≡ Menu

Tips Membangun Komunikasi dengan Sang Anak Tercinta

Pondasi awal dari terciptanya komunikasi yang baik antara orang tua dan anak bukan hanya berkutat pada bagaimana sang anak bisa menerima dan mendengarkan orang tuanya.

Namun juga mengenai bagaimana cara anak dalam menyampaikan apa yang ia rasakan. Dengan demikian, maka orang tua bisa memahami anak-anaknya dengan lebih baik.

Baca juga: Cara Mengatasi Anak Cengeng Menjadi Lebih Tenang

Komunikasi bisa menjadi cara untuk membangun sebuah ikatan yang kuat antara anak dan lingkungannya. Selain itu, komunikasi juga diharapkan bisa menjadi jembatan untuk mengungkapkan pikiran anak dengan cara yang tepat.

Tips Membangun Komunikasi dengan Anak

Nah, berikut ini sejumlah tips yang bisa diterapkan oleh para orang tua dalam usaha untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan anak-anaknya:

Tips Membangun Komunikasi dengan Anak

Tips Membangun Komunikasi dengan Anak

Meluangkan Waktu

Ada kalanya seorang anak merasa enggan mencurahkan perasaannya yang bisa jadi dikarenakan oleh orang tua itu sendiri.

Baca juga: Menumbuhkan Sifat Optimis Pada Anak Secara Bertahap

Jika saat pulang ke rumah dan ia mendapati orang tuanya berwajah sedih, murung, atau diam, sang anak tentu akan merasa malas untuk berkomunikasi.

Peran orang tua sangat dibutuhkan dengan mengambil inisiatif terlebih dahulu untuk berbicara dengan anak. Bukanlah perkara yang sulit untuk memulai pembicaraan dengan anak.

Anda bisa memulai dengan mengajukan pertanyaan ringan sehingga menciptakan sebuah suasana yang menyenangkan bagi sang anak. Jika sudah demikian, maka mudah bagi anak untuk mencurahkan isi hatinya.

Anda bisa mengajukan pertanyaan yang ringan seperti:

“Tadi kamu main dengan siapa?”

atau

“Temanmu tadi beli buku seperti yang mama beli waktu itu lho”

Pertanyaan seperti akan membuat sang anak merasa tertarik untuk bercerita lebih lanjut. Namun tentu saja hal ini tergantung pada mood si anak itu sendiri.

Dengarkan keluhan sang anak

Dengarkan keluhan sang anak

Dengarkan Si Anak

Salah satu kesalahan orang tua dalam menjalin komunikasi dengan anak-anaknya adalah enggan mendengarkannya.

Banyak orang tua yang merasa bahwa mereka adalah pemegang kendali di dalam berkomunikasi. Padahal, orang tua tidaklah harus selalu mendominasi sebuah pembicaraan. Ingat, sang anak juga butuh untuk didengarkan.

Baca juga: Kiat Orang Tua Bagaimana Melatih Anak untuk Mandiri

Karena itu, biasakan untuk lebih banyak mendengarkan anak Anda. Ada kalanya anak ingin didengarkan keluh kesahnya, bukan hanya mengenai hal-hal yang menyenangkan yang ia alami di sekolah.

Biarkan sang anak merasa bahwa Anda memiliki ketertarikan untuk mengetahui aktivitasnya. Hal ini akan membuatnya merasa lebih dihargai dan bersemangat untuk terus menjalin komunikasi dengan Anda.

Berikan waktu pada anak

Berikan waktu pada anak

Berikan Waktu Pada Anak

Tips membangun komunikasi dengan anak selanjutnya adalah dengan memberikan waktu pada anak. Terkadang, ketenangan dan kesabaran menjadi hal yang dibutuhkan untuk mencapai komunikasi yang baik. Untuk itu, saat Anda mengajukan pertanyaan pada anak dan ia hanya terdiam, maka biarkanlah sejenak dan berikan ia waktu.

Bisa jadi ia memang sedang membutuhkan waktu untuk menemukan jawaban seperti apa yang akan ia berikan pada Anda. Selain itu, anak-anak juga membutuhkan waktu yang lebih agar bisa memproses dan memahami pertanyaan yang diajukan oleh orang yang lebih dewasa darinya.

Melibatkan Diri dengan Anak

Tanggung jawab sebagai orang tua memang tidaklah ringan. Kewajiban ini terkadang bisa menyita banyak waktu dan perhatian kita. Sebagai orang tua, jangan mengabaikan kepentingan sang anak, karena mereka merupakan investasi yang luar biasa di masa depan nanti.

Cobalah untuk menunjukkan bahwa Anda paham mengenai dunia anak-anak dan ingin terlibat langsung dengannya. Ini merupakan langkah yang nyata dan efektif dalam menjalin sebuah komunikasi. Tapi Anda tentu harus selalu melihat dari sudut pandang dunia anak-anak itu sendiri.

Berikan anak hadiah kejutan

Berikan anak hadiah kejutan

Menghargai Usaha Anak

Sangat penting bagi orang tua agar bisa menghargai segala hal atau proses yang dilakukan oleh anak-anaknya dalam mencapai sesuatu. Jangan pernah menilai dirinya dari hasil akhir yang ia capai.

Selain itu, usahakan agar kegagalan yang didapatkan oleh sang anak tidak membuat Anda merasa lebih rendah dari orang tua lainnya. Sebagai orang tua yang baik, terus berikan dukungan dan terimalah kondisi anak Anda sesuai dengan kemampuannya.

***

Karakter dan kepribadian setiap anak tentu berbeda-beda, sehingga komunikasi merupakan alat yang baik agar kita bisa menerima segala perbedaan tersebut.

Semoga tips membangun komunikasi dengan anak yang kami berikan di atas bisa menjadi referensi bagi Anda untuk menciptakan suasana yang lebih bahagia di dalam lingkungan keluarga.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment