≡ Menu

Tips Menemani Anak Bermain Internet dengan Sehat dan Menyenangkan

Teknologi adalah hal yang sangat berdekatan dengan kehidupan kita, termasuk untuk para anak-anak.

Anak-anak sudah sangat lihai dalam memainkan perangkat elektronik. Bahkan untuk yang masih berusia sekolah dasar sekalipun, mereka sudah memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menggunakan internet.

Baca juga: Tips Membangun Komunikasi dengan Sang Anak Tercinta

Sejatinya, internet bukanlah hal yang negatif. Jika Anda bisa membimbing dan mengarahkan sang anak pada hal-hal yang positif, maka akan banyak sekali yang bisa ia dapatkan dari dunia maya. Internet bisa menjadi media yang memberikan nilai-nilai edukatif dan positif bagi anak.

Tips Menemani Anak Bermain Internet

Parental kontrol software

Tips Menemani Anak Bermain Internet

Melindungi anak dari pengaruh buruk internet bukan hanya mengenai menyaring apa saja yang ia kunjungi, namun dibutuhkan sebuah rencana yang mencakup segala macam perangkat yang memiliki akses ke internet.

Jika anak Anda sudah sangat fasih dalam menggunakan internet, sebaiknya terapkanlah beberapa hal berikut agar ia bisa menjelajahi dunia maya dengan lebih bijak.

Lindungi anak dari konten negatif internet dengan kakatu

Lindungi anak dari konten negatif internet dengan kakatu

Gunakan Aplikasi Kakatu

Kakatu adalah aplikasi filtering konten negatif di smartphone berbasis Android. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengunci atau memberikan timer terhadap aplikasi-aplikasi tertentu.

Untuk internet, aplikasi ini bisa menjadi parental control. Artinya Anda tidak perlu khawatir lagi jika anak mengakses konten-konten negatif.

Anda bisa download aplikasi kakatu di playstore Android. Saat tulisan ini dibuat, kakatu belum mendukung produk selain Android.

Mengendalikan Password

Sebaiknya kendalikan semua password komputer yang ada di rumah Anda. Dengan demikian, maka sang anak akan meminta izin terlebih dahulu jika ia ingin menggunakan komputer dan mengakses internet. Sekalipun ia merengek, jangan pernah memberi tahu password komputer Anda.

Kenalkan situs sesuai usia

Kenalkan situs sesuai usia

Software Penyaringan

Ada banyak software penyaringan atau filtering software yang bisa Anda gunakan untuk memblokir konten-konten yang tidak pantas seperti konten dewasa, pidato kebencian, permainan yang tidak pantas, ataupun hal-hal yang bersifat rasisme.

Baca juga: Mengatasi Kecanduan Video Game pada Anak

Satu hal yang perlu diingat bahwa software penyaringan ini masih belum cukup untuk melindungi anak-anak dari bahaya internet, karena tetap dibutuhkan pengawasan dari orang tua.

Hindari Kamera pada PC

Sebaiknya hindari penggunaan kamera video pada perangkat PC dan matikan built-in perangkat yang ada pada laptop (Anda bisa melihat panduan manual laptop).

Langkah ini bertujuan agar penyimpangan yang marak terjadi di dunia maya lewat perangkat video bisa diminimalisir. Tapi jika ia memang membutuhkannya, maka berikanlah akses yang dibarengi dengan pengawasan.

Kontrol Jejaring Sosial

Tips menemani anak bermain internet selanjutnya adalah dengan mengontrol akun jejaring sosialnya, khususnya bagi anak yang sudah remaja. Sebaiknya tinjau apa saja yang ia publikasikan ke media sosial, baik itu yang bersifat pribadi maupun ke halaman publik.

Gunakan software filtering

Gunakan software filtering

Menjelaskan Resiko Internet

Luangkanlah waktu Anda untuk menceritakan mengenai apa saja resiko dari penggunaan internet. Ajarkan pada sang anak untuk tidak memposting hal-hal yang bersifat pribadi. Selain itu, sampaikan padanya untuk berhati-hati dengan orang yang baru ia kenal di dunia maya.

Posisi Ruang Komputer

Usahakan agar komputer di rumah Anda di letakkan di tempat yang umum dan mudah diakses seperti di ruang keluarga. Hindari untuk menaruh komputer di dalam kamarnya, karena akan membuat Anda sulit dalam mengontrol perilakunya saat menggunakan internet.

Bekerjasama dengan ISP

Jika memungkinkan, Anda bisa melakukan kerja sama dengan ISP atau penyedia layanan internet. Anda bisa meminta batas penggunaan dalam mengakses situs-situs tertentu. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan software parental control yang bisa didapatkan secara gratis.

Pengaturan Browser

Jika Anda tidak memungkinkan untuk melakukan kerja sama dengan pihak ISP, maka aturlah browser yang digunakan anak untuk mengakses internet.

Misalnya untuk browser Internet Explorer, Anda bisa masuk ke menu yang dijumpai pada Tools > Internet Options > Content. Lewat Content Advisor ini, Anda bisa menyaring situs-situs apa saja yang tidak boleh diakses oleh anak Anda.

Mengenalkan Situs Sesuai Usia

Perkenalkanlah situs-situs yang sesuai dengan usia sang anak. Anda bisa memilihkan situs-situs apa saja yang cocok bagi anak Anda, seperti situs yang membahas mengenai pengetahuan, musik, film, atau apa saja yang tergolong masih sesuai dengan usianya.

***

Internet bukanlah sebuah hal yang harus ditakutkan dan dijauhkan dari jangkauan anak-anak, karena bagaimanapun juga internet sudah menjadi bagian dari kehidupan kita saat ini.

Semoga dengan membaca tips menemani anak bermain internet di atas, Anda bisa membantunya untuk mendapatkan hal-hal yang lebih positif dari internet.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment