mereka. Sedikit banyak, hal ini membantu kamu untuk bersikap dengannya.

Sebagai contoh, jika sang calon mertua adalah sosok yang begitu serius, maka jangan menunjukkan sikap “selengean” kamu.

Atau jika ia adalah orang yang disiplin, maka tunjukkanlah kedisiplinan kamu saat bertemu dengannya. Usahakan agar kamu bisa nyambung dengannya dan membuatnya merasa nyaman saat berinteraksi denganmu.

Namun bukan berarti bahwa kamu harus kehilangan jati diri, tapi kamu hanya perlu memberikan kesan terbaik saja. Jika mereka memang sudah menyukaimu, maka nantinya dia akan memaklumi setelah mengetahui seperti apa sifat aslimu.

Jangan Terlalu Akrab

Tips bertemu calon mertua untuk pertama kali yang juga kamu harus perhatikan adalah dengan tidak menjadi orang yang terlalu akrab.

Ya, mungkin kamu ingin membuat suasana terasa lebih cair, sehingga kamu menjadi dominan di dalam pembicaraan. Hal ini kemudian membuat kamu melemparkan banyak candaan.

jangan terlalu dominan dan berlebihan saat berbicara

jangan terlalu dominan dan berlebihan saat berbicara

Tapi ingat, pertemuan ini akan berada di bawah kendali sang calon mertua. Pada saat ini, mereka yang memiliki kepentingan untuk mengenal kamu lebih jauh. Maka dari itu, kamu jangan terlalu dominan dan berlebihan saat berbicara.

Cukup berbicara seperlunya, sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh mereka. Kamu bisa saja bertanya balik, namun jangan sampai kamu terkesan mengambil alih pembicaraan.

Hal ini akan membuat sang calon mertua merasa dilampaui kuasanya, apalagi jika itu terjadi di rumahnya sendiri. Jadi intinya, kamu jangan terlihat sok akrab di depannya.

Berpenampilan Rapi

Dalam berpakaian, kamu tidak usah terlalu berlebihan. Intinya adalah bagaimana kamu menyesuaikan penampilan dengan situasi saat bertemu.

berpenampilan rapi, percaya diri, dan meyakinkan adalah kunci kesan pertama

berpenampilan rapi, percaya diri, dan meyakinkan adalah kunci kesan pertama

Jika pertemuan tersebut diadakan di rumahnya, maka kenakanlah pakaian yang terkesan santai namun tetap rapi. Atau jika pertemuan tersebut diadakan saat keluarga mereka mengadakan acara, maka kenalilah terlebih dahulu seperti apa konsep acara tersebut.

Fokusnya bukan pada seberapa bagus pakaian yang kamu kenakan, tapi seberapa sesuai pakaian tersebut saat dikenakan olehmu.

Baca juga: 10 Contoh Gaya Foto Pre Wedding Unik dan Lucu

Jangan Sok Tahu Mengenai Anaknya

Ok, kamu mungkin sudah menjalin hubungan yang begitu lama dengan kekasihmu. Kamu tidak pernah berhenti menjalin komunikasi dengannya. Bisa saja, kamu adalah satu-satunya orang yang mengetahui semua yang terjadi dengannya sehingga membuat kamu merasa begitu kenal dengan dirinya.

hindari berbicara yang berlebihan mengenai calon pasangan

hindari berbicara yang berlebihan mengenai calon pasangan

Tapi ingat, saat kamu bertemu dengan orang tuanya, maka jangan berpikir bahwa kamu adalah orang yang paling tahu mengenai dirinya. Kamu harus sadar bahwa di hadapan kamu adalah orang tuanya, orang yang sudah membesarkan kekasihmu dari kecil. Sedangkan kamu, hanyalah sosok yang baru hadir di dalam kehidupannya.

Jadi, dengarkan saat calon mertuamu menceritakan mengenai anaknya.

Mungkin kamu bisa mencairkan suasana dengan bertanya seperti apa anaknya saat masih kecil?

Apa hal-hal yang sering ia lakukan saat di rumah?

Hal-hal semacam ini akan membuat sang calon mertua merasa dihargai sebagai sosok orang tua.

Jujur atau Berkata Apa Adanya

Tips bertemu calon mertua untuk pertama kali yang mutlak harus kamu terapkan adalah jujur. Bagaimanapun juga, calon mertuamu akan bertanya mengenai asal usulmu, pekerjaan, kehidupan keluargamu, dan sejenisnya.

Jangan pernah berbohong atau berusaha untuk menutup-nutupi kondisi yang sebenarnya. Sekali kamu berbohong, maka akan ada kebohongan-kebohongan lainnya dan hal ini akan terus berlanjut. Sekalipun nantinya kamu akan menikah dengan anaknya, namun hubungan dengan mertuamu tidak akan terasa nyaman.

Membawa Bingkisan dan Kejutan Kecil

Sebenarnya, hal yang paling penting saat bertemu dengan calon mertua adalah mengenai pembawaanmu (attitude), bukan mengenai barang yang kamu bawa.

jangan lupa berikan hadiah pertama berkesan saat pertama kali bertemu

jangan lupa berikan hadiah pertama berkesan saat pertama kali bertemu

Namun jika kamu adalah seorang pria, maka membawakan calon mertuamu bingkisan yang ia sukai akan menjadi penilaian tersendiri. Kamu akan menjadi pria yang terlihat sangat meyakinkan dan terkesan royal dengannya.

Sedangkan untuk kamu para perempuan, sebaiknya tidak usah membawa bingksan pada pertemuan pertama. Mengapa? Ya karena kamu perempuan. Jika kamu melakukan hal ini pada pertemuan pertama, maka kamu akan terkesan sangat agresif. Oleh karena itu, fokuslah pada attitude kamu.

Bersikap Rileks

Tidak perlu gugup, karena hal ini bisa membawamu pada hal-hal yang di luar kontrol. Terlalu gugup akan membuat cara berbicaramu berantakan, menjatuhkan benda-benda yang ada di sekitar, melakukan gerakan tubuh yang tidak jelas, atau melakukan hal-hal yang tidak semestinya.

hindari bersikap terlalu tegang dan gugup

hindari bersikap terlalu tegang dan gugup

Jika hal ini memang sudah terlanjur terjadi, maka tariklah nafasmu dalam-dalam, minum air putih, dan buat perasaanmu lebih rileks. Berikanlah senyum terbaikmu di depan calon mertua.

***

Kesan pertama saat bertemu dengan calon mertua bisa mempengaruhi kisah percintaanmu dengan sang kekasih selanjutnya. Untuk itu, persiapkanlah pertemuan kamu dengan sebaik mungkin.

Jika tips bertemu calon mertua untuk pertama kali yang kami berikan di atas bisa kamu terapkan, maka kamu akan meninggalkan kesan yang baik.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment